• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Titik Tubuh yang Perlu Ditekan saat Sakit Kepala

5 Titik Tubuh yang Perlu Ditekan saat Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Saat pekerjaan di kantor menumpuk, tugas perkuliahan memasuki tenggat waktu, kurang istirahat, beberapa orang kerap mengalami sakit kepala. Kondisi ini adalah hal yang wajar, dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Obat mungkin jadi pilihan utama untuk mengobati sakit kepala.

Namun, pernahkah kamu masih merasakan sakit kepala meski sudah minum obat yang disarankan dokter? Mungkin kamu bisa mencoba cara alternatif lain untuk mengatasinya, seperti dengan melakukan pijatan. Namun, sayangnya tidak semua orang paham teknik memijat tubuh saat sakit kepala. 

Baca juga: Apakah Benar Nyeri Otot Dapat Disembuhkan dengan Pijat?

Pijatan untuk Atasi Sakit Kepala

Titik-titik tekanan adalah bagian-bagian tubuh yang diyakini ekstra sensitif dan mampu merangsang efek relaksasi pada tubuh. Praktisi refleksologi, disiplin ilmu pengobatan Tiongkok, percaya bahwa menyentuh titik-titik tekanan dengan cara tertentu dapat mengatasi beberapa hal, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan;

  • Meringankan rasa sakit;

  • Mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Hingga kini memang belum banyak studi yang mendukung penggunaan refleksologi untuk mengobati sakit kepala. Namun, dalam studi berjudul Massage Therapy and Frequency of Chronic Tension Headaches yang dipublikasikan National Institutes of Health, para ilmuwan telah menyelidiki efek pijatan dalam meringankan sakit kepala tegang kronis yang dilakukan dua hingga tiga kali per minggu selama enam bulan. 

Studi tersebut mengungkapkan, pijatan terbukti efektif mengurangi jumlah sakit kepala pada setiap subjek dalam minggu pertama perawatan. Pada akhir periode perawatan, jumlah rata-rata sakit kepala yang dirasakan subjek penelitian turun dari hampir tujuh sakit kepala per minggu menjadi hanya dua per minggu. Durasi rata-rata sakit kepala subjek juga berkurang setengah selama periode pengobatan, dari rata-rata delapan jam menjadi rata-rata empat jam.

Baca juga: 3 Fakta tentang Sakit Kepala yang Harus Diketahui

Titik Pijatan untuk Atasi Sakit Kepala

Melansir dari Healthline, ada beberapa titik tekanan terkenal di dalam tubuh yang diyakini bisa meredakan sakit kepala, antara lain: 

  • Union Valley

Titik-titik ini terletak di area antara ibu jari dan jari telunjuk. Untuk mengobati sakit kepala, kamu bisa melakukan hal, seperti:

Mulailah dengan mencubit area ini dengan ibu jari dan jari telunjuk tangan yang berlawanan dengan kuat - tetapi tidak menyakitkan - selama 10 detik. Selanjutnya, buat lingkaran kecil dengan ibu jari pada area ini dalam satu arah dan kemudian lainnya, masing-masing selama 10 detik. Jenis perawatan pada titik tekanan ini diyakini dapat meredakan ketegangan di kepala dan leher. 

  • Drilling Bamboo 

Titik ini terletak di lekukan di kedua sisi tempat jembatan hidung bertemu dengan punggungan alis. Gunakan kedua jari telunjuk untuk memberikan tekanan kuat ke kedua titik sekaligus dan tahan selama 10 detik. Lepaskan dan ulangi. Menyentuh titik-titik tekanan ini mampu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan mata atau tekanan atau sinus.

  • Gates of Consciousness

Titik ini terletak di pangkal tengkorak di daerah berongga paralel antara dua otot leher vertikal. Tempatkan telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan ke titik-titik tekanan ini. Tekan dengan kuat ke atas pada kedua sisi sekaligus selama 10 detik, lalu lepaskan dan ulangi. Pijatan pada area ini membantu meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan di leher.

  • Third Eye

Titik di antara mata juga bisa dipijat selama satu menit. Beri tekanan kuat untuk meringankan kelelahan mata dan tekanan sinus yang sering menyebabkan sakit kepala.

  • Shoulder Wheel

Pijatan pada sumur bahu (area tengah bahu) dapat ditekan dengan gerakan melingkar selama satu menit. Kemudian beralih dan ulangi di sisi yang berlawanan. Pijatan pada titik ini membantu meringankan kekakuan pada leher dan bahu, meredakan sakit leher, dan mencegah sakit kepala yang disebabkan oleh sensasi semacam ini.

Baca juga: Kenali Bedanya Jenis-Jenis Sakit Kepala

Jika sakit kepala tidak kunjung hilang dan kamu mencurigainya terjadi akibat kondisi lain, maka lebih baik periksakan diri ke rumah sakit. Segera buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Best Pressure Points to Treat Headaches.
Memorial Sloan Kettering Cancer Center. Diakses pada 2020. Acupressure for Pain and Headaches.