Tips Kesehatan Fisik Sebelum Naik Gunung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Maret 2022

“Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan fisik yang menyehatkan dan menyenangkan. Bahkan, bisa dibilang aktivitas fisik berintensitas tinggi sama seperti maraton. Namun, persiapan kesehatan dan fisik sangat diperlukan sebelum mendaki. Tujuannya, agar tubuh kuat mendaki hingga puncak gunung.”

Tips Kesehatan Fisik Sebelum Naik GunungTips Kesehatan Fisik Sebelum Naik Gunung

Halodoc, Jakarta – Mendaki untuk mencapai puncak gunung bisa menjadi pengalaman yang berharga dan menyenangkan. Hal tersebut tentu karena sensasi pendakian itu sendiri, dan pemandangan yang indah setelah sampai di puncak. Agar berhasil naik gunung dengan selamat, diperlukan persiapan yang matang. Selain persiapan logistik, persiapan fisik juga sangat diperlukan. 

Perlu diketahui, saat naik gunung kamu akan menghadapi tantangan kesehatan dan fisik. Bisa dibayangkan, proses naik gunung hingga sampai puncak tentu akan sulit dan menemui berbagai rintangan. Hal tersebut hanya bisa dilalui jika kamu mempersiapkan kesehatan fisik dengan matang. Persiapan fisik akan memastikan tubuh kamu bugar. Manfaatnya bukan hanya untuk keselamatan, tapi juga agar lebih nyaman saat mendaki.

Berikut ini beberapa persiapan kesehatan fisik sebelum naik gunung:

  1. Lakukan Olahraga Aerobik

Olahraga seperti lari, renang, dan hiking termasuk dalam latihan aerobik. Dengan melakukan olahraga tersebut, maka kamu dapat mempersiapkan paru-paru dan jantung. Olahraga aerobik harus dilakukan berminggu-minggu atau bila perlu berbulan-bulan sebelum mendaki. 

Usahakan berolahraga minimal tiga kali seminggu selama 30-60 menit untuk setiap sesinya. Periksa juga detak jantung sebelum dan sesudah olahraga. Hal tersebut bertujuan untuk mengamati kinerja, agar lebih efisien saat pendakian. 

  1. Persiapkan Otot-otot Kaki

Cobalah untuk berlari dalam durasi yang lama. Bila perlu coba juga berlari di jalanan yang mendaki. Saat naik gunung, kamu akan menghadapi jalur pendakian di lereng curam, berbatu, atau licin. Dan yang pasti kamu akan terus melalui jalan yang mendaki saat naik gunung. Itulah pentingnya mengkondisikan otot-otot kaki agar mampu melakukan gerakan yang berkelanjutan saat mendaki.

  1. Konsumsi Makanan yang Aman dan Bergizi Seimbang

Di minggu-minggu sebelum naik gunung sebaiknya hindari melakukan wisata kuliner. Karena kamu mungkin tidak tahu bagaimana efeknya pada tubuh dan saat mendaki. Dalam persiapan fisik yang tertuju pada sistem kardiovaskular dan muskuloskeletal, sistem pencernaan juga harus dalam kondisi yang baik. Maka dari itu, konsumsilah makanan bergizi seimbang, dan hindari makan sembarangan.

  1. Cukupi Asupan Karbohidrat

Mendaki gunung termasuk dalam aktivitas berintensitas tinggi, sama seperti maraton. Maka kamu perlu mencukupi asupan karbohidrat. Tujuannya untuk menyimpan glikogen (penyimpanan energi) di dalam otot. Kamu bisa memulai mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat 3 – 4 hari sebelum pendakian. Dengan begitu respons tubuh dari otot akan dimulai untuk mengambil sebanyak mungkin glikogen dari karbohidrat.

  1. Periksakan Diri Ke Dokter Bila Diperlukan

Jika kamu memiliki kondisi medis, maka kunjungi dokter sebelum melakukan pendakian. Contohnya penyakit asma, diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung. Dokter akan memberi tahu tentang obat apa yang harus dibawa dan tindakan pencegahan khusus apa yang harus diambil. Dengan persiapan tepat, naik gunung sebenarnya adalah aktivitas yang sangat sehat.

  1. Bawa Perlengkapan Pendakian yang Tepat

Sangat penting untuk memakai perlengkapan yang tepat untuk naik gunung. Kenakan pakaian yang memudahkan kamu bergerak dan bermanuver dengan nyaman. Pilih sepatu pas yang memberikan dukungan pada pergelangan kaki, stabilitas, dan cengkraman.

Jika kamu mendaki di jalur berbatu, gunakan satu atau dua tongkat jalan untuk menjaga keseimbangan. Sebaiknya bawa juga perlengkapan untuk semua jenis cuaca. Udara akan lebih dingin di dataran tinggi, dan perubahan suhu bisa sangat ekstrem dan cepat. 

Untuk itu jangan lupa membawa pakaian yang dapat menghangatkan tubuh ataupun pakaian yang tidak tembus hujan dan angin. Barang-barang lain yang perlu dibawa yaitu topi, kacamata hitam, tabir surya, air minum, tenda, hingga makanan ekstra. 

Itulah yang perlu dipersiapkan sebelum mencoba naik gunung. Jika membutuhkan saran kesehatan berkaitan dengan kondisi medis sebelum berangkat, kamu bisa tanya dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Mountain Climbing Safety
Pinoy Mountaineer. Diakses pada 2022. Hiking preparation: Fitness, health, diet, and exercise

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan