5 Rekomendasi Obat Stroke Ringan yang Efektif di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Februari 2024

“Meskipun berlangsung singkat, stroke ringan bisa berkembang atau menjadi gejala akan terjadinya stroke. Konsumsi obat seperti Tensicap, Clopidogrel, Cholestor, Simarc, dan Pradaxa yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.“

5 Rekomendasi Obat Stroke Ringan yang Efektif di Apotek5 Rekomendasi Obat Stroke Ringan yang Efektif di Apotek

DAFTAR ISI

Obat Stroke Ringan yang Ampuh dan Mudah Dicari


Halodoc, Jakarta – Stroke ringan menyerang saat darah yang berhenti mengalir ke otak dalam waktu yang singkat. Kondisi ini bisa menyebabkan otak kekurangan oksigen lalu kehilangan fungsi kerjanya. Meskipun tidak mematikan sel otak seperti stroke yang sebenarnya, stroke ringan bisa jadi pertanda kemungkinan terjadinya stroke di masa depan. 

Pengidap stroke ringan bisa kehilangan kemampuan untuk mengangkat tangan, kesulitan bicara, dan wajah yang turun ke satu sisi. Gejala-gejala ini biasanya berlangsung beberapa menit, tapi bisa juga bertahan sampai 24 jam. 

Obat Stroke Ringan yang Ampuh dan Mudah Dicari

Ada beberapa rekomendasi obat yang ampuh untuk diminum saat stroke ringan menyerang, antara lain: 

1. Tensicap 25 mg 10 Tablet

Obat stroke ringan yang pertama adalah Tensicap. Obat ini mengandung captopril yang membantu mengobati hipertensi dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lancar. Ini bisa mencegah stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung, mengobati gagal jantung, melindungi ginjal dari bahaya diabetes, dan untuk pemulihan pasca serangan jantung. 

Tensicap adalah obat merah yang pembeliannya harus dengan resep dokter. Untuk pemakaiannya, pengidap stroke ringan bisa mengkonsumsi obat ini saat perut kosong, 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Selain itu, perlu diingat juga bahwa Tensicap tidak bisa diminum ibu hamil sebab berisiko untuk janin. 

Rentang harga: Rp37.100 – Rp61.100 per strip. 

Dapatkan Tensicap 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Ada beberapa kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai karena bisa menandakan gejala stroke ringan. Cari tahu selengkapnya di sini: “Hati-Hati, 7 Keluhan Ini Bisa Menandai Stroke Ringan”. 

2. Clopidogrel 75 mg 10 Tablet

Obat ini bisa mengatasi stroke ringan karena kemampuannya yang memberikan efek anti agregasi platelet (keping darah atau trombosit) dan menghambat pembentuk trombus. 

Trombus ini adalah penggumpalan darah yang terbentuk pada dinding pembuluh darah arteri atau vena. Dengan konsumsi Clopidogrel, terbentuknya trombus yang menyebabkan stroke dan serangan jantung bisa dicegah. 

Untuk aturan pemakaiannya, obat ini diminum sehari 1 kali sebelum atau sesudah makan. Clopidogrel juga merupakan obat keras, jadi jangan lupa untuk membawa resep dokter sebelum membelinya. 

Rentang harga: Rp10.500 – Rp128.100 per strip. 

Dapatkan Clopidogrel 75 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Cholestor 20 mg 10 Tablet

Obat ini berfungsi menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, serta meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah. Dengan turunnya kadar kolesterol, potensi pembuluh darah arteri tersumbat juga mengecil dan risiko terserang stroke ringan bisa diatasi. 

Cholestor termasuk golongan obat keras yang harus dibeli dengan resep dokter. Untuk dosisnya, orang dewasa bisa minum obat ini sebanyak 10-20 mg 1 kali sehari, sementara anak kecil hanya boleh minum dengan dosis 10 mg untuk sehari 1 kali. 

Rentang harga: Rp56.900 – Rp78.300 per strip. 

Dapatkan Cholestor 20 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Simarc 2 mg 10 Tablet

Simarc mempunyai sifat antikoagulan (pencegah penggumpalan darah) dan bekerja mengatasi koagulasi di hati sehingga faktor pembekuan darah tidak terjadi. 

Obat ini digunakan sebagai profilaksi embolisasi untuk penyakit jantung rematik dan fibrilasi atrium, untuk pasca pemasangan katup jantung prostetik, profilaksi pengobatan trombosis vena, serta serangan iskemik serebral yang transien. 

Simarc juga termasuk obat keras yang memerlukan resep dokter. Untuk dosisnya sendiri, obat ini diminum setelah makan 5-10 mg per hari (untuk 2 hari), lalu untuk dosis pemeliharaan Simarc diminum 2-10 mg per hari. 

Rentang harga: Rp11.400 – Rp22.100 per strip. 

Dapatkan Simarc 2 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Pradaxa 110 mg 10 Kapsul

Rekomendasi obat stroke ringan yang terakhir ini berguna mencegah tromboemboli vena (pembentukan gumpalan darah di vena). Kondisi ini bisa terjadi pada pasien dewasa yang menjalani operasi elektif penggantian tulang panggul atau operasi penggantian tulang lutut total. 

Serupa dengan empat obat sebelumnya, Pradaxa juga termasuk obat keras. Dosisnya sebagai berikut:

  • Pencegahan kejadian tromboemboli vena sesudah operasi penggantian tulang lutut : terapi awal 1 kapsul dalam waktu 1-4 jam sesudah operasi selesai dilakukan. dilanjutkan dengan 2 kapsul/hari selama 10 hari. 
  • Sesudah operasi penggantian tulang panggul : 1 kapsul dalam waktu 1-4 jam sesudah operasi selesai dilakukan, dilanjutkan dengan dosis 2 kapsul/hari selama total 28-35 hari. jika terapi tidak dimulai pada hari yang sama dengan operasi, terapi diawali dengan dosis 2 kapsul perhari.

Rentang harga: Rp286.600 – Rp385.200 per strip. 

Dapatkan Pradaxa 110 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat stroke ringan yang ampuh dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Ministroke vs. regular stroke: What’s the difference?
Vinmec. Diakses pada 2024. Mild stroke symptoms. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan