• Home
  • /
  • Rutin Konsumsi Taoge Bisa Tingkatkan Kesuburan, Benarkah?

Rutin Konsumsi Taoge Bisa Tingkatkan Kesuburan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Rutin Konsumsi Taoge Bisa Tingkatkan Kesuburan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Tentunya memiliki pola makan sehat menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayuran menjadi kewajiban yang perlu dilakukan agar kesehatan tubuh tetap optimal. Ada berbagai sayuran yang memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah sayuran taoge.

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui

Bagi pria, taoge dipercaya memberikan manfaat untuk meningkatkan kesuburan. Namun apakah benar rutin mengonsumsi taoge membantu pria meningkatkan kesuburan? Ini ulasannya.

Hubungan Taoge dan Kesuburan Pria

Tentunya masalah kesuburan yang dialami oleh pria bisa berdampak pada kondisi psikologis. Hal ini menyebabkan banyak pria melakukan berbagai cara untuk menjaga kondisi kesuburan dan juga kualitas sperma yang dimilikinya. Melansir dari Healthline, ada berbagai cara yang bisa dilakukan para pria untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma yang dimiliki, dengan cara rutin melakukan olahraga, mengelola tingkat stres, dan memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk kualitas sperma dan masalah kesuburan tentunya dapat dilakukan dengan perbanyak mengonsumsi buah serta sayur, salah satunya adalah sayuran taoge. Pria membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan kesuburannya. Antioksidan yang terpenuhi dengan baik meningkatkan kualitas sperma seorang pria. Kualitas sperma menentukan kesuburan seorang pria.

Taoge menjadi sayuran yang mengandung antioksidan cukup banyak. Di dalam taoge terdapat antioksidan dalam berupa vitamin C, vitamin A, vitamin D, dan juga vitamin E. Namun, sebaiknya konsumsi taoge dengan ragam sayuran lain yang juga memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, seperti wortel, tomat, jeruk, dan kiwi.

Melansir Baby Centre, selain antioksidan, sayur taoge mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk menjaga kesuburan para pria. Asam folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk DNA, memproduksi, dan juga menjaga sel baru. Asam folat juga banyak ditemui pada sayuran brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Jangan ragu untuk temui dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu merasakan adanya gangguan pada masalah kesuburan. Kamu juga dapat temui dokter secara langsung ke rumah sakit terdekat untuk penanganan yang tepat pada keluhan kesehatan yang dialami.

Baca juga: Ini Hal-Hal yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Ketahui Manfaat Taoge Lainnya

Selain baik untuk kesuburan pria, sayur taoge memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan yang perlu diketahui:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Melansir Health Fully, taoge memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Memenuhi kebutuhan protein dengan protein nabati membantu untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Melancarkan Pencernaan

Sayuran taoge juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Kondisi ini membantu kamu untuk melancarkan saluran pencernaan. Jadi, jika kamu mengalami sembelit atau diare, jangan ragu untuk mencoba konsumsi sayur taoge agar kesehatan pencernaan kembali normal.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam taoge membantu mengurangi tekanan darah. Hal ini disebabkan kalium berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan melepaskan ketegangan yang ada pada arteri darah.

4. Tingkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam taoge membantu kamu meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan vitamin C dalam taoge membantu tubuh untuk merangsang produksi sel darah putih melawan infeksi yang terjadi pada tubuh.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan berfungsi untuk mencegah penyakit kanker dalam tubuh. Sayur taoge menjadi salah satu sayuran yang mengandung antioksidan cukup tinggi, untuk itu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi sayuran taoge dalam menu makan siang.

Baca juga: Cara Terbaik Mengetahui Masa Subur Wanita

Itulah manfaat taoge untuk kesehatan. Melansir SF Gate Healthy Eating, sebaiknya hindari memberikan taoge mentah pada anak-anak, wanita hamil, dan lansia, karena dapat membawa bakteri bagi orang-orang dengan sistem imun tubuh yang rendah. Kamu bisa mengonsumsi taoge dengan cara dimasak untuk menghilangkan bakteri.

Referensi:
SFGate Healthy Eating. Diakses pada 2020. What Are The Benefits of Mung Bean Sprouts?
Healthfully. Diakses pada 2020. Bean Sprouts Vs Alfalfa Sprouts
Baby Centre. Diakses pada 2020. Fertility Diet for Men
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count