Tips Memberi Makan yang Tepat untuk Kura-kura Brazil Kecil

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Agustus 2021
Tips Memberi Makan yang Tepat untuk Kura-kura Brazil KecilTips Memberi Makan yang Tepat untuk Kura-kura Brazil Kecil

“Kura-kura Brazil kecil perlu diberi makan lebih sering, karena mereka sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Pola makan reptil tersebut terdiri dari protein hewani dan tumbuhan. Selain memilih jenis makanan yang tepat, cara memberi makan pun perlu diperhatikan agar kura-kura Brazil kecil bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukannya untuk bertumbuh dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Kura-kura Brazil atau disebut juga kura-kura bertelinga merah adalah jenis hewan yang unik dan menarik. Apalagi bayi kura-kura Brazil yang masih kecil. Mereka merupakan salah satu reptil yang paling lucu, sehingga tidak heran bila banyak orang tertarik untuk memilikinya sebagai hewan peliharaan.  

Bila kamu juga tertarik untuk memelihara kura-kura Brazil kecil, kamu perlu memikirkan terlebih dahulu mengenai perawatan yang mereka butuhkan, seperti cara memberi makan yang tepat. Pasalnya, pemilihan dan pemberian makanan yang tepat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan kura-kura. Oleh karena itu, yuk simak tips memberi makan kura-kura Brazil kecil di sini.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula

Jenis Makanan yang Baik untuk Kura-kura Brazil Kecil

Kura-kura Brazil adalah hewan omnivora, yang artinya pola makan mereka terdiri dari kombinasi daging dan tumbuhan. Kura-kura Brazil yang masih kecil lebih banyak makan protein hewani daripada tumbuhan dengan perbandingan 70:30.  Oleh karena itu, pola makan untuk bayi reptil ini harus dimulai dengan makanan yang bisa memenuhi sisi karnivoranya.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk memberikan sayur-sayuran untuk kura-kura Brazil kecil. Memberikan sayur-sayuran sejak dini bisa memperkecil kemungkinan kura-kura kamu tidak mau makan sayur seiring bertambahnya usia. Hal ini akan memudahkan kamu nantinya karena sayur-sayuran akan menempati porsi yang signifikan dari makanan kura-kura Brazil dewasa.

Kura-kura Brazil kecil adalah pemakan yang rakus, sehingga harus diberi makan setiap hari. Seperempat dari makanan hewan peliharaan tersebut kamu harus berasal dari pelet, sedangkan sisanya harus berupa hewan kecil yang hidup. Untuk tumbuh-tumbuhan, hindari memberi sayuran berbahan dasar air dengan nilai gizi rendah, seperti mentimun, seledri, dan selada.

Berikut ini daftar makanan berprotein tinggi dan bergizi yang aman untuk kura-kura Brazil kecil:

  • Daging atau protein: siput air, jangkrik, cacing tanah, udang kering atau krill, belalang, ikan guppy, ulat, cacing lilin, dan kecebong. Untuk kura-kura Brazil kecil, hewan hidup tersebut harus dipotong menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.
  • Sayuran hijau: sawi, kale, dan bok choy. Selada berdaun hijau tua seperti romaine juga bisa diberikan, tetapi dengan porsi yang terbatas.
  • Tanaman air. Kura-kura juga suka makan tanaman air, seperti eceng gondok, duckweed, dan azolla.
  • Sayuran lainnya: wortel (baik bagian orange maupun sayuran di bagian atasnya), labu, dan kacang hijau. Sayuran bisa diparut atau dipotong kecil-kecil agar kura-kura Brazil kecil bisa lebih mudah memakannya.

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Tips Memberi Makan yang Tepat

Nah, setelah mengetahui jenis makanan yang tepat, berikut tips memberi makan kura-kura Brazil kecil yang tepat:

  • Berikan Berbagai Jenis Makanan

Kunci pola makan yang tepat bagi kura-kura Brazil kecil adalah variasi. Jangan hanya memberikan pelet setiap hari pada hewan peliharaan kamu tersebut, tetapi berikan juga berbagai jenis makanan lainnya sepanjang minggu agar kura-kura bisa mendapatkan berbagai macam vitamin. Berbagai makanan segar menawarkan lebih banyak nutrisi dalam bentuk yang berbeda yang bahkan bisa diserap lebih baik bila diberikan dalam keadaan alami. 

Selain itu, memvariasikan makanan juga bisa mencegah kura-kura Brazil kecil merasa bosan. Memberikan mangsa hidup juga memberi kesempatan bagi kura-kura untuk berolahraga dengan berburu dan mengejar makanan tersebut seperti yang mereka lakukan di alam liar. 

  • Beri Makanan Sebesar Kepala Kura-kura

Berikan kura-kura Brazil kecil makanan seukuran kepala mereka. Hal itu sekitar satu sendok makan penuh untuk kura-kura berukuran 4 inci. Kura-kura Brazil kecil tumbuh dengan cepat dan perlu lebih sering diberi makan daripada kura-kura dewasa. Berilah kura-kura Brazil kecil makan setiap hari sampai mereka berusia enam bulan, tapi dengan porsi yang kecil agar hewan reptil tersebut tidak kelebihan berat badan. Setelah 6 bulan, kamu bisa memberi mereka makan setiap dua hari sekali.

Untuk mencegah kura-kura tersedak, pastikan semua makanan dipotong kecil-kecil. Aturannya adalah pastikan potongan makanan tidak lebih besar dari jarak antara mata mereka.

  • Berikan Makanan di Air

Kura-kura Brazil kecil lebih suka makan di air daripada di darat. Memberi mereka makan cukup sederhana, cukup masukkan pelet dan makanan mereka ke dalam tangki. Bila kamu memberi makan di tangki utama, keluarkan makanan yang belum dimakan setelah 10 menit. 

Beberapa orang memilih untuk memberi makan kura-kura mereka di tangki terpisah. Hal ini untuk mencegah air di tangki utama kotor.

Baca juga: Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-Kura

Nah, sudah tahu kan cara memberi makan kura-kura Brazil yang tepat? Bila kura-kura kamu tiba-tiba tidak mau makan, jangan khawatir. Coba tanyakan saja pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan terpercaya dari Halodoc siap membantu kamu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu dengan memberi saran kesehatan yang tepat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Everything Reptiles. Diakses pada 2021. 8 Tips For Feeding & Caring For Baby Red Eared Sliders.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. What Should I Feed My Red-Eared Slider Turtle?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan