Takut Melihat Boneka, Kenali Ciri-Ciri Alami Pediophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Februari 2023

"Pediophobia adalah fobia terhadap boneka. Pengidapnya bisa sangat cemas, ketakutan ekstrem, jantung berdebar sampai sesak napas saat melihat boneka."

Takut Melihat Boneka, Kenali Ciri-Ciri Alami PediophobiaTakut Melihat Boneka, Kenali Ciri-Ciri Alami Pediophobia

Halodoc, Jakarta – Pediophobia adalah jenis fobia atau ketakutan ekstrem terhadap boneka. Ketakutan yang dialami pengidapnya sangat berlebihan dan tidak rasional. Bahkan, hanya memikirkan tentang boneka saja bisa membuat mereka takut. 

Pediaphobia masuk kategori fobia spesifik sebab ketakutan irasional ini bukan sesuatu yang menimbulkan ancaman. Nah, berikut ciri-ciri pediophobia yang bisa kamu kenali! 

Kenali Ciri-Ciri Pediophobia

Fobia spesifik terjadi ketika seseorang memiliki ketakutan yang terus-menerus dan ekstrem terhadap objek tertentu. Biasanya, orang yang memiliki fobia spesifik berusaha selalu menghindar objek yang mereka takuti. 

Meskipun pengidapnya sadar bahwa tidak ada ancaman atau bahaya dari objek tersebut, mereka tetap tidak berdaya untuk menghentikan rasa takutnya itu.

Selain itu, pengidapnya juga bisa mengalami serangkaian gejala berikut:

  • Jantung berdebar. 
  • Berkeringat.
  • Menggigil.
  • Gemetar.
  • Semburan panas.
  • Sesak napas.
  • Perasaan mencekik.
  • Nyeri dada.
  • Sakit perut, mual, atau muntah.
  • Merasa pusing atau pingsan.
  • Ketakutan ekstrem.

Apabila kamu mengalami tanda-tanda di atas saat melihat boneka, bisa jadi kamu mengidap pediofobia.

Apa Pemicu Fobia Ini?

Pengalaman traumatis sering melatarbelakangi terjadinya fobia. Dalam kasus pediophobia, pengidapnya mungkin pernah punya pengalaman buruk dengan boneka.

Misalnya, pernah menonton film horor, mendengar cerita menyeramkan tentang boneka atau melihat boneka yang menyeramkan,

Fobia spesifik dapat terjadi dalam keluarga, artinya ada faktor genetik yang berperan di dalamnya. Namun, kondisi ini juga bisa timbul akibat melihat orang tua atau anggota keluarga lainnya yang ketakutan atau menghindari hal-hal seperti boneka.

Jenis fobia ini cenderung lebih sering terjadi pada wanita. Potensinya juga lebih tinggi bagi seseorang yang pernah mengalami cedera otak traumatis (TBI).

Bisakah Diobati?

Sama seperti jenis fobia lainnya, pediophobia bisa diobati. Terapis akan membantu kamu dalam mengatasi rasa takut terhadap boneka.

Opsi perawatannya, meliputi:

1. Terapi paparan

Metode pengobatan yang paling umum untuk pediophobia adalah terapi pemaparan atau desensitisasi sistematis. Caranya dengan memaparkan pengidapnya ke boneka secara bertahap.

Kamu juga diajarkan berbagai teknik untuk mengatasi kecemasan, seperti latihan pernapasan dan relaksasi.

Terapi pemaparan biasanya dimulai dari yang kecil. Misalnya dengan melihat foto boneka dan mempraktikkan teknik relaksasi.

Setelah kamu bisa mengatasi pemicu tersebut, terapis kemudian meningkatkan ke paparan yang lebih tinggi lagi, misalnya menonton video pendek tentang boneka.

Terapis juga dapat menggunakan jenis terapi lain ini untuk mengurangi ketakutan yang irasional ini, contohnya dengan hipnotis, terapi keluarga, terapi perilaku kognitif dan terapi virtual. 

2. Pemberian obat-obatan

Meskipun tidak ada obat khusus untuk menangani fobia, beberapa dokter mungkin meresepkan obat anti cemas atau antidepresan untuk membantu mengatasi gejala. 

Contoh obat yang dapat diresepkan meliputi:

  • Benzodiazepin.
  • Buspirone.
  • Beta-blocker.
  • Inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI).
  • Monoamine oxidase inhibitor (MAOIs).

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan mental, hubungi psikolog dan janji medis melalui aplikasi Halodoc saja. Psikolog atau psikiater akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik.

Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Pedophobia (Fear of Children)
Healthline. Diakses pada 2023. Pediophobia: Fear of Dolls.
Verywell Health. Diakses pada 2023. What Is Fear of Dolls (Pediophobia)?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan