Tips Berhubungan Intim yang Aman setelah Operasi Hernia

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Agustus 2021
Tips Berhubungan Intim yang Aman setelah Operasi HerniaTips Berhubungan Intim yang Aman setelah Operasi Hernia

Masa pemulihan hernia tergantung dengan kondisi kesehatan secara menyeluruh. Tidak memaksakan beraktivitas berat membantu mempercepat proses pemulihannya. Waktu yang tepat kembali berhubungan intim tergantung dengan kondisi kesehatan dan pemulihan luka habis operasi. Pengaturan posisi saat berhubungan intim dan komunikasi dengan pasangan adalah tips aman berhubungan intim setelah operasi hernia.”

Halodoc, Jakarta –  Sebagian besar orang umumnya tidak mengalami efek jangka panjang setelah operasi hernia. Operasi membantu memperbaiki rasa sakit atau disfungsi terkait hernia. Itu semua membutuhkan pemulihan untuk dapat melakukan aktivitas harian termasuk berhubungan intim. 

Dokter mungkin menyarankan agar kamu menghindari seks selama beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada lokasi hernia, jenis operasi, usia dan kesehatan lainnya, serta komplikasi yang mungkin terjadi. Adakah tips berhubungan intim yang aman setelah operasi hernia? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Hernia

Atur Posisi dan Tahu Kapan Berhenti

Biasanya, tidak ada batasan aktivitas seksual setelah operasi laparoskopi untuk hernia inguinalis. Hanya saja, kemungkinan kamu akan tidak nyaman di sekitar lokasi sayatan selama satu atau dua minggu.

Untuk laki-laki, skrotum mungkin berubah warna, lunak, atau bengkak secara signifikan setelah operasi. Pembengkakan akan mereda dalam waktu seminggu. Kamu mungkin bisa melanjutkan aktivitas normal, termasuk hubungan intim dalam waktu seminggu atau lebih.

Sebenarnya tidak ada waktu yang pas untuk tahu kapan berhubungan intim yang aman setelah operasi hernia. Itu semua tergantung kenyamanan masing-masing individu. Jika jenis hernia yang kamu alami adalah hernia inguinalis, biasanya jenis operasi yang dilakukan adalah operasi laparoskopi menggunakan mesh. Pada laki-laki, daerah inguinal dekat dengan struktur testis dan saraf yang penting untuk fungsi seksual.

Kamu mungkin akan mengalami memar dan pembengkakan pada skrotum, penis, dan testis pada hari-hari setelah prosedur. Namun, risiko cedera sangat rendah pada pembuluh darah, saraf, atau saluran sperma yang menuju testis sehingga prosedur ini seharusnya tidak mengganggu kemampuan untuk ereksi.

Baca juga: Selain Operasi, Bagaimana Cara Mengobati Hernia?

Lakukan beberapa tips ini apabila bekas luka operasi tidak menimbulkan nyeri dan kamu merasa mampu berhubungan intim, yaitu: 

1. Diskusikan dengan pasangan dengan menjelaskan kondisi dan apa yang kamu rasakan. Hal ini membantu pasangan untuk menghindari area yang bisa jadi sensitif dan sakit. 

2. Mulailah dengan gerakan yang lembut dan secara bertahap tingkatkan aktivitas saat kamu merasa semua baik-baik saja dan tidak ada nyeri.

3. Letakkan bantal dekat dengan perut untuk memberikan dukungan saat berhubungan intim.

4. Pilih seks oral jika memungkinkan untuk menghindari rasa sakit atau ketidaknyamanan.

5. Saat aktivitas intim terjadi, tetap komunikasikan dengan pasangan agar mengetahui kapan waktu untuk berhenti atau berganti posisi. 

Hal yang terpenting, yaitu dengarkan tubuhmu yang akan memberitahu jika kamu mendorongnya terlalu keras dan hal-hal sensitif lainnya. Rasa sakit karena operasi hernia sifatnya hanya sementara. Nyeri dan lain-lainnya akan hilang setelah masa pemulihan selesai.

Supaya Pemulihan Operasi Hernia Berlangsung Cepat

Nutrisi yang sehat adalah bagian penting dari pemulihan setelah operasi hernia. Perhatikan dengan cermat apa yang kamu makan, terutama selama beberapa minggu pertama pemulihan. Buang air besar yang berat berpotensi meningkatkan rasa sakit. 

Pemulihan pasien harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi pelunak tinja sebelum makan selama beberapa hari. Di luar itu, diet memenuhi asupan serat dan cairan akan membuat usus tetap lancar.

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Saat Berhubungan Intim

Selama beberapa hari pertama pemulihan, kamu harus menjaga perban tetap bersih dan menggantinya seperti yang diinstruksikan. Memiliki luka operasi berarti menempatkan kamu pada risiko infeksi. Penting untuk memerhatikan tanda-tanda, seperti kemerahan, rasa sakit yang meningkat, dan kehangatan di sekitar sayatan. Perhatikan juga apakah kamu mengalami demam dan keringat yang banyak.

Pemulihan dari operasi hernia adalah tentang mendukung proses penyembuhan secara alami. Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik dapat mempercepat proses penyembuhan. Hindari bersin dan batuk selama beberapa hari untuk mengurangi penekanan pada area bekas operasi. Pembengkakan setelah operasi hernia adalah hal biasa, sehingga ada baiknya kamu mengenakan pakaian senyaman mungkin agar area pembengkakan tidak tergesek baju atau celana.

Istirahat yang cukup bukan berarti kamu harus selalu terbaring di tempat tidur. Tetap lakukan aktivitas fisik ringan seperti berdiri atau berjalan agar membantu mempercepat proses penyembuhan alami karena meningkatkan sirkulasi darah. Jangan memaksakan diri, dan cobalah untuk tetap waspada terhadap ketidaknyamanan dan rasa sakit saat bergerak. 

Kemudian, pasca operasi hernia, pastikan untuk tidak mengangkat sesuatu yang berat. Namun, cobalah untuk melatih punggung dan lutut bila memungkinkan. Demikian informasi mengenai pemulihan operasi hernia.

Informasi selengkapnya bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Kalau kamu butuh membeli obat atau vitamin untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi, juga bisa dilakukan lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Sex After Hernia Surgery: What to Expect
International Surgery Rome. Diakses pada 2021. When Can I Have Sex After Hernia Surgery?
Griswold Home Care. Hernia Surgery Recovery Tips

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan