24 May 2018

Yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

Yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu termasuk orang yang sering jajan di luar rumah? Kalau iya, maka sebaiknya kamu berhati-hati. Di musim pancaroba ini, virus dan bakteri menyebar dengan cepat. Salah satunya adalah bakteri salmonella typhi yang menjadi penyebab tifus (tipes) atau demam tifoid.

Demam tifoid atau penyakit tipes ditularkan melalui makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri S. typhi. Bakteri ini masuk ke dalam saluran pencernaan, menginfeksi manusia, dan menimbulkan tanda dan gejala sebagai berikut ini:

  1. Demam yang timbul 7-14 hari sejak tubuh terinfeksi. Demam meningkat pada sore dan malam hari, berangsur turun pada pagi hari.
  2. Gejala pada saluran cerna. Karena bakteri S. typhi menginfeksi saluran cerna, penderita akan merasakan nyeri perut, konstipasi (kesulitan buang air besar) atau diare, mual, dan muntah.
  3. Nyeri kepala yang berat dapat dirasakan seiring dengan perjalanan penyakit tipes.
  4. Jika kondisi tidak segera ditangani, dapat terjadi komplikasi berupa pecahnya saluran cerna dan keadaan penderita akan lebih buruk lagi.

Meskipun demikian, kamu dapat mencegah penyebaran penyakit tipes ini. Berikut penjelasannya:

  1. Vaksinasi tifoid. Vaksin ini bisa diberikan pada anak-anak dan orang dewasa. Pada anak, pastikan ia mendapatkan vaksinasi tifoid sesuai jadwal imunisasi. Memang vaksinasi tidak menjamin seseorang 100 persen tidak akan terkena penyakit. Namun, meski akhirnya akan terkena tifoid, efeknya tidak seberat orang yang tidak mendapat vaksinasi sama sekali.
  2. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, juga setelah membuang kotoran dan setelah buang air besar. Jika sulit untuk mendapatkan air bersih dan sabun, kamu bisa membawa hand sanitizer ketika bepergian.
  3. Konsumsi makanan dan minuman yang sudah pasti diolah dengan baik. Makan makanan yang sudah pasti matang, juga air minum yang sudah terjamin pengolahannya.
  4. Hindari jajan sembarangan terutama yang terdapat di pinggir jalan, karena tidak terjamin kebersihannya dan kemungkinan jajanan tersebut terkontaminasi besar.

Nah, kalau ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit tipes, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!