• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Snack Bar untuk Membantu Turunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Snack Bar untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Tips Memilih Snack Bar untuk Membantu Turunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Oktober 2022

“Ada banyak jenis snack bar yang bisa dipilih sebagai camilan saat diet. Namun, kamu harus mengetahui beberapa tips agar memilih yang paling tepat.”

Tips Memilih Snack Bar untuk Membantu Turunkan Berat BadanTips Memilih Snack Bar untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Pemilihan camilan saat berusaha untuk menurunkan tubuh benar-benar harus diperhatikan. Sebab, camilan dapat menahan rasa lapar pada tubuh, tetapi tidak semua baik dalam menjaga kelangsungan diet yang sedang dilakukan.

Ada banyak sekali makanan ringan yang sekarang ini sangat baik dalam mendukung program diet. Tentunya, pemilihan yang tepat diperlukan dengan mengetahui beberapa tipsnya. Nah, salah satu camilan yang bisa dipilih adalah snack bar. 

Cara Memilih Snack Bar yang Benar

Snack bar merupakan makanan ringan yang mudah dibawa ke mana-mana, serta mengandung lebih banyak nutrisi dengan jumlah kalori yang sedikit. Namun, benarkah makanan ini sangat mendukung dalam penurunan berat badan?

Faktanya, semua ini tergantung pada kandungan dalam makanan ringan tersebut. Sebagian besar snack bar memiliki jumlah karbohidrat dan serat yang menyehatkan, serta beberapa protein. Namun, ada juga yang mengandung gula tinggi bahkan kaya lemak trans.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih snack bar yang benar:

1. Lihat Bahan-Bahannya

Saat ingin membeli snack bar, coba baca daftar bahan yang ada. Bisa jadi produsen menambahkan lemak ekstra, gula, hingga bahan kimia lainnya, agar makanan ini terlihat atau terasa sehat, padahal tidak sesuai kenyataannya. Kadang, makanan ringan ini bahkan tidak lebih sehat daripada permen.

2. Cari Tahu Kandungan Lemak dan Gula

Kamu perlu memastikan jika snack bar yang dikonsumsi mengandung gula tidak lebih dari 2 gram dan juga 2 gram lemak jenuh, saat dimakan sebagai camilan. Sebab, lemak dan gula tambahan tersebut dapat meningkatkan peradangan pada tubuh, sehingga risiko alami jantung dan diabetes lebih tinggi.

Selain itu, alkohol gula juga bisa terdapat dalam snack bar yang dikonsumsi. Sebab, kandungan ini memiliki kalori yang lebih sedikit daripada gula. 

Ada beberapa masalah yang bisa terjadi karena alkohol gula, yaitu kram, kembung, dan diare. Hindari juga konsumsi melebihi 6 gram gula alkohol saat baru pertama kali mencobanya.

3. Cari Produk yang Kaya Serat

Pilih produk yang mengandung paling tidak 2-3 gram serat di dalamnya. Namun, berhati-hatilah terhadap serat artifisial, seperti akar chicory dan lainnya. Sebab, kandungan ini dapat menimbulkan perut kembuh saat dikonsumsi.

4. Ketahui Batas Protein

Banyak snack bar yang mengklaim sebagai produk kaya protein. Perlu dipahami, kandungan protein yang terdapat pada makanan ringan ini cukup 10 gram saja, jika digunakan sebagai pengganti makanan. Apabila dikonsumsi sebagai camilan atau suplemen, batas protein yang boleh dikonsumsi hanya 5 gram atau bahkan kurang.

Itulah beberapa tips dalam memilih snack bar yang perlu dipahami dengan tujuan menurunkan berat badan. Dengan menerapkan berbagai tips ini, diharapkan diet yang dilakukan bisa lebih sukses dengan bantuan makanan ringan ini sebagai camilan.

Apabila masih memiliki kebingungan lainnya terkait pemilihan camilan yang cocok saat diet, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. How to Choose the Best Health Bars.
NDTV. Diakses pada 2022. Nutrition Bars For Weight Loss: 5 Things To Remember While Choosing Energy Bars For Your Diet.