Tak Hanya Hadiah, Ini Cara Tunjukkan Cinta pada Pasangan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Februari 2023

“Menunjukkan cinta atau kasih sayang kepada pasangan tak hanya sebatas memberikan hadiah. Sebab, kamu bisa menunjukkan betapa kamu menghargai pasanganmu hingga menunjukkan komitmen.”

Tak Hanya Hadiah, Ini Cara Tunjukkan Cinta pada PasanganTak Hanya Hadiah, Ini Cara Tunjukkan Cinta pada Pasangan

Halodoc, Jakarta – Hari Valentine atau hari kasih sayang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Februari di seluruh dunia. Nah, sesuai namanya, banyak orang memaksimalkan hari Valentine sebagai ajang untuk menunjukkan cintanya kepada pasangan. Salah satu cara lazim yang dapat dilakukan adalah memberi hadiah.

Namun, sebagian orang mungkin menganggap kalau memberikan hadiah kepada pasangan sudah menjadi cara yang kuno atau terlalu lazim. Jika kamu adalah salah satu orang tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu dapat melakukan beberapa cara lain untuk menunjukkan cintamu kepada pasangan. 

Cara Tunjukkan Cinta pada Pasangan

1. Tunjukkan Kalau Kamu Sangat Menghargainya

Cara pertama yang dapat kamu lakukan selain memberikan hadiah adalah dengan menunjukkan kepada pasangan kalau kamu sangat menghargainya. Karena itu, cobalah untuk memberitahu pasangan betapa kamu sangat mencintai dan menghargai keberadaannya. Sebab, kebanyakan hubungan kandas begitu saja karena kurangnya rasa saling menghargai antar pasangan. Maka, tidak ada salahnya untuk mengakui kalau pasanganmu telah memengaruhi hidupmu secara positif. 

Beberapa orang merasakan dan menunjukkan cinta melalui kata-kata. Memberikan pujian dan dorongan, dengan mengatakan “Aku mencintaimu”, dan meninggalkan catatan kasih sayang dan penghargaan adalah semua cara untuk membuat orang tahu betapa berartinya mereka bagimu.

2. Lakukan Kontak Fisik

Kamu juga dapat melakukan kontak fisik sebagai bentuk rasa sayang kepada pasanganmu. Berikut adalah sejumlah kontak fisik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan gairah romansa hubungan: 

  • Memeluk ketika sedang bertemu atau ketika pasangan bersedih. 
  • Mencium kening atau pipi pasangan.
  • Bercengkerama.
  • Berpegangan tangan.
  • Merangkul bahu atau pinggang pasangan saat berjalan. 

3. Berusahalah untuk Selalu Ada

Cara selanjutnya yang juga dapat dilakukan adalah dengan berusaha selalu ada untuk pasanganmu. Sebab, selalu tersedia untuk pasanganmu, menandakan kalau kamu menjadikan orang terkasih sebagai prioritas. Nah untuk melakukannya, berikut adalah caranya: 

  • Menenangkan pasanganmu saat sedang merasa terpuruk.
  • Membahas hal-hal positif dalam hubungan. 
  • Menawarkan untuk menemani pasanganmu ketika dirinya sedang sedih.
  • Selalu mendengarkannya ketika pasangan ingin bercerita. 
  • Menyemangati pasangan setiap dirinya akan melakukan aktivitas. 
  • Menawarkan bantuan kepada pasangan. 

Perhatian yang tidak terbagi dan kehadiran dari pasangan membuat seseorang merasa penting. Sebaliknya, kegagalan untuk mendengarkan dan selalu menyempatkan waktu secara aktif dapat membuat seseorang merasa tidak dicintai.

4. Menunjukkan Komitmen

Selain komunikasi, komitmen merupakan salah satu aspek penting yang perlu dicapai dalam sebuah hubungan. Nah, untuk menunjukkan komitmen yang sesuai, pastikan untuk selalu menjadi orang yang setia dan bertanggung jawab terhadap hubungan. Sebagai contoh, ketika kamu sudah memiliki pasangan, cobalah untuk membuat batasan terkait bagaimana kamu berinteraksi dengan lawan jenis. 

Selain itu, kamu juga perlu senantiasa jujur kepada pasangan, sebagai bentuk kesetiaan dan komitmen dalam hubungan. Banyak sekali pasangan yang bisa saling berkomitmen akan menjalin hubungan yang lama bahkan sampai ke jenjang pernikahan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menunjukkan perubahan positif untuk menunjukkan kalau kamu siap untuk berkomitmen. Sebagai contoh, jika kamu memiliki kebiasaan merokok dan pasangan tidak menyukainya, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Ketika sudah berhenti, hal ini tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu orang yang rela berubah demi kebaikan. 

Itulah beberapa cara untuk menunjukkan kasih sayang atau cinta selain memberikan hadiah. Memberikan perhatian sebagaimana mestinya kepada pasangan tentunya dapat menjaga kehangatan romansa hubungan tetap membara. Nah, jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar hal ini, atau sedang pusing dalam hubungan, segeralah hubungi psikolog. 

Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa tanya psikolog tepercaya untuk meminta saran atau informasi yang kamu butuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Verywell Health. Diakses pada 2023. How to Show Affection in a Relationship. 
Psychology Today. Diakses pada 2023. 7 Ways to Express Your Love. 
Family Centre.org. Diakses pada 2023. 5 Different Ways to Show Love and Improve Your Relationship. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan