• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Deodoran, Ini Penyebab Memiliki Ketiak Hitam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Deodoran, Ini Penyebab Memiliki Ketiak Hitam

Selain Deodoran, Ini Penyebab Memiliki Ketiak Hitam

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Oktober 2022

“Bukan hanya deodoran yang menjadi penyebab ketiak hitam. Pakaian yang terlalu kecil dan obesitas menjadi penyebab lain kulit ketiak menghitam.”

Selain Deodoran, Ini Penyebab Memiliki Ketiak HitamSelain Deodoran, Ini Penyebab Memiliki Ketiak Hitam

Halodoc, Jakarta – Penggunaan deodoran banyak digunakan sehari-hari untuk mencegah munculnya bau badan atau ketiak yang menjadi lembap. Namun, penggunaan deodoran dipercaya dapat menyebabkan ketiak menjadi hitam sehingga mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Deodoran memang bisa menyebabkan ketiak hitam akibat kandungan dalam deodoran yang menyebabkan kulit mengalami iritasi. Namun, bukan hanya penggunaan deodoran, nyatanya ada beberapa penyebab lain yang memicu ketiak hitam. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Penyebab Ketiak Hitam

Bagian tubuh yang berada pada lipatan-lipatan berisiko mengalami kondisi kulit yang menghitam, salah satunya bagian ketiak. Kondisi ketiak yang menghitam kerap menyebabkan pemiliknya merasa tidak nyaman.

Penggunaan deodoran tentunya hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya untuk mencegah bau badan. Namun, penggunaannya setiap hari memicu kondisi ketiak yang menghitam karena kulit yang mengalami iritasi.

Akan tetapi, bukan hanya penggunaan deodoran, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat ketiak menjadi hitam, seperti:

1. Mencukur Rambut Ketiak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak, yaitu waxing, menggunakan sinar laser, dan cukur menggunakan pisau cukur. Dari ketiga metode yang bisa dilakukan, cukur menggunakan pisau cukur dinilai paling praktis dan murah karena bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, penggunaan pisau cukur yang tidak sesuai dinilai bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi iritasi sehingga membuat ketiak hitam. Jika kamu ingin mencukur bulu ketiak, pastikan untuk tidak terlalu sering dan gunakan alat cukur dengan pisau yang steril dan tajam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko iritasi pada kulit ketiak.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Melakukan eksfoliasi untuk mengangkat kulit mati perlu dilakukan pada tubuh untuk membuat kulit menjadi tetap sehat dan cerah. Bukan hanya pada tubuh yang terlihat, pada bagian lipatan, seperti ketiak juga perlu dilakukan agar sel kulit mati tidak menumpuk.

Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan ketiak menjadi hitam. Kondisi ini juga membuat aroma ketiak menjadi tidak sedap. Jadi, jangan lupa membersihkan ketiak secara optimal saat kamu sedang mandi atau melakukan eksfoliasi kulit tubuh.

3. Penggunaan Baju yang Terlalu Kecil

Pastikan kamu menggunakan pakaian dengan ukuran yang nyaman untuk sehari-hari. Menggunakan pakaian yang terlalu kecil tentunya akan membuat gesekan bahan pakaian dan kulit ketiak. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kondisi ini memicu iritasi kulit ketiak yang menyebabkan ketiak menjadi hitam.

4. Obesitas

Seseorang yang mengalami obesitas cenderung mengalami kondisi kulit ketiak yang kehitaman. Hal ini bisa disebabkan akibat kondisi acanthosis nigricans. Sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dan pola makan yang sehat agar kamu bisa mengontrol dan menurunkan berat badan.

5. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok menjadi salah satu pemicu ketiak hitam karena dapat meningkatkan risiko hiperpigmentasi pada kulit.

6. Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan, seperti insulin atau pil KB dapat memicu kulit ketiak yang menghitam. 

Itulah beberapa penyebab ketiak hitam yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa mencegah kondisi ini dengan menggunakan deodoran yang berbahan alami sehingga tidak menyebabkan iritasi kulit.

Pastikan juga untuk selalu menggunakan pakaian dengan ukuran yang sesuai dan nyaman. Dengan begitu, bahan pakaian tidak akan menggesek kulit ketiak yang bisa memicu ketiak hitam. 

Kamu juga bisa merawat ketiak hitam menggunakan beberapa cara agar warnanya kembali membaik, yaitu:

  • Gunakan pelembap tanpa pewangi sebelum mencukur bulu ketiak agar kulit tidak iritasi.
  • Gunakan krim yang disarankan oleh dokter untuk membuat ketiak menjadi lebih cerah.

Jika iritasi pada kulit ketiak semakin memburuk, segera lakukan pemeriksaan kesehatan pada rumah sakit terdekat untuk pengobatan yang sesuai. Buat janji pemeriksaan menggunakan Halodoc sekarang juga. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Dark Underarms, and How Are They Treated?
Healthline. Diakses pada 2022. How to Lighten Your Underarms.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Ways to Get Rid of Dark Underarms.
Indian Journal of Dermatology. Diakses pada 2022. A Study Of Pathogenesis of Acanthosis Nigricans and Its Clinical Implications.