• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter, Ini 7 Bahan Alami Cegah Asam Urat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter, Ini 7 Bahan Alami Cegah Asam Urat

Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter, Ini 7 Bahan Alami Cegah Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Oktober 2022

“Ada beberapa bahan alami yang terbukti bisa mencegah serangan asam urat. Ini karena kandungan dalam bahan alami tersebut bisa bersifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat menurunkan peradangan.”

Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter, Ini 7 Bahan Alami Cegah Asam UratTak Perlu Buru-Buru ke Dokter, Ini 7 Bahan Alami Cegah Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit mirip kondisi osteoarthritis. Asam urat disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. 

Asam urat yang menumpuk di persendian dapat menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri. Beberapa pengobatan alami seperti konsumsi bahan-bahan alami, bisa membantu meredakan gejala asam urat. Informasi selengkapnya mengenai asam urat dan pengobatannya bisa dibaca di sini!

Cara Cegah Asam Urat dengan Bahan-Bahan Alami

Kadar asam urat yang tinggi terjadi ketika ginjal tidak berhasil menghilangkan asam urat secara efisien. Akibatnya terjadi perlambatan pembuangan asam urat yang didukung oleh asupan makanan yang kaya purin, kelebihan berat badan, diabetes, dan minum terlalu banyak alkohol.

Tidak perlu buru-buru ke dokter, ada beberapa bahan alami yang efektif menangani penyakit asam urat. Apa sajakah itu?

1. Ceri 

Ceri dapat mencegah serangan asam urat. Ini dikarenakan ceri bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menurunkan peradangan.  

2. Magnesium

Magnesium adalah kandungan mineral pada makanan. Kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh. Mengonsumsi suplemen magnesium dapat menurunkan risiko asam urat atau terjadinya asam urat dalam jangka panjang.

3. Jahe

Jahe adalah herbal yang sudah dikenal sebagai ramuan untuk kesehatan. Rebusan air jahe sering digunakan untuk obat peradangan dan kram perut saat menstruasi. Selain manfaat tersebut, jahe juga ternyata baik untuk mengatasi asam urat. 

Cara penggunaannya adalah dengan mengompreskan parutan jahe ke area yang mengalami pembengkakan karena asam urat. Tak hanya obat kompres, rebusan jahe juga baik untuk diminum buat meredakan asam urat.

4. Cuka Sari Apel,  Jus Lemon, dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan untuk penanganan asam urat. Bila dikombinasikan, ketiga bahan ini ternyata efektif untuk menangani asam urat. 

Cara pengolahannya adalah dengan memeras setengah lemon ke dalam satu gelas air hangat, lalu campurkan dua sendok teh kunyit dan satu sendok teh cuka sari apel. Direkomendasikan untuk diminum dua sampai tiga kali sehari untuk hasil yang efektif.

5. Seledri 

Seledri adalah sayuran herbal yang juga dikenal untuk mengurangi peradangan.  Membuat jus seledri dan menjadikannya sebagai minuman rutin dapat membantu mengatasi masalah asam urat. 

6. Dandelion

Ekstrak teh dandelion sering digunakan untuk penanganan masalah kesehatan hati dan ginjal. Teh dandelion juga diyakini dapat menurunkan kadar asam urat sebagai teh kesehatan. 

7. Apel

Apel mengandung asam malat, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Asam malat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Jika kamu berisiko mengalami asam urat, ada baiknya untuk membiasakan diri makan apel sebagai tindakan antisipasi.

Itulah informasi mengenai bahan alami untuk penanganan asam urat. Kalau kamu butuh obat asam urat ataupun vitamin dan suplemen, kontak saja Halodoc. Belum punya aplikasinya? Segera download Halodoc ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Natural Home Remedies for Gout.
Medindia.net. Diakses pada 2022. Home Remedies for Gout.
Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 home remedies for gout.