Susah BAB saat Berada di Luar Rumah? Ini Alasannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2022

“Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab susah BAB saat sedang berada di luar rumah. Salah satunya adalah karena rasa stres dan cemas.”

Susah BAB saat Berada di Luar Rumah? Ini AlasannyaSusah BAB saat Berada di Luar Rumah? Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Jika kamu sering mengalami susah BAB saat tidak sedang di rumah, tenang saja, kamu tidak sendirian. Ini adalah masalah yang umum dialami banyak orang, terutama saat sedang pergi berlibur. 

Niat hati ingin refreshing dan merilekskan pikiran, malah harus berurusan dengan gangguan pencernaan. Sebenarnya, apa sih penyebabnya? Yuk simak lebih lanjut!

Penyebab Susah BAB saat Berada di Luar Rumah

Susah BAB saat sedang berada di luar rumah ternyata ada alasannya dari sisi medis. Berikut ini di antaranya:

1. Tidak Mendengarkan Sinyal Tubuh

Saat ada di rumah, kamu cenderung lebih rileks dan memerhatikan sinyal yang diberikan tubuh dengan baik, karena lebih fokus pada hal lain. Dalam hal ini sinyal tersebut adalah sinyal untuk buang air besar atau BAB. 

Namun, saat sedang berada di luar rumah, misalnya saat berlibur di pantai, di atas kapal, atau di hutan, kamu mungkin cenderung mengabaikan sinyal kembung, kram, atau rasa ingin BAB tersebut.

2. Tidak Bisa Rileks di Kamar Mandi yang Asing

Merasa rileks seringkali merupakan kunci untuk BAB yang lancar. Jadi, menggunakan toilet yang asing atau kesulitan menemukan toilet yang bersih dan punya privasi yang cukup, dapat menyebabkan kamu menahan rasa ingin BAB tanpa disadari. Alhasil, ini bisa memicu sembelit.

3. Mengubah Kebiasaan Makan dan Minum

Penyebab susah BAB yang satu ini sering terjadi saat pergi berlibur ke suatu tempat. Karena tempatnya berbeda, kebiasaan makan dan minum tentu sedikit-banyak mengalami perubahan. 

Kamu mungkin dengan sengaja minum lebih sedikit (terutama selama perjalanan), yang menyebabkan dehidrasi dan susah BAB. Mungkin juga, kamu kurang konsumsi serat dan cenderung memilih makanan instan atau olahan karena praktis. Hal inilah yang memicu sembelit. 

4. Merasa Stres dan Cemas

Jika kamu mengalami susah BAB saat berlibur atau bepergian jauh, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah rasa cemas dan stres. 

Adakah Cara Mencegahnya?

Susah BAB saat tidak berada di luar rumah bisa jadi hal merepotkan. Ini dapat membuat perut terasa kembung dan kram, serta sensasi tidak nyaman lainnya. Untuk kasus sembelit, bisa dibilang lebih mudah mencegah, daripada mengobatinya. 

Salah satu upaya pencegahan terbaik yang dapat dilakukan adalah membawa perbekalan seperti makanan kaya serat sebelum berangkat. Baik itu sebelum pergi berlibur, pergi ke kantor, atau ke tempat lain.

Cobalah untuk mengemas buah-buahan, salad, dan sayuran yang kaya akan serat, untuk dimakan di perjalanan. Jika tidak memungkinkan bawa bekal, kamu bisa mengakalinya dengan mengonsumsi makanan kaya serat selama berada di luar rumah. 

Misalnya, alih-alih mengonsumsi fast food, cobalah pesan salad dan buah-buahan saat makan di restoran. Selain mengonsumsi makanan tinggi serat, penting juga untuk tetap terhidrasi dengan baik. Jadi, pastikan selalu sedia air putih selama bepergian.

Solusi lainnya adalah mencoba untuk tetap santai dan rileks, di mana pun berada. Latihlah teknik pernapasan, dan praktikkan saat mulai merasa stres dan cemas. Hal ini akan membantu mengatasi susah BAB yang kamu alami. 

Itulah pembahasan mengenai penyebab susah BAB saat tidak berada di rumah dan tips pencegahannya. Jika kondisi yang dialami tak kunjung membaik, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter, ya.

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2022. This Is Why You Can’t Poop When You’re On Vacation.
Good Housekeeping. Diakses pada 2022. There’s a Good Reason Why You Can’t Poop in Public.
The Healthy. Diakses pada 2022. Yes, There’s Actually a Reason You Can’t Poop on Vacation—Here’s Why.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan