• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Skincare yang Tepat untuk Atasi Kulit Dehidrasi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Skincare yang Tepat untuk Atasi Kulit Dehidrasi

Skincare yang Tepat untuk Atasi Kulit Dehidrasi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Januari 2023

“Kamu bisa menggunakan skincare yang tepat untuk mengatasi kulit dehidrasi. Misalnya, memastikan pelembap memiliki kandungan air yang tinggi hingga menggunakan masker dari bahan alami pada kulit.”

Skincare yang Tepat untuk Atasi Kulit DehidrasiSkincare yang Tepat untuk Atasi Kulit Dehidrasi

Halodoc, Jakarta – Memenuhi kebutuhan cairan setiap hari membuat kesehatan kulit terjaga dengan baik. Hal ini membuat kulit tetap terhidrasi sehingga menjadi lebih sehat dan terhindar dari tanda penuaan dini.

Jika kulit kamu mengalami tanda-tanda dehidrasi, sebaiknya segera atasi kondisi ini. Selain mengonsumsi cairan dan makanan sehat, pastikan kamu menggunakan perawatan kulit yang sesuai agar kondisi kesehatan kulit berangsur membaik.

Kenali Tanda Kulit yang Mengalami Dehidrasi

Kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang mengalami kekurangan kadar air di dalamnya. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering, tetapi kulit dehidrasi berbeda dengan kulit kering. Kondisi kulit kering terjadi ketika kulit kehilangan sebum atau minyak alaminya.

Kondisi ini menjadi gangguan yang umum terjadi dan dapat dialami oleh siapa saja. Nah, ada berbagai tanda-tanda dehidrasi pada kulit yang perlu kamu ketahui, agar kondisi ini bisa diatasi dengan tepat, yaitu:

  • Kulit kering. Saat dehidrasi, kulit dapat kehilangan minyak alaminya sehingga menyebabkan kulit kering.
  • Kusam. Kulit akan terlihat kusam dan kurang bercahaya.
  • Mata menjadi lebih cekung. Kulit yang dehidrasi dapat memengaruhi area bawah mata. Hal ini bisa menyebabkan bawah mata menjadi hitam akibat dehidrasi. Kondisi ini membuat mata terlihat lebih cekung.
  • Muncul kerutan halus. Kekurangan kadar air membuat munculnya kerutan halus pada kulit. 
  • Gatal. Kulit yang mengalami dehidrasi dapat memicu rasa gatal. Waspada kebiasaan menggaruk kulit yang gatal juga berisiko paparan bakteri pada kulit.
  • Muncul kantung mata. Saat kulit dehidrasi, tingkat elastisnya akan berkurang. Hal ini akan memengaruhi kulit pada bagian bawah mata yang memicu munculnya kantung mata.

Inilah Perawatan untuk Atasi Kulit Dehidrasi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit dehidrasi dengan mengonsumsi cairan yang cukup untuk tubuh setiap harinya. Pastikan kamu mengonsumsi air putih minimal 7-8 gelas (2-3 liter) setiap hari. Kamu juga bisa mengonsumsi berbagai buah atau sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi, seperti semangka, jeruk, hingga blewah.

Selain memastikan kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi kulit dehidrasi, seperti:

1. Menggunakan pelembap kulit yang sesuai

Menggunakan pelembap menjadi salah satu cara yang terbilang efektif dalam mengatasi kulit dehidrasi. Namun, pastikan kamu menggunakan jenis pelembap yang sesuai. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan pelembap dengan kandungan air yang tinggi.

2. Gunakan petroleum jelly

Kamu juga bisa mengoleskan petroleum jelly pada beberapa bagian tubuh yang mengalami gejala dehidrasi kulit cukup parah. Oles tipis pada bagian tersebut secara rutin agar kamu bisa merasakan manfaatnya.

3. Gunakan masker dari bahan alami

Selain perawatan dari dalam, kamu juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami untuk melembapkan kulit. Kamu bisa melembapkan kulit dengan menggunakan masker pepaya, madu, minyak kelapa, hingga oat.

Selain menggunakan skincare tersebut, kamu juga bisa melakukan perawatan lain dengan membatasi asupan makanan dan minuman yang mengandung kafein. 

Hindari juga terlalu lama mandi menggunakan air hangat. Meskipun nyaman, tetapi kondisi ini membuat kulit menjadi lebih kering sehingga memperburuk gejala kulit dehidrasi. 

Jika gejala tidak membaik setelah kamu melakukan berbagai perawatan untuk kulit, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan buat janji medis untuk pengobatan kulit menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Radiance by Web MD. Diakses pada 2023. Signs of Poor Skin Dehydration.

Healthline. Diakses pada 2023. Is My Skin Dehydrated?

Today. Diakses pada 2023. Do You Have Dehydrated Skin? Here’s How To Tell — Plus 6 Products To Treat It.