Tidur Mendengkur Menjadi Pertanda Gangguan Kesehatan, Ini Faktanya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2021
Tidur Mendengkur Menjadi Pertanda Gangguan Kesehatan, Ini FaktanyaTidur Mendengkur Menjadi Pertanda Gangguan Kesehatan, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta - Mendengkur memang kondisi yang umum terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita dengan berat badan berlebih. Masalah ini juga semakin parah seiring dengan usia seseorang. Jika terjadi sesekali saja, mendengkur tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika terjadi setiap waktu tidur, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang menjadi penyebab tidur mendengkur.

Baca juga: Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Gangguan Kesehatan Ini Menjadi Penyebab Tidur Mendengkur

Mendengkur terjadi saat aliran udara yang melewati mulut dan hidung terhalang oleh sesuatu. Nah, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang menjadi penghalang aliran udara tersebut:

1. Obesitas

Obesitas, atau memiliki berat badan berlebihan menjadi salah satu penyebab tidur mendengkur. Hal tersebut terjadi karena banyaknya lemak yang tertimbun di sekitar tenggorokan, sehingga membuat jalur napas menyempit dan menimbulkan suara dengkuran.

2. Gangguan pada Hidung

Gangguan pada hidung menjadi penyebab tidur mendengkur selanjutnya. Kondisi tersebut terjadi karena adanya sekat pada area lubang hidung yang membengkok.

3. Melemahnya Otot Tenggorokan dan Lidah

Jika otot tenggorokan dan lidah terlalu lemah, posisinya bisa saja berbalik dan menutupi jalur pernapasan. Penyebab lemahnya kedua otot ini, yaitu tidur pulas, mengonsumsi alkohol, penggunaan obat tidur, atau usia yang sudah tua.

4. Besarnya Jaringan Tenggorokan

Seseorang dengan obesitas memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terhalangnya aliran udara, sehingga muncul suara mendengkur saat tidur.

5. Bentuk Uvula yang Panjang dan Lunak

Uvula merupakan jaringan yang tergantung pada bagian belakang mulut. Jika bentuknya terlalu panjang dan lunak, maka jalur antara hidung dan tenggorokan menjadi lebih sempit dan bergetar saat udara melaluinya.

6. Mengidap Pilek atau Alergi

Penyebab tidur mendengkur yang terakhir adalah pilek atau alergi. Kedua penyakit tersebut dapat memicu penyumbatan saluran napas di area hidung, dan pembengkakan pada tonsil (amandel). 

Selain beberapa kondisi tersebut, mendengkur bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Mendengkur biasanya terjadi saat tidur dalam posisi telentang. Kondisi tersebut disebut dengan dengkuran "side dependent". Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mengubah posisi tidur ke sisi miring.

Jika penyebab tidur mendengkur bukan posisi tidur yang salah, bisa jadi kamu tengah mengidap kondisi kesehatan tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut, diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk penanganan lebih lanjut, ya. 

Baca juga: Waktu Tidur yang Ideal Ditentukan dari Kelompok Usia

Atasi Dengkuran dengan Cara Alami Ini

Mendengkur sudah pasti dapat diatasi dengan langkah medis yang tepat. Namun sebelum memilih untuk menempuh langkah medis, berikut ini cara alami untuk mengatasi dengkuran:

  1. Tidur dalam posisi miring, gunakan bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari posisi badan. 
  2. Sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan saluran pernapasan dan hidung yang tersumbat.
  3. Jaga kelembapan udara di dalam kamar, jangan terlalu kering. Gunakan Humidifier jika diperlukan.
  4. Diet sehat untuk menurunkan berat badan.
  5. Berhenti merokok, dan konsumsi alkohol.

Baca juga: Ketahui Bahaya Tidur Kurang dari 7 Jam Sehari

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang menjadi penyebab tidur mendengkur, beserta cara alami untuk mengatasinya. Jika sejumlah cara alami tersebut tidak dapat mengatasi masalah yang kamu alami, silakan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan langkah perawatan yang tepat, ya.

Referensi:
Medscape. Diakses pada 2021. Physiologic Approach in Snoring and Obstructive Sleep Apnea.
WebMD. Diakses pada 2021. Snoring.
Sleep Foundation. Diakses pada 2021. Common Causes of Snoring.
Help Guide. Diakses pada 2021. How to Stop Snoring.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan