Seperti DBD, Tifus Juga Bisa Berakibat Fatal

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Maret 2020
Seperti DBD, Tifus Juga Bisa Berakibat FatalSeperti DBD, Tifus Juga Bisa Berakibat Fatal

Halodoc, Jakarta - Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dengan satu atau lebih bakteri. Kutu, tungau (chiggers), kutu, atau caplak merupakan perantara penyebaran tifus ketika mereka menggigit kamu. Kutu dan tungau merupakan jenis hewan invertebrata yang dikenal sebagai arthropoda. 

Ketika arthropoda yang membawa bakteri rickettsia menggigit seseorang, mereka menularkan bakteri yang menyebabkan tifus. Menggaruk gigitan semakin membuka kulit dan memungkinkan bakteri lebih besar mengakses aliran darah. Begitu masuk dalam aliran darah, bakteri terus bereproduksi dan tumbuh.

Baca juga: 5 Pengobatan Gejala Tifus yang Perlu Dicoba

Bahaya Penyakit Tifus yang Perlu Diwaspadai

Terdapat tiga jenis tifus, yaitu tifus epidemik (kutu-borne), tifus endemik (murine), dan scrub typhus. Jenis tifus yang menginfeksi kamu tergantung pada seberapa banyak kamu terpapar. Arthropoda biasanya merupakan pembawa strain tifus yang unik untuk spesies mereka. 

Wabah Tifus biasanya hanya terjadi di negara berkembang atau di daerah miskin, sanitasi buruk, dan kontak manusia yang dekat. Tifus yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius dan berpotensi fatal. Beberapa komplikasi tifus yang mungkin terjadi meliputi:

  • Hepatitis, yang merupakan peradangan hati.
  • Pendarahan gastrointestinal, yang berdarah di dalam usus.
  • Hipovolemia, yang merupakan penurunan volume cairan darah. 

Itulah pentingnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu curiga sedang mengalami tifus. Dengan segala jenis tifus, kamu akan mulai merasa sakit sekitar 10 hari hingga 2 minggu setelah bakteri tifus masuk ke tubuh. 

Pada awalnya, kamu akan merasa kedinginan, demam, dan sakit kepala parah. Kamu mungkin mulai bernapas cepat dan mendapatkan otot seluruh tubuh sakit seperti sedang flu. Nyeri perut dan muntah juga sering terjadi. Beberapa hari kemudian, kamu mungkin melihat ruam bercak di dada dan bagian tengah tubuh, yang sering menyebar ke bagian lain dari tubuh. Dengan tifus, mungkin kamu melihat adanya keropeng gelap di area tempat kutu atau tungau menggigit. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

Hal yang perlu diwaspadai, kalangan yang lebih berisiko mengalami tifus adalah orang dewasa yang lebih tua dan mereka yang kurang gizi. Anak-anak biasanya sembuh dari tifus. Orang dengan penyakit yang mendasarinya (seperti diabetes melitus, alkoholisme, atau gangguan ginjal kronis) juga memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. 

Mortalitas untuk tifus epidemi yang tidak diobati dapat berkisar antara 10 hingga 60 persen, dan mortalitas dari tifus scrub yang tidak diobati dapat berkisar hingga 30 persen. 

Belum Ada Vaksin, Lebih Baik Dicegah

Tidak ada vaksin yang dapat melindungi kamu dari tifus. Hanya saja terapi yang paling efektif untuk ketiga jenis tifus adalah antibiotik doksisiklin. Dosis tunggal doksisiklin terbukti efektif melawan epidemi tifus. Doksisiklin juga bekerja dengan cepat pada jenis penyakit lain. Untuk hasil terbaik, kamu perlu meminumnya segera setelah gejala terasa.

Kebersihan dasar juga dapat membantu untuk pencegahan. Ini termasuk hal-hal yang sangat sederhana seperti mandi setidaknya dua kali sehari dan mengganti pakaian secara teratur. Kamu juga harus menjaga jarak yang aman dari hewan liar yang diketahui membawa tifus, seperti tikus. Jangan meninggalkan sisa makanan atau sampah lain di halaman karena itu bisa menarik perhatian mereka. 

Baca juga: Diagnosis Penyakit Tifus dengan Tes Mikrobiologi, Ini Penjelasannya

Sebagai perlindungan, kamu mungkin memerlukan untuk melakukan penyemprotan  produk-produk pengendalian kutu pada hewan peliharaan yang berbulu dan di halaman. Jangan biarkan hewan peliharaan berbagi tempat tidur bersama kamu. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan:

  • Menjaga kebersihan pribadi yang memadai.
  • Mengendalikan populasi hewan pengerat.
  • Menghindari perjalanan ke daerah-daerah paparan tifus telah terjadi, atau ke negara-negara yang berisiko tinggi karena kurang baiknya sistem sanitasi. 
  • Gunakan penolak serangga, kutu, dan tungau. Lakukan pemeriksaan rutin untuk kutu dan kenakan pakaian pelindung jika kamu bepergian ke area terjadinya wabah tifus. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Typhus.
WebMD. Diakses pada 2020. Typhus.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan