• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Cuti, Ini Cara Mudah Mengelola Stres Pekerja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Cuti, Ini Cara Mudah Mengelola Stres Pekerja

Selain Cuti, Ini Cara Mudah Mengelola Stres Pekerja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Oktober 2022

“Bukan hanya cuti, para pekerja juga bisa lakukan beberapa cara mengelola stres yang lebih sederhana setiap harinya. Mulai dari membuat perencanaan hingga beristirahat saat libur akhir pekan.”

Selain Cuti, Ini Cara Mudah Mengelola Stres PekerjaSelain Cuti, Ini Cara Mudah Mengelola Stres Pekerja

Halodoc, Jakarta – Pekerjaan yang terus menerus bermunculan terkadang membuat kamu merasakan kelelahan. Hal ini bisa menyebabkan kamu kekurangan istirahat yang cukup sehingga rentan memicu kondisi stres. Jika sudah mengalami kondisi stres, biasanya kualitas pekerjaan pun dapat memburuk dan tidak optimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres bekerja dengan mengambil rehat sejenak dan memanfaatkan hak cuti yang kamu miliki. Namun, selain cuti ada berbagai cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres dengan baik. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Cara Mudah Mengelola Stres saat Bekerja

Berbagai tekanan dalam pekerjaan bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi stres. Saat hal ini dirasakan, banyak pekerja yang memanfaatkan hak cuti mereka untuk mengunjungi berbagai tempat menarik atau melakukan hal yang menyenangkan sehingga bisa mengatasi stres.

Namun tidak harus selalu mengambil cuti, kamu juga bisa mengelola stres yang kamu rasakan saat bekerja dengan melakukan beberapa cara sederhana ini, seperti:

1. Buatlah Perencanaan Setiap Hari

Terkadang banyak orang yang menjalani pagi hari dengan terburu-buru tanpa suatu perencanaan. Kondisi ini bisa memicu pekerjaan yang tertunda atau tidak dapat dikelola dengan baik.

Sebaiknya mulailah sebuah hari dengan perencanaan yang matang agar kamu bisa menjalani pekerjaan di kantor secara maksimal. Ketika kamu menjalani setiap hari dengan perencanaan yang matang, nutrisi yang baik, hingga suasana hati yang positif, tentunya kamu akan terhindar dari stres.

2. Hindari Konflik di Kantor

Sebaiknya hindari segala hal yang berisiko menjadi konflik atau masalah di kantor. Bukan hanya pekerjaan yang bertumpuk, memiliki konflik atau masalah pribadi di kantor juga bisa memicu seseorang mengalami stres.

Jadi, jika memungkinkan sebaiknya hindari masalah-masalah sensitif yang bisa menimbulkan konflik. Hindari bergosip dan jangan terlalu menceritakan masalah pribadi ke dalam kantor agar kamu bisa memiliki lingkungan kerja yang sehat.

3. Keluar Kantor saat Makan Siang

Terkadang banyak pekerja yang malas untuk keluar kantor saat makan siang. Padahal, waktu makan siang juga bisa digunakan sebagai cara mengelola stres dan mencegah rasa bosan yang muncul saat bekerja.

Untuk itu, sebaiknya keluarlah sejenak dari kantor dan pastikan kamu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat. Dengan terpenuhinya nutrisi, maka kesehatan fisik dan mental kamu akan menjadi lebih optimal.

4. Istirahat Secara Optimal

Saat libur akhir pekan, sebaiknya hindari untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Pastikan kamu beristirahat dengan tepat. Luangkan waktu untuk melakukan berbagai hal menyenangkan agar stres yang kamu alami bisa dikelola dengan baik.

Jangan biarkan waktu libur akhir pekan terasa sia-sia. Jika kamu tidak ingin melakukan apapun di akhir pekan, kamu bisa mengoptimalkan saat itu untuk istirahat. Pastikan saat kembali ke kantor di minggu selanjutnya,  kamu sudah siap menyambut pekerjaan yang baru.

5. Rutin Olahraga

Sambil menunggu kemacetan yang biasanya terjadi saat pulang kerja, kamu bisa mengisi waktu dengan berolahraga. Rutin berolahraga bisa membantu kamu untuk menurunkan dan mengelola stres dengan baik. 

Kamu juga bisa berolahraga sambil mendengarkan musik kesukaan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki suasana hati yang lebih baik.

Itulah sebagian cara mengelola stres yang bisa dilakukan para pekerja. Namun, jika gejala stres yang kamu alami semakin memburuk, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter atau psikolog menggunakan Halodoc agar kondisi ini segera diatasi dengan baik. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
American Psychological Association. Diakses pada 2022. Coping with Stress at Work.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. 9 Simple Ways to Deal With Stress at Work.