Tak Hanya Daging, Ini Buah yang Mengandung Protein

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2023

“Selain daging, protein juga dapat ditemukan di dalam buah. Beberapa buah yang mengandung protein yaitu jeruk, alpukat, pisang, dan jambu biji.”

Tak Hanya Daging, Ini Buah yang Mengandung ProteinTak Hanya Daging, Ini Buah yang Mengandung Protein

Halodoc Jakarta – Protein merupakan makronutrien yang sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh. Protein diperlukan untuk membangun dan memelihara tulang, otot, dan kulit. Sumber protein yang paling dikenal berasal hewani, seperti daging sapi, domba, unggas, atau ikan. Namun sebenarnya ada juga sumber protein nabati yang berasal dari buah. 

Mungkin mendapatkan protein dari buah bukanlah pemikiran yang populer. Padahal sebenarnya, protein dari buah bisa menjadi cara yang manis untuk menambahkan nutrisi tambahan ke dalam makanan. 

Pilihan Buah yang Mengandung Protein 

Mengonsumsi buah-buahan merupakan cara yang bagus untuk menambah asupan vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Beberapa buah juga mengandung protein yang dapat mendukung kebugaran tubuh, seperti:

1. Jambu biji

Buah yang memiliki banyak protein yaitu jambu biji. Dalam setiap cangkirnya, terkandung 4,2 gram protein. Selain itu buah tropis ini juga mengandung banyak vitamin C dan serat. 

2. Alpukat

Buah yang mengandung protein berikutnya yaitu alpukat. Secangkir potongan alpukat mengandung 3 gram protein. Bukan cuma itu, alpukat juga mengandung banyak lemak sehat, serat, dan potasium. Terlebih lagi banyak cara untuk menjadikan alpukat sebagai makanan sehat dan lezat. 

3. Kiwi

Buah yang memiliki daging berwarna hijau ini mengandung 2 gram protein per cangkirnya. Kamu tidak perlu melakukan banyak persiapan untuk memakannya, karena bisa langsung dimakan dengan kulitnya setelah dicuci bersih. 

4. Pisang

Buah pisang mungkin lebih dikenal karena kandungan proteinnya. Selain itu, pisang mengandung banyak potasium, nyaman dikonsumsi saat bepergian, dan dapat menjadi sumber energi selama berolahraga. Pisang sangat mudah dikonsumsi, selain memakan langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi minuman sehat. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 1,3 gram protein. 

5. Blackberry dan raspberry

Mungkin tidak semua buah beri menjadi sumber protein yang bagus. Namun, blackberry memiliki 2 gram protein per cangkir. Sedangkan kandungan protein dalam secangkir raspberry sekitar 1,5 gram. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai camilan, atau dengan menambahkan yogurt sebagai sarapan.

6. Jeruk

Buah yang mengandung protein selanjutnya yaitu jeruk. Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui bahwa jeruk merupakan sumber vitamin C. Namun nyatanya, dalam sebuah jeruk terkandung 1,2 gram protein. Untuk mendapatkan manfaat protein dari jeruk, direkomendasikan untuk langsung mengonsumsinya tanpa harus diolah menjadi minuman. 

7. Kismis

Tidak heran jika kismis ternyata juga mengandung protein, karena ia sering ditemukan sebagai bauran oatmeal, salada, dan makanan sehat lainnya. Sekitar 60 butir kismis, mengandung hampir 1 gram protein. Cara mengonsumsi kismis juga cukup mudah. Kamu bisa menaburkannya ke dalam oatmeal saat sarapan, atau memasukkan ke dalam salad untuk memberikan rasa manis. 

Itulah beberapa buah-buahan yang mengandung protein. Seberapa banyak protein yang dibutuhkan seseorang tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Mengutip Livestrong, setiap orang diharuskan mencukupi protein sebanyak 10 hingga 35 persen dari total kalori. 

Namun sebaiknya jangan hanya berfokus pada satu sumber protein saja, kamu perlu mengkombinasikannya dengan sumber protein lainnya. Misalnya dengan mengonsumsi protein hewani dan protein nabati secara seimbang. 

Jika ingin tahu lebih banyak tentang makanan dan nutrisi, kamu bisa bertanya pada dokter di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Home Lab Halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Fruits With the Most Protein
Live Science. Diakses pada 2023. Which fruits are high in protein?
Livestrong. Diakses pada 2023. List of Foods or Fruits That Contain Protein

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan