• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Gaya Hidup Sehat agar Tetap Awet Muda

3 Gaya Hidup Sehat agar Tetap Awet Muda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Beragam cara dilakukan banyak orang terutama kaum hawa untuk tetap awet muda. Mulai dari lika-liku ramuan, olah tubuh, hingga kosmetika dijajal supaya kondisi tubuh tetap belia. Pertanyaannya, bagaimana sih cara agar tetap awet muda meski usia makin bertambah? Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba. 

1.Keistimewaan Olahraga

Gaya hidup sehat agar tetap awet muda tentu melibatkan rutinitas fisik. Buku berjudul Sehat Itu Murah menyebutkan, makanan utama bagi kulit berasal dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, zat gizi dalam menu harian harus lengkap dan memadai.

Nah, cara agar semua zat gizi dalam darah tiba ke permukaan kulit, maka aliran darah harus lancar dan deras agar mengalir sampai ke ujung-ujung permukaan kulit. Peredaran darah bisa lancar dengan berolahraga. 

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

“Berolahraga dan bergerak badan syarat utama menyehatkan kulit. Perias kulit hanya lapisan semu. Maka, menyehatkan kulit dari dalam jauh lebih penting,” jelas dr. Handrawan Nadesul dalam bukunya.  

Nah, dari banyaknya jenis olahraga, yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu coba. Buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga mengungkapkan, ada tiga asana (olahpostur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Salah satu olahposturnya bernama Sirsasana. 

Pose ini paling penting dalam asana yoga. Sirsasana memberikan suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tapi juga psikis. 

Menariknya lagi, pose ini juga baik untuk wajah. Pose ini bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi sehingga tidak mudah mengendur. 

2.Bantu Lewat Asupan Gizi

Cara agar tetap awet muda tak cukup bila hanya mengandalkan olahraga. Makanan utama bagi kulit berasal dari dalam tubuh. Lalu, apa saja sih makanan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit agar tetap tampak awet muda? Banyak kok, contohnya: 

  • Alpukat: Kaya vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal. Keduanya bisa membuat kulit tetap lembap, mencegah kulit menua, dan mengurangi peradangan. 
  • Bluberi. Buah ini kaya vitamin A dan C, serta antioksidan yang disebut dengan antosianin. Nah, antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi. Antioksidan mencegah peradangan dan hilangnya kolagen dari kulit.
  • Minyak zaitun: Dengan vitamin E, lemak tak jenuh, dan omega-3, yang terkandung di dalamnya, minyak ini bisa melindungi kulit dari sinar UV dan membantu memperbaiki kulit kering dan eksim.
  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan kaya akan vitamin E yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sel oksidatif. 

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Selain empat makanan di atas, masih ada beragam makanan lainnya yang bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Kamu bisa bertanya langsung pada pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai makanan yang baik untuk kulit.

3.Cukupi Kebutuhan Tidur

Jelas amat keliru bila kamu beranggapan tidur hanya menyebabkan kantuk dan badan terasa kurang segar saja. Pasalnya, kekurangan tidur bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan, termasuk bagi kulit kita. Contohnya, kekurangan tidur bisa menimbulkan garis-garis halus dan kerutan dua kali lebih banyak, komplit dengan lingkaran hitam di bawah mata. 

“Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan dan menghilangkan racun dari kulit, “kata Dr Guy Meadows, pendiri The Sleep School, sekaligus ahli tidur terkemuka dari Inggris.

Selanjutnya, bagaimana dengan durasinya? Menurut ahli di National Sleep Foundation orang dewasa muda (18-25 tahun) dewasa (26-64 tahun) perlu beristirahat selama 7-9 jam tiap malamnya. 

Baca juga: Manfaat Tidur Berkualitas bagi 5 Organ Tubuh

Nah, kesimpulannya, cara agar tetap awet muda atau mendapatkan kulit dambaan tak cukup dipoles dari luar saja dengan perias dan alat make up. Sebab, kesehatan kulit sejati muncul dari dalam tubuh.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Sehat Itu Murah.  Dr. Handrawan Nadesul
Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga. Erikar Lebang. 
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Anti-Aging Foods to Support Your 40s-and-Beyond Body
The Telegraph - UK. Diakses pada 2020. How a bad night's sleep wrecks your skin
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Recommends New Sleep Times