Tips Jitu Agar Enggak Telat Bangun Sahur

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Maret 2023

“Sahur adalah waktu makan yang penting selama puasa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Sayangnya, terkadang sahur tidak dilakukan karena terlalu lelah atau tidak bisa bangun pagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah telat bangun sahur.”

Tips Jitu Agar Enggak Telat Bangun SahurTips Jitu Agar Enggak Telat Bangun Sahur

Halodoc, Jakarta – Sahur merupakan waktu makan penting yang sebisa mungkin tidak kamu lewatkan saat sedang berpuasa. Ini karena asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur bisa memberikanmu energi dan nutrisi yang tubuh butuhkan untuk berpuasa seharian.

Namun sayangnya, karena kelelahan atau alasan lainnya, masih banyak orang yang sering telat atau bahkan susah bangun sahur sehingga melewatkan waktu makan tersebut. Akibatnya, kesehatan tubuh pun kadang-kadang menjadi terganggu. Karena itu, yuk perhatikan tips-tips jitu berikut biar kamu tidak telat sahur berikut ini!

Tips untuk Mencegah Telat Bangun Sahur

Selama puasa, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak kelewatan sahur karena telat bangun. 

1. Tidur lebih awal

Tips yang paling jitu agar bisa bangun lebih pagi untuk sahur tentu saja dengan mengatur jadwal tidur menjadi lebih awal. Mengubah waktu tidur bisa jadi hal yang sulit, namun tidak mustahil untuk kamu lakukan. 

Kamu bisa mencobanya secara bertahap dengan menggeser waktu tidur beberapa menit lebih awal. Misalnya, cobalah untuk tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Bila sudah terbiasa tidur 15 menit lebih awal, kurangi lagi dengan waktu yang sama dan begitu seterusnya.

2. Hindari konsumsi kafein sebelum tidur

Agar kamu bisa tidur lebih awal, hindarilah mengonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur. Minuman mengandung kafein seperti kopi bisa memblokir reseptor di otak bernama adenosine sehingga tubuh menjadi lebih awas dan tidak mengantuk.

Alih-alih kopi, kamu bisa mengonsumsi susu hangat atau pisang sebelum tidur karena bisa membuat kamu cepat mengantuk. Selain itu, batasi cahaya minimal satu jam sebelum tidur. Cahaya yang dimaksud seperti cahaya dari lampu utama atau dari layar gadget.

3. Gunakan alarm

Agar kamu bangun lebih mudah, kamu bisa mengatur waktu alarm terlebih dahulu sebelum tidur. Bila kamu adalah tipe orang yang sering tidur lagi setelah mematikan alarm, kamu bisa mengatur waktu bangun 30 menit lebih awal dari waktu sahur. 

Satu tips jitu lainnya agar kamu bisa berhasil bangun untuk sahur adalah mengatur volume alarm sedikit lebih kencang. Kamu bisa memilih lagu atau ringtone yang bertempo cepat sebagai alarm jika kamu menggunakan alarm dari ponsel. Terakhir, jauhkan alarm dari jangkauan kamu sehingga kamu tidak bisa dengan mudah mematikan alarm.

4. Hindari makan terlalu banyak saat berbuka

Makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat kamu cepat mengantuk. Setelah kamu makan, darah akan mengalir lebih banyak ke bagian perut untuk membantu pencernaan. Saat darah berada lebih banyak di bagian penceranaan, peredaran darah di otak akan berkurang sehingga menyebabkan rasa kantuk.

Selain itu, makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga bisa membuatmu merasa malas untuk bangun sahur karena masih terasa kenyang. Jadi, hindari makan banyak saat berbuka agar kamu tidak telat bangun sahur.

5. Jangan berolahraga larut malam

Saat puasa, beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Namun, perlu kamu ketahui bahwa berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur bisa membuat kamu sulit tidur. Aktivitas fisik seperti berolahraga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan membuat kamu semakin terjaga. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk Mengetahui Waktu Terbaik untuk Berolahraga Selama Puasa.

6. Minum air putih

Setelah tidur sepanjang malam, tubuh akan mengalami dehidrasi ringan. Hal ini bisa memengaruhi kinerja tubuh dan otak sehingga kamu terasa lemas. Oleh karena itu, ketika sudah bangun, kamu sebaiknya segera minum air putih agar tidak ingin kembali tidur. Tujuan minum air putih adalah untuk rehidrasi tubuh sehingga pikiran dapat menjadi segar dan terjaga segera setelah bangun.

Nah, itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan agar tidak telat bangun sahur. Kalau kamu memiliki pertanyaan atau keluhan seputar pola hidup selama puasa dan sahur, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
TIME. Diakses pada 2023. Why Do You Get Sleepy After Eating?
Sleep Education. Diakses pada 2023. Sleep and caffeine
Herzing University. Diakses pada 2023. 8 Genius Tips for Waking Up Early
Healthline. Diakses pada 2023. Drinking Water in the Morning: Does It Have Benefits?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan