Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Menelan yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Februari 2024

“Ada beberapa obat sakit menelan yang mudah kamu temukan dan ampuh untuk mengatasi keluhan tersebut. Contohnya Degirol Hisap, SP Troches Meiji Rasa Strawberry, Lo Han Kuo Infusion, hingga Tantum Verde Oral Rinse.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Menelan yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Sakit Menelan yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Sakit Menelan di Apotik


Halodoc, Jakarta –  Timbulnya rasa sakit pada tenggorokan saat menelan bisa dipicu oleh berbagai hal. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Contoh penyakit yang bisa menimbulkan kondisi ini adalah flu, batuk, hingga radang amandel atau tonsilitis.

Nah, kabar baiknya, radang pada tenggorokan bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dapat dengan mudah kamu temukan di apotek. Mau tahu apa saja daftar obatnya? 

Rekomendasi Obat Sakit Menelan di Apotik

Ada beberapa obat-obatan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sakit menelan, antara lain: 

1. Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet

Degirol Hisap merupakan obat sakit menelan di apotik  yang mengandung dequalinium chloride. Obat ini digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, radang atau infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan, hingga pencegahan flu dan batuk.

Dosis minum penggunaan obat ini untuk dewasa adalah 1 tablet, tiap 3 hingga 4 jam. Jumlah maksimal yang dapat dikonsumsi yaitu 8 tablet per hari. Hal yang perlu ditegaskan, obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang dan berulang. 

Selain itu, belum terdapat data keamanan terkait penggunaan obat sakit menelan ini pada wanita hamil dan/atau menyusui. Karena itu,  konsultasikan kepada dokter apabila sedang hamil dan/atau menyusui.

Kisaran harga: Rp30.700 per box

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet

SP Troches Meiji rasa strawberry berguna sebagai obat sakit menelan yang bisa kamu dapatkan di apotik. Obat ini mengandung Dequalinium chloride yang efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan jamur dalam mulut serta tenggorokan.

Ingat, obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, belum terdapat diketahui keamanan terkait penggunaan obat ini pada wanita hamil dan/atau menyusui.

Obat sakit menelan di apotik ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia 10 tahun dan dewasa. Kamu boleh mengonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet yang bisa diberikan sebanyak 6-8 kali dalam satu hari.

Kisaran harga: Rp18.200 per box

Dapatkan SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Perlu diingat, ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu radang tenggorokan. Baca di artikel ini: “Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Radang Tenggorokan”.

3. Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet

Produk ini merupakan minuman herbal tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meredakan sakit menelan akibat panas dalam yang disertai batuk. Cara menggunakan Lo Han Kuo cukup praktis. Larutkan satu potong Lo Han Kuo dengan 100 ml ke dalam air hangat (bisa juga air dingin), kemudian diaduk sampai larut, lalu diminum.

Obat herbal ini bisa digunakan sebanyak 1-2 kali dalam 1 kotak kecil (14 gram) per hari dalam 100 cc air.

Rentang harga: Rp16.000 – Rp36.500 per box

Dapatkan Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Obat sakit menelan di apotik selanjutnya adalah Tantum Verde Oral Rinse. Obat ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi keluhan pada tenggorokan. Obat sakit sakit menelan ini dapat meringankan sakit pada mulut dan tenggorokan seperti tonsilitis.

 Tantum Verde Oral Rinse mengandung benzydamine HCl yang mampu mengatasi rasa nyeri pada tenggorokan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu berkumurlah dengan obat ini sebanyak 2-3 kali sehari sebanyak 15 ml selama 60 detik. Hal yang perlu diingat, obat ini tidak boleh digunakan lebih dari tujuh hari. 

Perlu diingat, obat untuk radang tenggorokan ini tidak boleh ditelan atau digunakan oleh pengidap gangguan fungsi hati dan ginjal yang berat. 

Kisaran harga: Rp47.300 per botol

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Betadine Throat Spray 50 ml

Obat sakit menelan di apotik yang paling ampuh lainnya adalah Betadine Throat Spray. Produk ini mengandung povidone iodine untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, gusi bengkak, napas tidak segar, hingga sariawan. 

Cara menggunakan obat sakit menelan ini pun cukup mudah. Semprotkan produk ini ke dalam rongga mulut, dan keluarkan sisa cairan. Tidak perlu membilasnya dengan berkumur. 

Kamu bisa menggunakannya sebanyak tiga kali per hari (satu kali semprot setiap digunakan) untuk mengatasi sakit tenggorokan dan keluhan lainnya. 

Rentang harga: Rp140.700 per botol

Dapatkan Betadine Throat Spray 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit menelan yang ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan.Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada Februari 2024. Sore throat
Verywell Health. Diakses pada 2024. What Is a Sore Throat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan