• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Enak, Ini 6 Manfaat Buncis Rebus yang Baik untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Enak, Ini 6 Manfaat Buncis Rebus yang Baik untuk Kesehatan

Selain Enak, Ini 6 Manfaat Buncis Rebus yang Baik untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 November 2022

“Buncis kaya akan berbagai nutrisi, sehingga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Manfaat sayuran tersebut bisa diperoleh secara optimal bila diolah dengan cara yang sehat, yaitu direbus.”

Selain Enak, Ini 6 Manfaat Buncis Rebus yang Baik untuk KesehatanSelain Enak, Ini 6 Manfaat Buncis Rebus yang Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buncis merupakan salah satu sayuran populer yang sering dikonsumsi banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah adalah beberapa alasan orang-orang menyukai sayuran yang satu ini.

Buncis kaya akan berbagai nutrisi baik, sehingga mengonsumsinya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun bisa diolah dengan berbagai cara, salah satu cara yang paling baik untuk mengolah buncis adalah dengan direbus. 

Dengan mengolahnya secara sehat, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari sayuran berbentuk panjang tersebut. Nah, berikut beberapa manfaat buncis rebus untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Manfaat Buncis Rebus untuk Kesehatan

Selain rendah kalori, buncis rebus juga mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Makanan sehat ini kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, flavonol, quercetin, dan kaempferol. 

Antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga bisa membantu mengurangi kerusakan sel dan menurunkan risiko kondisi kesehatan tertentu. Berikut manfaat buncis rebus untuk kesehatan lainnya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Buncis kaya akan serat, nutrisi yang penting bagi kesehatan. Satu cangkir (150 gram) sayuran hijau tersebut yang masih mentah memiliki 2,7 gram serat. Sementara buncis rebus memiliki 4 gram serat yang beberapa diantaranya adalah serat larut. 

Serat larut bisa membantu menurunkan low density lipoprotein (LDL) atau yang biasa disebut kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Itulah mengapa manfaat buncis rebus baik untuk kesehatan jantung, karena bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

2. Menjaga kesehatan usus

Berkat kandungan seratnya, manfaat buncis rebus juga bisa membantu menjaga sistem pencernaan kamu tetap sehat dan lancar. Namun, bila kamu memiliki gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, kamu justru perlu menghindari jenis serat tertentu, yaitu serat tidak larut. 

Pasalnya, serat tidak larut bisa membuat pengidap gangguan pencernaan tersebut  bukannya menjadi lebih baik, tapi lebih parah.  Seperti menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan pada usus.

Nah, pengidap sindrom iritasi usus besar juga sebaiknya menghindari makanan dengan FODMAP tinggi. FODMAP adalah karbohidrat yang mungkin tidak bisa dicerna atau diserap dengan baik. Nah, buncis adalah makanan rendah FODMAP yang bisa membantu memperbaiki gejala gangguan pencernaan.

3. Mendukung kehamilan yang sehat

Bagi ibu hamil, buncis bisa menjadi salah satu pilihan sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Manfaat buncis rebus untuk kehamilan adalah membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan folat harian, dan memberikan asupan vitamin B yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Vitamin tersebut bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir tertentu. Sedangkan asupan asam folat yang cukup juga diperlukan selama kehamilan untuk melindungi janin dari cacat tabung saraf. Nah, satu cangkir buncis bisa memberikan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buncis juga kaya akan vitamin K, dan juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup. Kedua nutrisi ini penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat, serta mengurangi risiko patah tulang.

5. Membantu mencegah depresi

Mendapatkan asupan folat yang cukup tidak hanya penting selama kehamilan, tapi nutrisi tersebut juga diperlukan untuk mencegah depresi. Mengonsumsi buncis rebus yang kaya akan folat bisa membantu mengurangi jumlah homosistein dalam tubuh. Pasalnya, homosistein yang terlalu banyak bisa mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

6. Membantu mengatasi anemia

Zat besi merupakan nutrisi yang penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat dalam tubuh. Kekurangan nutrisi tersebut bisa menyebabkan anemia yang ditandai dengan kelelahan, kelemahan, dan pusing. Nah, buncis merupakan sumber zat besi nabati yang bisa membantu kamu mendapatkan asupan yang cukup agar terhindar dari anemia.

Itulah beberapa manfaat kacang rebus untuk kesehatan. Bila kamu sakit atau mengalami gejala kesehatan tertentu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Green Beans.
Healthline. Diakses pada 2022. Green Beans: Nutrition Facts and Health Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything you need to know about green beans