Ini Cara Mengatasi Odynophagia yang Sebabkan Sulit Menelan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Februari 2024

“Pengobatan odynophagia tergantung pada kondisi medis yang menyebabkannya. Beberapa cara mengatasi nyeri saat menelan antara lain dengan minum obat-obatan, melakukan operasi, atau membiarkannya sembuh dengan sendirinya.”

Ini Cara Mengatasi Odynophagia yang Sebabkan Sulit MenelanIni Cara Mengatasi Odynophagia yang Sebabkan Sulit Menelan

Halodoc, Jakarta – Odynophagia adalah istilah medis untuk kondisi ketika aktivitas menelan terasa menyakitkan. Nyeri ini bisa terjadi di tenggorokan, mulut, atau pipa makanan dan bisa disebabkan oleh banyak hal.

Bila tidak segera diobati, kondisi tersebut lama kelamaan bisa menyebabkan kerusakan pada tenggorokan, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, dan komplikasi lainnya. Karena itu, yuk ketahui cara mengatasi odynophagia di sini!

Apa itu Odynophagia?

Odynophagia adalah rasa nyeri yang muncul saat menelan, seperti saat makan atau minum. Kondisi ini seringkali sulit dibedakan dengan disfagia, yang juga merupakan masalah dalam menelan.

Perlu dipahami bahwa disfagia mengacu pada kesulitan menelan. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada orang tua. Sedangkan odynophagia adalah rasa sakit saat menelan.

Namun, keduanya bisa terjadi secara bersamaan. Hal itu berarti orang tersebut sulit menelan dan juga merasa sakit saat menelan.

Ada beberapa obatan yang ampuh untuk mengatasi sakit menelan akibat masalah tenggorokan. Baca selengkapnya di artikel ini: “Cara Mengobati Sakit Tenggorokan saat Menelan, Ini Faktanya”.

Berbagai Penyebab Odynophagia

Odynophagia terkadang berhubungan dengan kondisi ringan, seperti flu biasa. Dalam kasus seperti itu, menelan yang menyakitkan akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Namun, nyeri menelan yang kronis mungkin bisa disebabkan oleh kondisi lain yang mendasarinya. Ada beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab odynophagia, antara lain:

  • Kanker. Terkadang nyeri menelan yang kronis merupakan tanda awal kanker kerongkongan. Hal itu disebabkan oleh tumor yang berkembang di kerongkongan kamu. Kanker kerongkongan bisa berkembang akibat kebiasaan merokok jangka panjang, penyalahgunaan alkohol, atau sakit mag terus-menerus. Namun, penyakit tersebut juga bisa diturunkan.
  • Infeksi Kandida. Ini adalah jenis infeksi jamur (ragi) yang bisa terjadi di mulut. Infeksi kandida bisa menyebar dan menyebabkan gejala pada esofagus, seperti nyeri menelan.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi medis ini berkembang dari sfingter bawah di kerongkongan yang tidak menutup dengan benar. Akibatnya, asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Kamu mungkin mengidap GERD jika mengalami rasa sakit saat menelan disertai dengan gejala lain, seperti mulas atau nyeri dada.
  • HIV. Masalah kerongkongan juga sering terjadi pada orang dengan HIV. Menurut Program Pusat Pendidikan dan Perawatan AIDS, infeksi Kandida adalah penyebab paling umum. Kadang-kadang obat antiretroviral yang digunakan untuk mengobati HIV menyebabkan refluks asam. Hal ini kemudian bisa menyebabkan gejala lain seperti odynophagia.
  • Bisul. Ini adalah luka yang bisa terjadi di mulut, tenggorokan, atau kerongkongan, serta perut. Bisul juga bisa disebabkan oleh GERD yang tidak diobati. Penggunaan obat antiinflamasi jangka panjang, seperti ibuprofen bisa meningkatkan risiko munculnya bisul.

Odynophagia juga bisa disebabkan oleh perawatan medis, seperti terapi radiasi untuk kanker. Beberapa obat resep juga bisa menyebabkan rasa sakit saat menelan.

Cara Mengatasi Odynophagia 

Pengobatan yang tepat untuk odynophagia tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut cara mengatasi masalah kesehatan tersebut:

1. Obat-obatan

Tergantung pada kondisi medis yang menjadi penyebabnya, salah satu cara untuk mengatasi odynophagia adalah dengan minum obat-obatan. Misalnya, kamu bisa mengobati GERD dengan minum obat yang diresepkan dokter. Dengan begitu, asam lambung bisa dicegah agar tidak naik kembali ke kerongkongan, yang pada akhirnya bisa meredakan nyeri saat menelan.

Obat-obatan juga bisa digunakan untuk mengobati penyebab odynophagia  lainnya, seperti HIV dan infeksi. Infeksi kandida harus diobati dengan agen antijamur.

Hal yang perlu diketahui, jika dokter tidak mendeteksi masalah medis yang mendasarinya, menelan yang menyakitkan mungkin akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Ini biasa terjadi setelah pilek atau alergi parah. Namun, bicarakanlah dengan dokter bila kamu mengalami ketidaknyamanan berulang saat menelan.

2. Operasi

Pada kasus nyeri menelan yang disebabkan oleh tumor atau kanker esofagus, dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkat sel-sel tersebut. Pilihan pengobatan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi GERD jika obat-obatan tidak mampu mengatasi kondisi tersebut.

Tanyakan pada dokter bila sakit tenggorokan tak kunjung membaik. Kemudian dapatkan obat-obatan yang kamu butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Should Know About Odynophagia.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Odynophagia: Symptoms, causes, and dysphagia

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan