• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Timun dan Bawang Putih dapat Membuat Tekanan Darah Normal?

Timun dan Bawang Putih dapat Membuat Tekanan Darah Normal?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Timun menjadi salah satu makanan penurun tekanan darah karena kandungan potasium di dalamnya. Bukan hanya timun, bawang putih juga menjadi salah satu makanan penurun tekanan darah yang direkomendasikan. Khasiatnya sendiri tidak hanya terbatas sebagai bumbu dapur dan antibiotik alami saja, tetapi juga meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh, yang mampu membantu melebarkan dan melemaskan pembuluh darah.

Baca juga: Buah Bit Bisa Digunakan untuk Mengatasi Darah Tinggi

  • Pisang

Selain murah meriah, pisang menjadi salah satu makanan penurun tekanan darah karena kandungan kalium di dalamnya. Kalium dalam pisang mampu menyeimbangakan kadar natrium yang tinggi, sehingga dinilai efektif sebagai penurun darah tinggi. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memakannya langsung atau dicampur dengan sereal atau yoghurt.

  • Sayuran Hijau

Selain pisang, sayuran hijau seperti bayam, kale, lobak hijau, sawi, dan selada, juga mengandung kalsium tinggi yang berguna sebagai makanan penurun tekanan darah. Setengah cangkir bayam matang mampu memberikan 12 persen kebutuhan harian kalsium untuk orang dewasa.

Oleh karena itu, penting bagi pengidap tekanan darah tinggi untuk selalu mengonsumsi sayuran hijau setiap hari sebagai makanan pembantu mengontrol tekanan darah. Disarankan untuk memilih sayuran segar, jangan sayuran dalam kaleng atau makanan kemasan dengan kandungan natrium karena justru dapat berdampak negatif bagi tekanan darahmu.

  • Yogurt

Makanan penurun tekanan darah selanjutnya adalah yoghurt. Kekurangan kalsium merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu menambahkan asupan kalsium ke dalam daftar makanan penurun tekanan darah, salah satunya adalah yoghurt. Kandungan natrium dalam yogurt termasuk rendah, sehingga aman bagi pengidap hipertensi.

Selain itu, probiotik dalam yogurt dapat menjadi makanan penurun tekanan darah, seperti yang ditemukan pada beberapa penelitian. Sebagai pendamping yoghurt, kamu bisa menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, atau granola ke dalamnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih dalam hal kesehatan jantung. Disarankan untuk memilih yoghurt dengan kandungan gula rendah.

Baca juga: Bagaimana Mengatur Pola Makan Seimbang Puasa Saat PSBB?

  • Susu Skim

Selain produk olahan susu, seperti yoghurt, susu skim juga baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah, karena mengandung tinggi kalsium di dalamnya. Bukan itu saja, susu skim juga mengandung rendah lemak yang aman dikonsumsi para pengidap tekanan darah tinggi.

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan penurun tekanan darah yang mengandung tinggi kalium dan magnesium. Kentang juga mengandung serat yang diperlukan tubuh. Yang jadi permasalahan di sini adalah, cara mengolah kentang yang biasanya ditambahkan dengan garam. Penambahan garam ini membuat kentang menjadi makanan yang mengandung garam tinggi, yang mampu meningkatkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun tekanan darah, disarankan untuk mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

  • Buah Berry

Buah-buahan kelompok buah beri, seperti blueberry mengandung senyawa flavonoid, yang dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga membantu sebagai penurun tekanan darah. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat menambahkan kelompok buah beri ini pada yoghurt atau sereal.

  • Buah bit

Makanan penurun tekanan darah selanjutnya adalah buah bit. Dari sebuah studi yang dilakukan, kandungan nitrat dalam buah bit mampu menjadi salah satu sumber makanan penurun darah tinggi. Dalam hal mengonsumsinya, kamu dapat mengolah buah bit dengan cara di jus, dipanggang atau dikukus.

Baca juga: Rutin Konsumsi Tauge Bisa Tingkatkan Kesuburan, Benarkah?

  • Oatmeal

Makanan makanan penurun tekanan darah yang terakhir adalah oatmeal. Oatmeal mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika kamu merasa rasa oatmeal terlalu hambar, kamu bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc guna mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Referensi:

Health Harvard. Diakses pada 2020. Beating high blood pressure with food.

Healthline. Diakses pada 2020. 13 Foods That Are Good for High Blood Pressure.

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. 10 ways to control high blood pressure without medication.