Selain Istirahat, Ini Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah Kiri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Desember 2022

“Langkah pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri dapat dilakukan jika penyebabnya bukanlah penyakit berbahaya. Caranya dengan beristirahat, menegakkan badan, mengompres dingin dan mengonsumsi minuman hangat.✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

Selain Istirahat, Ini Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah KiriSelain Istirahat, Ini Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah Kiri

Halodoc, Jakarta – Nyeri dada sebelah kiri bisa menjadi indikasi gangguan medis ringan hingga berat. Di antaranya pneumonia, serangan jantung, GERD, serangan panik, cedera pada tulang rusuk hingga miokarditis.

Langkah pertolongan pertama nyeri dada akan tergantung pada penyebab yang mendasari. Serangan jantung, misalnya, pengidap perlu melakukan langkah penanganan khusus di unit gawat darurat medis.

Namun, jika penyebabnya adalah kondisi medis yang tak berbahaya, nyeri dada sebelah kiri bisa kamu atasi dengan langkah sederhana. Selain istirahat, dokter biasanya juga menyarankan untuk mengompres dingin dan menegakkan tubuh.

Baca juga: Benarkah Nyeri Dada Sebelah Kiri jadi Gejala Serangan Jantung?

Pertolongan Pertama Nyeri Dada Sebelah Kiri

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, bahwa penanganan nyeri dada sebelah kiri tergantung pada penyebabnya. 

Namun jika belum mengetahui penyebabnya secara pasti, ada beberapa pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan. Di antaranya:

1. Menegakkan badan

Salah satu penyebab nyeri dada sebelah kiri adalah asam lambung yang mengalir ke kerongkongan. Gangguan ini terjadi ketika pengidap penyakit langsung berbaring setelah makan. 

Untuk mengatasinya, tegakkan posisi badan agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

2. Kompres dingin

Pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri selanjutnya bisa kamu lakukan dengan mengompres dingin. Langkah ini bertujuan untuk meredakan ketegangan otot akibat mengangkat benda berat atau terjatuh dari kendaraan bermotor.

3. Mengonsumsi minuman hangat

Salah satu rekomendasi jenis minuman hangat yang bisa pengidap konsumsi adalah air jahe. Langkah ini efektif mengurangi rasa nyeri akibat perut kembung yang umum dialami oleh pengidap penyakit asam lambung (GERD).

Baca juga: Perbedaan Nyeri Dada karena GERD dan Serangan Jantung

4. Minum air rebusan kunyit

Air rebusan kunyit efektif mengatasi kondisi yang terjadi akibat peradangan di tenggorokan atau batuk kronis. Di dalam tanaman herbal ini mengandung bahan aktif berupa kurkumin yang bertugas untuk mengurangi peradangan. 

Zat tersebut juga menimbulkan sensasi hangat yang efektif menenangkan tenggorokan. Selain bermanfaat untuk atasi rasa tidak nyaman pada dada dan menenangkan tenggorokan, setidaknya ada 15 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh.

Baca juga: Kaya Antioksidan, Ini 11 Manfaat Kunyit Asam yang Jarang Diketahui

5. Minum jus buah delima

Delima adalah buah yang mengandung tinggi antioksidan. Kandungan tersebut bekerja dengan membantu mengendalikan kolesterol dan menjaga kesehatan arteri, sehingga efektif mencegah penyakit jantung.

Jus delima efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan mencegah sekaligus mengurangi penumpukan plak di arteri. Dengan begitu, nyeri yang penyebabnya adalah berkurangnya aliran darah ke jantung bisa kamu cegah.

6. Mengonsumsi omega-3

Mesti omega-3 tidak mengatasi nyeri dada sebelah kiri secara langsung, tapi asupan ini mampu menjaga sekaligus mencegah penyakit jantung. Nutrisi ini dapat kamu peroleh dari ikan ikan salmon, tongkol, tuna, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Pengidap juga bisa mengonsumsi omega-3 berupa suplemen dalam takaran yang sesuai dengan rekomendasi dokter. Untuk mendapatkannya, hubungi dokter di Halodoc

7. Minum aspirin

Aspirin adalah obat yang dapat kamu gunakan untuk meredakan nyeri, demam dan peradangan. Obat ini dapat membantu meringankan nyeri dada sebelah kiri yang penyebabnya oleh penyakit jantung.

Silakan tanya dokter berkaitan dengan dosis dan jadwal penggunaan yang tepat. Jika langkah di atas tak dapat membantu mengatasi nyeri dada sebelah kiri, mungkin saja ada penyebab yang lebih serius.

Hal yang perlu kamu pahami, bahwa penyebabnya Bukan Hanya Penyakit Jantung, Ada Penyebab Nyeri Dada yang Perlu Diwaspadai.

Apalagi jika rasa nyeri terjadi pada seseorang dengan riwayat sakit jantung, stroke atau tekanan darah tinggi.

Mereka yang mengalaminya membutuhkan penanganan khusus guna mendapatkan perawatan yang sesuai dengan penyebabnya.

Segera hubungi dokter di Halodoc✔️ untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat dengan biaya lebih terjangkau. Klik gambar di bawah ini.

chat dokter di halodoc
Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. Home Remedies for Chest Pain.
WebMD. Diakses pada 2022. Can I Treat Chest Pain at Home?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan