• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Mengikat Rambut Bikin Sakit Kepala, Ini Penyebabnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Mengikat Rambut Bikin Sakit Kepala, Ini Penyebabnya

Sering Mengikat Rambut Bikin Sakit Kepala, Ini Penyebabnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 Juli 2022

“Cara atau gaya mengikat rambut yang terlalu ketat dapat menyebabkan sakit kepala. Sebab hal tersebut dapat memicu sensasi sesak di banyak saraf kulit kepala sekaligus.”

Sering Mengikat Rambut Bikin Sakit Kepala, Ini PenyebabnyaSering Mengikat Rambut Bikin Sakit Kepala, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Saat aktif bekerja, berolahraga, atau sedang bersantai, menata rambut dengan diikat atau ponytail sering dilakukan banyak wanita.

Mengikat rambut merupakan cara paling sederhana dan mudah sehingga kamu bisa berkonsentrasi pada aktivitas yang dikerjakan. Meskipun mengikat rambut merupakan gaya penataan yang paling disenangi, tapi kebiasaan tersebut bisa memberi tekanan pada kulit kepala.

Seiring waktu, tekanan pada kulit kepala saat rambut diikat bisa menyebabkan sakit kepala. Apalagi jika kamu mengikat rambut dengan kencang. Kondisi sakit kepala yang kamu alami sebelumnya juga dapat memburuk tergantung pada seberapa kuat kamu mengikat rambut. 

Lantas, bagaimana bisa mengikat rambut sebagai penyebab sakit kepala?

Hubungan Penyebab Sakit Kepala dengan Cara Mengikat Rambut

Meskipun batang rambut tidak memiliki saraf, tapi ada saraf yang sangat sensitif yang terletak di bawah folikel rambut dan di kulit kepala. Ketika mengikat rambut dengan gaya ekor kuda, maka dapat memicu sensasi sesak di banyak saraf tersebut sekaligus. Pada saat itulah sakit kepala bisa terjadi.

Kondisi sakit kepala saat mengikat rambut juga dikenal sebagai ponytail headache. Ini adalah jenis sakit kepala kompresi eksternal. Artinya, penyebab sakit kepala berasal dari stimulus yang berada di luar kepala.

Kamu juga bisa mengalami sakit kepala jenis ini saat mengenakan jilbab atau mengepang rambut dengan keat. Ponytail headache ini secara teknis adalah sejenis alodinia, yaitu sensasi rasa sakit tidak biasa pada kulit akibat kontak sederhana yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Kontak sederhana yang dimaksud disini adalah rambut yang diikat.

Ponytail headache biasa terjadi, tapi lebih mungkin dialami orang yang sudah sering mengalami sakit kepala tegang, migrain, atau memiliki kondisi nyeri kronis seperti fibromyalgia.

Saraf oksipital (yang ada di bagian belakang kepala) dan saraf trigeminal (di sekitar wajah) adalah saraf yang sering dipengaruhi oleh kompresi dari aksesoris kepala. Salah satunya ikat rambut dan cara mengikatnya.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Mengikat Rambut

Jika kamu mengalami sakit kepala karena mengikat rambut, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan kunciran. Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut di area yang terasa sakit dan ambil waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam.

Sakit kepala kompresi eksternal ini akan hilang dalam waktu satu jam setelah melepas ikatan rambut. Jika kamu sering mengalami sakit kepala seperti ini, sebaiknya pertimbangan untuk mengubah gaya rambut.

Memilih gaya rambut pendek atau mengepang rambut secara longgar mungkin bisa menjadi pilihan untuk mencegah ponytail headache. Jika perlu menata rambut dengan gaya ekor kuda untuk olahraga atau untuk sekedar kenyamanan, maka perhatikan waktunya. 

Lepaskan ikatan rambut setiap jam atau lebih untuk memberikan kesempatan pada saraf di kulit kepala untuk pulih dari rasa tegang karena ditarik. Jika kamu melakukan ini cukup sering, maka frekuensi ponytail headache akan berkurang.

Jika sakit kepala terus berlanjut setelah menyisir rambut dan memijat kulit kepala dengan lembut, sebaiknya pertimbangan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri bebas resep. Contohnya seperti ibuprofen. 

Apabila sakit kepala tidak dapat diatasi meski sudah minum obat, mungkin kondisi tersebut tidak berkaitan dengan gaya rambut. Kemungkinan ada penyebab lain yang tidak kamu ketahui. Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Kamu juga bisa membuat janji medis dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Do Ponytails Cause Headaches?
Times of India. Diakses pada 2022. Your Hairstyle Can Be The Culprit Behind Your Frequent Headaches