Selain Aseton, Ini 6 Pilihan untuk Menghapus Kuteks

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Februari 2023

“Aseton sudah menjadi bahan populer untuk menghapus kuteks atau cat kuku. Namun, ternyata ada bahan lainnya yang juga bisa digunakan, seperti cuka dan lemon, pasta gigi, serta hand sanitizer”.

Selain Aseton, Ini 6 Pilihan untuk Menghapus KuteksSelain Aseton, Ini 6 Pilihan untuk Menghapus Kuteks

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya kecantikan wajah dan rambut saja yang perlu diperhatikan, sebagai wanita kuku pun harus terlihat cantik dan rapi. Untuk mempercantik kuku ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan seperti manikur di salon, atau menggosok kuku agar terlihat lebih berkilau. 

Selain itu, ada pula cara yang paling praktis yaitu mengecat kuku di rumah dengan kuteks warna-warni. Namun, bagaimana cara menghapus kuteks bila kamu sudah mulai bosan denganya?

Bahan Alternatif Menghapus Kuteks Selain Aseton

Mengecat kuku memang menjadi kebahagiaan tersendiri untuk wanita. Bahkan, sebagian wanita ada yang memiliki hobi mengecat kuku dan menjadikannya sebagai me time di kala senggang. Namun, tentu saja akan tiba saatnya ketika kita harus menghapus kuteks yang telah kita pakai. Nah, produk yang paling sering diandalkan untuk menghapus kuteks adalah aseton.

Aseton adalah cairan kimia yang tidak hanya digunakan untuk menghapus kuteks, tetapi juga sering kali digunakan untuk menghapus cat. Aseton aman digunakan pada jumlah yang normal, tapi biasanya aseton membuat kuku terasa kering dan memiliki aroma yang kuat. Jika kamu tidak punya aseton, jangan khawatir, kamu bisa gunakan bahan-bahan ini sebagai alternatif untuk menghapus kuteks.

1. Rubbing alcohol                      

Rubbing alcohol atau alkohol gosok bisa kamu jadikan alternatif lain untuk menghapus kuteks. Alkohol yang bersifat sebagai pelarut dapat memecah atau melarutkan zat yang ada di dalam cat kuku. Cara memakainya pun cukup praktis seperti memakai aseton biasa, yaitu tuangkan rubbing alcohol pada kapas dan gosokkan ke kuku secara lembut. Namun, perlu diingat bahwa cairan ini bisa membuat kulit kering, sehingga pastikan kamu mengoleskan losion agar kulitmu tetap lembap dan tidak kering.

2. Pasta gigi

Tidak perlu membeli produk baru, kamu bisa memanfaat apa yang kamu punya di rumah untuk menghapus kuteks. Contohnya, pasta gigi berwarna putih. Produk ini mengandung bahan ethyl acetate, yang juga ditemukan dalam cairan penghapus cat kuku. 

Pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda juga cukup efektif untuk menghapus kuteks karena bersifat abrasif yang lembut. Cara menggunakannya kamu hanya perlu menggosok pasta gigi di bagian kuku selama beberapa menit, kemudian gunakan kain untuk menyeka kuku.

3. Cuka dan air lemon

Jika kamu merasa lebih aman menggunakan bahan-bahan alami, mungkin kamu bisa melakukan metode yang satu ini. Cuka dikenal sangat asam dan digunakan sebagai alternatif untuk pembersih rumah tangga yang lebih sehat dan bebas kimia. Sementara itu, air lemon juga memiliki sifat asam seperti cuka. 

Nah, jika keduanya digabungkan maka efektifitasnya akan bertambah, dan kamu bisa membersihkan cat kuku tanpa bahan kimia. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menggabungkan 2-4 sendok makan cuka dan satu perasan air lemon. Selanjutnya rendam kuku selama 10-20 menit, setelah itu usap dengan kapas untuk menghilangkan sisa-sisa cat kuku.

4. Hand sanitizer  

Selain rubbing alcohol kamu juga bisa memanfaatkan hand sanitizer untuk menghapus kuteks. Rata-rata hand sanitizer mengandung 70% alkohol, kandungan alkoholnya yang cukup tinggi tidak hanya bagus untuk membunuh bakteri, tapi juga bisa melunakan warna kuteks. 

5. Hidrogen peroksida dan air panas

Hidrogen Peroksida adalah bahan kimia yang biasanya digunakan dalam produk pembersih untuk membersihkan noda, seperti noda pakaian atau noda keramik. Selain itu senyawa ini juga ditemukan dalam pasta gigi. Kalau kamu mau menggunakan senyawa ini untuk menghapus kuteks, kamu bisa mencampurkannya dengan air panas dan merendam kuku. Namun, berhati-hatilah menggunakan bahan ini karena senyawa hidrogen peroksida adalah senyawa kimia yang keras.

6. Penghapus kuteks bebas alkohol

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di luar sana ada produk penghapus cat kuku yang bebas alkohol atau bebas aseton. Jika kamu memiliki kulit yang lebih sensitif, kamu bisa mencoba produk ini. Sebab, biasanya kandungannya lebih lembut sehingga aman di kulit.

Itulah beberapa bahan alternatif untuk menghapus kuteks selain menggunakan aseton. Ladies, kecantikan itu tidak hanya dijaga dari luar, tetapi juga perlu dijaga dari dalam. Untuk itu jika kamu memerlukan vitamin atau suplemen untuk menunjang kecantikanmu, kamu bisa cek  kebutuhan vitamin dan suplemen melalui Halodoc. Yuk segera download Halodoc untuk konsultasi kesehatan dan kecantikan yang lebih mudah.

Referensi
Healthline. Diakses pada 2023. How to Remove Nail Polish from Your Nails, Skin, and Clothing
Byrdie. Diakses pada 2023. How to Remove Nail Polish: 6 Easy Methods

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan