• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

Halodoc, Jakarta – Menerapkan gaya hidup sehat bisa menjadi hal yang susah-susah gampang. Apalagi, kalau sebelumnya pola hidup yang dijalani tergolong “berantakan” atau tidak teratur. Namun, gaya hidup sehat adalah hal yang penting diterapkan untuk membantu menjaga kebugaran tubuh serta menurunkan risiko terserang penyakit parah, seperti jantung koroner dan kanker. 

Kendati begitu, menerapkan gaya hidup sehat nyatanya tidak hanya bisa mencegah penyakit fisik tapi juga bisa membantu memelihara kesehatan mental. Menerapkan gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan harapan seseorang untuk hidup lebih lama. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Penerapan Gaya Hidup Sehat 

Lantas, kapan gaya hidup sehat perlu diterapkan? Jawabannya sekarang juga, secepat mungkin. Tidak perlu terlalu ekstrem, kamu bisa memulainya dengan perubahan pada kehidupan sehari-hari terlebih dahulu. Berikut beberapa perubahan kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat:

1.Jaga Asupan Makanan dan Berat Badan 

Gaya hidup sehat juga bisa ditunjukkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat. Nyatanya, menjaga pola makan bisa membantu menurunkan risiko penyakit, seperti diabetes. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang bisa membantu menurunkan atau menaikkan berat badan agar lebih ideal dan sehat. 

2.Aktif Bergerak dan Berolahraga 

Kalau kamu punya kebiasaan duduk diam atau tidak melakukan aktivitas fisik yang berarti dalam satu hari, sekarang saatnya berubah. Nyatanya, aktif bergerak serta rutin berolahraga adalah gaya hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, aktivitas fisik juga bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan tidak mudah sakit. 

Baca juga: 5 Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat

Olahraga secara teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, hingga menjaga kesehatan organ jantung. Tidak perlu terlalu memaksakan diri atau pergi ke pusat kebugaran, kamu bisa memulainya dengan lebih banyak melakukan aktivitas fisik dan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki atau joging. 

3.Kelola Stres 

Stres bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Namun, jangan sampai menyerah pada kondisi ini. Nyatanya, mengelola stres dengan baik adalah bagian dari penerapan gaya hidup sehat. Sebab, stres yang tidak dikontrol dengan baik bisa mengancam kesehatan mental, membuang energi, hingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. 

4.Perbaiki Pola Tidur 

Tidur adalah kebutuhan mendasar tubuh, tetapi tidak banyak orang yang sadar akan pentingnya pola tidur yang baik. Memperbaiki pola tidur adalah penerapan gaya hidup sehat yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis, termasuk hipertensi, diabetes, serta penyakit jantung. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam. Namun kebutuhan tidur bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi tubuh dan padatnya aktivitas harian. 

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Malas dengan Gaya Hidup Sehat

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit juga bisa menjadi salah satu langkah menerapkan gaya hidup sehat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menanyakan atau menyampaikan masalah kesehatan sehari-hari pada dokter. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan juga tips menerapkan gaya hidup sehat dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
World Health Organization‎. Diakses pada 2020. Healthy Living: What Is a Healthy Lifestyle?
Healthline. Diakses pada 2020. The Benefits of Healthy Habits.
WebMD. Diakses pada 2020. Healthy Living: Steps to Take Stock of Your Health.