Segudang Manfaat Garam Epsom untuk Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2022

“Jika dipakai mandi, kandungan magnesium dan sulfat dalam garam epsom menghasilkan manfaat yang luar bisa. Bukan hanya kesehatan fisik saja, manfaat garam juga dapat meningkatkan kesehatan mental.”

Segudang Manfaat Garam Epsom untuk TubuhSegudang Manfaat Garam Epsom untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Garam epsom termasuk mineral alami, dengan senyawa magnesium dan sulfat di dalamnya. Rasanya juga berbeda dengan garam masakan, yang cenderung asin dan pahit. Lantas, apa saja manfaat garam epsom?

1. Meringankan Sakit dan Nyeri

meringankan nyeri

Manfaat garam epsom yang pertama adalah meringankan rasa sakit dan nyeri akibat aktivitas yang berat. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mandi menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam epsom.

Ketika magnesium diserap, kandungan tersebut dapat merelaksasi otot dan mencegah dari kram atau kejang. Jika kamu menggunakan garam epsom untuk merendam kaki, hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut.

2. Penghilang Stres

penghilang stres

Manfaat garam epsom selanjutnya adalah menghilangkan stres yang berujung pada meningkatkan kesehatan mental seseorang. Ketika magnesium diserap kulit, kandungan tersebut dapat melepaskan hormon serotonin.

Hormon tersebut dinilai dapat meningkatkan perasaan nyaman dan senang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu berendam menggunakan mencampurkan dua cangkir garam epsom. Sebaiknya lakukan tiga kali seminggu.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

menjaga kesehatan jantung

Garam epsom mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga elastisitas pembuluh arteri. Dengan pembuluh yang sehat, hal tersebut dapat mencegah gangguan serius pada jantung, dan menurunkan risiko stroke.

Kandungan magnesium di dalamnya mampu memberikan sensasi menyegarkan. Ketika rutin dilakukan, risiko pembekuan darah, kerusakan dinding arteri, dan berbagai jenis penyakit kardiovaskular dapat menurun.

4. Mengobati Eksim

mengobati eksim

Manfaat garam epsom selanjutnya adalah mengatasi eksim. Eksim atau dermatitis adalah kondisi yang ditandai dengan peradangan pada kulit, gatal, kering, dan kemerahan. 

Dengan rutin berendam dalam campuran air hangat dan garam epsom, mineral alami di dalamnya akan membantu mengontrol kekasaran kulit akibat penyakit. Selain itu, garam epsom mampu menghidrasi dan mencegah peradangan kulit.

5. Mengatasi Sembelit

mengatasi sembelit

Manfaat garam epsom yang terakhir adalah mengatasi sembelit. Magnesium sulfat yang ditemukan dalam garam epsom dapat mengalirkan air ke dalam usus dan melunakkan tinja. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa melarutkan satu sendok teh garam epsom ke dalam air hangat, kemudian diminum. Pastikan hanya mengonsumsinya satu kali per hari. Jika gejala sembelit menetap, segera dapatkan bantuan medis.

Selain menggunakan garam epsom, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen guna menunjang kesehatan tubuh. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan di aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
The Salt Box. Diakses pada 2022. 7 Uses of Epsom Salt for Health and Wellbeing.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Epsom Salt: Potential Benefits and How to Use It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan