Shampo Kuda Efektif Memanjangkan Rambut?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Oktober 2021
Shampo Kuda Efektif Memanjangkan Rambut?Shampo Kuda Efektif Memanjangkan Rambut?

Shampo kuda dipercaya bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya mempercepat pertumbuhan rambut. Karena itu, penggunaan jenis shampo ini disebut efektif memanjangkan rambut. Nyatanya, shampo yang pada awalnya diformulasikan untuk kuda ini memang memiliki beragam kandungan bermanfaat, seperti keratin dan kolagen.

Halodoc, Jakarta – Shampo kuda pada awalnya merupakan produk yang dikembangkan untuk kuda. Namun, setelah dilakukan sebuah percobaan, diketahui bahwa formula yang ada di dalam shampo ini juga cocok untuk manusia. Semenjak saat itu, penggunaan shampo kuda untuk manusia menjadi hal yang biasa. Akan tetapi, hanya shampo kuda dengan merk Mane ‘n Tail yang lazim digunakan manusia. 

Salah satu manfaat yang dicari dari penggunaan jenis shampo ini adalah pertumbuhan rambut yang cepat, sehingga membuat rambut lebih panjang. Lantas, benarkah penggunaan shampo kuda efektif untuk memanjangkan rambut? Apa saja sebenarnya manfaat yang bisa didapat dari penggunaan shampo yang satu ini? Temukan jawabannya di artikel ini! 

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

Beragam Manfaat Shampo Kuda untuk Manusia 

Memiliki rambut yang sehat dan panjang merupakan impian bagi sebagian orang. Maka dari itu, banyak cara yang akan dilakukan untuk mencapainya. Salah satu cara memanjangkan rambut yang sering dilakukan adalah memilih jenis shampo tertentu. Tidak salah, sebab formula dan kandungan yang ada di dalam merk shampo tertentu sudah pasti memiliki dampak pada kondisi rambut. 

Dalam shampo kuda dengan merek Mane ‘n Tail, terdapat kandungan keratin dan kolagen. Kedua kandungan tersebut dipercaya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika digunakan secara rutin, jenis shampo ini dipercaya efektif untuk memanjangkan rambut. Namun, hasil dari shampoo ini tentu saja tidak bisa langsung terlihat dalam waktu singkat. 

Selain itu, memanjangkan rambut disebut bukanlah manfaat utama dari shampo kuda. Hanya saja, beragam kandungan formula dalam shampo bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan bersinar, sehingga terlihat lebih tebal dan panjang. Setelah diproduksi secara massal untuk digunakan oleh manusia, merek shampo ini juga mulai menyediakan pilihan perawatan untuk berbagai jenis rambut, seperti rambut kering, rambut rusak, hingga perlindungan untuk rambut berwarna. 

Baca juga: Benarkah Bunga Telang Efektif Atasi Rambut Rontok?

Kandungan Shampo yang Perlu Diketahui 

Manfaat lainnya dari penggunaan shampo kuda adalah mengatasi masalah rambut bercabang. Hal ini penting, sebab rambut bercabang yang tidak ditangani bisa memicu kerusakan rambut dalam jangka panjang. Beragam manfaat dari shampo Mane ‘n Tail didapat dari kandungan yang ada di dalamnya, antara lain: 

  1. Keratin 

Protein ini sebenarnya ditemukan secara alami pada rambut. Namun, seiring bertambahnya waktu dan karena berbagai faktor, kandungan keratin alami dalam rambut mungkin berkurang. 

  1. Minyak Bunga Matahari 

Shampo kuda Mane ‘n Tail diperkaya dengan kandungan alpukat dan minyak bunga matahari. Keduanya disebut bisa membantu melembutkan rambut dan membuatnya lebih sehat. Ada juga kandungan olive oil atau minyak zaitun yang bisa melembapkan rambut.

  1.  Panthenol 

Merupakan turunan dari vitamin B5. Kandungan ini bisa membantu melumasi rambut sehingga terlihat lebih sehat. 

  1. Pyrithione Zinc

Kandungan yang berperan sebagai anti ketombe

  1. Benzalkonium Chloride

Merupakan bahan antimikroba. Penggunaannya dalam shampo kuda bisa membantu mengurangi risiko masalah pada kulit kepala. 

Jadi, apakah shampo kuda bisa membantu memanjangkan rambut? Mungkin bisa, jika digunakan secara rutin dan ternyata cocok dengan kondisi rambut. Namun, sebaiknya perhatikan jika ada efek samping yang muncul dari penggunaan shampo. Jika efek samping bersifat parah, sebaiknya hentikan penggunaannya. 

Baca juga: Baking Soda Sebagai Sampo, Apakah Ampuh?

Cek kebutuhan perawatan untuk kesehatan rambut di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menemukan jenis shampo dan vitamin untuk membantu menjaga kesehatan rambut. Dengan layanan antar, pesanan produk akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Can I Use Horse Shampoo on My Hair?
Stylecraze. Diakses pada 2021. Does Horse Shampoo Help With Hair Growth?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan