• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Ajarkan Anak Puasa untuk Pertama Kali

5 Tips Ajarkan Anak Puasa untuk Pertama Kali

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan segera tiba, ini adalah waktu bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk menjalankan salah satu perintah agama yaitu puasa. Bagi orang dewasa, puasa bukanlah masalah berat. Hanya dibutuhkan beberapa hari penyesuaian jam makan yang bergeser, dan mereka akan baik-baik saja. Namun, hal yang berbeda akan dialami anak-anak. Terlebih bagi mereka yang sedang masuk dalam usia pertumbuhan, puasa menjadi beban yang cukup berat bagi mereka.

Islam memang tidak mengharuskan anak-anak untuk berpuasa, tetapi penting untuk mengajarkan anak puasa untuk pertama kalinya guna membentuk kebiasaan yang baik. Sehingga diharapkan nanti ketika anak dewasa, ia akan terus terbiasa untuk melakukan ibadah ini. Lantas, bagaimana cara tepat mengajari anak puasa saat pertama kalinya? Yuk simak ulasannya berikut!

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini Nutrisi Penting Saat Anak Puasa

Mengajarkan Anak Puasa Ramadan

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengajari anak ikut berpuasa, antara lain:

  1. Jadi Contoh untuk Anak

Hal terpenting pertama kali yang wajib dilakukan orangtua saat hendak mengajarkan anak untuk ikut puasa adalah dengan menjadi contoh yang baik. Dengan begini, mereka tidak ragu untuk mempraktikkannya. Saat menjalankan ibadah puasa, jelaskan kepada anak mengapa harus berpuasa atau tidak makan dan minum. Penting diIngat bahwa di usia yang masih muda, anak akan dengan mudah meniru perilaku seseorang di sekitarnya.

  1. Bicarakan Semua Hal Tentang Puasa

Saat berpuasa, ingatkan kepada anak bahwa mereka harus berhati-hati tentang bagaimana mereka menghabiskan energinya. Jadi, saat puasa energi akan lebih mudah untuk terkuras dan lebih rentan untuk lemas. Ingatkan untuk tidak terlalu aktif dan beralihlah ke hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Jelaskan juga manfaat, sejarah, atau berikan buku-buku cerita tentang kisah-kisah keagamaan yang menarik untuknya. 

Baca juga: Banyak Daging atau Sayur, Agar Lebih Kuat Puasa?

  1. Jangan Memaksa untuk Puasa Penuh 

Pastikan orangtua tidak memaksa anak yang baru pertama kali puasa untuk melakukannya seperti halnya orang dewasa. Pada masa-masa awal, pilih jam tertentu dalam sehari untuk anak-anak berpuasa. Misalnya, minta anak-anak Anda berpuasa hingga siang dan kemudian dilanjutkan.

Jika sudah terbiasa geserlah waktu berbukanya hingga ke waktu normal orang dewasa berpuasa. Pastikan juga mereka memiliki makanan bergizi dan seimbang selama sahur dan berbuka. Orangtua juga bisa memberikan anak suplemen makanan untuk menjaga kesehatannya. Tidak perlu repot lagi, kini kamu bisa beli obat dan suplemen di Halodoc, lho! Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, pesanan kamu langsung tiba dengan aman di tempatmu. 

  1. Minta Anak Puasa Makanan Tertentu

Apabila anak sudah terbiasa makan makanan tertentu atau makanan kesukaannya, coba minta mereka untuk menghindari juga makanan tersebut saat berpuasa. Misalnya, jika anak suka makanan ringan, minta mereka untuk tidak memakannya selama jam puasa. Mengajarkan hal ini ketika anak puasa juga bisa membantu menghilangkan kebiasaan buruk pola konsumsi anak. Selain itu, dengan hal ini mereka juga akan terlatih untuk menghargai makanan.

  1. Beri Penghargaan 

Mengajarkan anak untuk berpuasa selama Ramadan memang penting. Namun, saat mereka berhasil melakukannya maka penting juga untuk memberikannya apresiasi. Terlepas dari berapa jam anak sudah puasa atau berapa hari anak sanggup puasa, sebaiknya beri penghargaan kepada mereka.

Dengan begini, mereka akan semakin semangat berpuasa. Orangtua juga tidak harus memberi hadiah, cukup dengan memujinya dan mengatakan bahwa ia adalah anak yang baik dan hebat. Mereka akan senang dan merasa bahwa usahanya dihargai. Alhasil, mereka akan merasa senang dan makin semangat untuk puasa.

Baca juga: Kondisi Kesehatan yang Tidak Dianjurkan untuk Puasa

Itulah beberapa cara untuk mengajari anak berpuasa. Jangan lupa untuk selalu memastikan anak terpenuhi semua kebutuhan gizinya selama berpuasa, ya!

Referensi:

Mom Junction. Diakses pada 2020. Dieting And Fasting Tips For Kids - All You Need To Know.
Pediatric Education. Diakses pada 2020. When Should Children Begin Fasting?
Kids Ministry. Diakses pada 2020. Fasting: Teaching Kids Spiritual Disciplines.