Terkenal di Jepang, Ini 6 Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2022

“Manfaat ikan sidat masih belum banyak dikenali di Indonesia. Padahal, kandungan gizi ikan sidat sama melimpahnya dengan kandungan gizi pada ikan salmon.”

Terkenal di Jepang, Ini 6 Manfaat Ikan Sidat bagi KesehatanTerkenal di Jepang, Ini 6 Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ikan sidat adalah jenis ikan yang memiliki tubuh panjang dan berbentuk silinder. Akibatnya, ikan ini sering dianggap belut, padahal keduanya jelas berbeda. Banyak orang di negara Asia Timur seperti Jepang yang menggunakan ikan ini sebagai bahan makanan.

Masyarakat Jepang percaya bahwa ikan sidat menyimpan banyak khasiat. Namun, manfaat ikan sidat masih belum banyak dikenali di Indonesia, padahal Indonesia menjadi pemasok besar ikan sidat di beberapa negara Asia Timur. Bahkan, kandungan gizi ikan sidat tidak jauh beda dengan kandungan gizi pada ikan salmon.

Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan

Warga Jepang percaya bahwa ikan sidat banyak mendatangkan manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan otak. Manfaat ikan sidat ini datang dari kandungan gizinya yang melimpah.

Dalam 100 gram ikan sidat terkandung berbagai kandungan seperti:

  • Vitamin B1.
  • Vitamin B2.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Zinc.
  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Omega-3.
  • Kalsium.

Karena kandungan inilah, ikan sidat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ikan sidat untuk kesehatan antara lain:

1. Meningkatkan Kecerdasan

Sidat memiliki kemampuan yang terbukti dengan baik dalam meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan. Karena mengandung omega-3 DHA dan EPA yang dianggap bermanfaat untuk perkembangan otak, terutama pada bayi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terdapat pada ikan sidat penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu melindungi retina dari degenerasi makula dan katarak. Vitamin A dapat menjaga arteri darah yang menghubungkan otak dan mata agar tidak menyempit. Selain itu, vitamin A dapat menghentikan pembentukan radikal bebas, yang dapat merusak lensa dan sel-sel retina.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan beta-karoten pada sidat memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek merusak radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi sidat secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari radikal bebas penyebab kanker.

4. Mencegah Diabetes

Karena ikan sidat memiliki jumlah karbohidrat yang lebih sedikit dan protein yang tinggi, protein tersebut dapat membantu produksi insulin dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, ikan sidat dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe apapun, terutama diabetes tipe-2.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sidat memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein dalam ikan ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kembali sel-sel mati.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan ini telah digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan jantung seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan diabetes. Ikan sidat termasuk ke dalam salah satu ikan dengan omega tiga tertinggi. Ini dapat mencegah terjadinya diabetes dan penyakit jantung lainnya.

Selain itu, sidat dapat membantu mencegah kolesterol jahat terbentuk dalam sistem darah dan juga dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat yang sudah terbentuk dalam darah. 

Apabila kamu perlu pemeriksaan medis, cobalah berkonsultasi ke dokter. Kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 10 Evidence-Based Health Benefits Of Eating Eel Fish.
Insider. Diakses pada 2022. Unagi: The Taste & Health Benefits of the Japanese Eel.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan