• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Tradisi yang Biasa Dilakukan saat Tahun Baru Cina

Ini Tradisi yang Biasa Dilakukan saat Tahun Baru Cina

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Tahun Baru Cina atau lebih dikenal dengan istilah Imlek menjadi salah satu hari raya besar yang dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa di berbagai penjuru dunia setiap tahun, termasuk Indonesia. Sebenarnya, kata Imlek ini bukan sekadar istilah yang disematkan, lho. Kata Im berbarti bulan, sementara Lek memiliki arti tanggal. Jadi, Imlek mengacu pada penanggalan yang berdasarkan bulan. 

Nah, Imlek biasanya jatuh setiap tanggal 1 ketika bulan pertama muncul pada awal tahun datangnya musim semi. Seperti halnya hari raya besar lain, pasti ada tradisi yang dilakukan secara turun-temurun pada perayaan Imlek ini. Tradisi Tahun Baru Cina ini terbilang unik, lho. Apa saja sih? Nih, supaya kamu tidak penasaran, berikut beberapa kegiatan yang selalu dilakukan ketika perayaan Imlek:

  • Dekorasi Serba Merah

Pasti kamu menyadari bahwa mendekati hari raya Imlek, rumah-rumah, gedung kantor, atau pusat belanja dipenuhi dengan dekorasi berwarna merah. Ya, merah menjadi warna utama yang identik dengan Imlek, karena warna ini diyakini oleh masyarakat etnis Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran. Biasanya, ada dekorasi khusus yang disesuaikan dengan tahun tersebut. Misalnya, tahun ini adalah tahun tikus, jadi akan ada dekorasi khas hewan ini di setiap rumah. 

Baca juga: 6 Makanan Khas nan Sehat saat Imlek

  • Waktunya Berkumpul Bersama Keluarga

Kalau ini sih sudah pasti, ya. Tidak cuma ketika Imlek, semua hari raya besar sepertinya memang menjadi waktu terbaik untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga besar. Nah, pada perayaan Imlek, berkumpul bersama keluarga juga diisi dengan acara makan malam dengan aneka menu khas Imlek. Sama halnya dengan masyarakat Indonesia kalau menyambut pergantian tahun, masyarakat Cina terbiasa begadang untuk menyambut datangnya tahun baru mereka. 

Baca juga: Identik dengan Warna Merah, 6 Tempat Ini Makin Meriah saat Imlek

Namun, kamu harus tetap menjaga kesehatan, ya. Jangan sampai kelelahan dan sakit mengambil kesenangan yang sedang dirasakan bersama dengan keluarga. Kalau kamu sudah merasa tidak enak badan, tanyakan pada dokter untuk mendapatkan solusi dan penanganan. Lebih mudah kok, sekarang ada aplikasi Halodoc yang bisa kamu pakai kapan saja. Tidak hanya bertanya pada dokter, kamu bisa pakai aplikasi ini untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

  • Membagikan Angpao

Tradisi Tahun Baru Cina yang paling khas selain dekorasi warna merah adalah amplop merah atau kerap dikenal dengan angpao. Tentu saja, amplop ini berisikan uang dengan nominal yang berbeda, biasanya diberikan kepada anak-anak dan para pensiunan. Sama halnya seperti dekorasi, pemilihan warna merah pada amplop ini pun diharapkan mampu membawa keberuntungan bagi siapa saja yang mendapatkannya. 

  • Menonton Barongsai Menari

Tidak terlupa, menonton barongsai menari bersama-sama setelah beribadah. Pertunjukan berupa singa menari dengan warna merah dan kuning ini katanya juga diharapkan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi setiap masyarakat Cina. Uniknya, para penari sangat lincah dan gemulai, sehingga barongsai benar-benar terlihat seperti hidup. Sang barongsai menari dengan mengusir naga, yang dipercaya menjadi simbol dari roh jahat. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat Imlek untuk Kesehatan

Nah, itu tadi beberapa tradisi unik Tahun Baru Cina yang memang selalu ada setiap tahun. Kamu sudah pernah mengikuti tradisi ini sebelumnya? 

Referensi: 
Chinese New Year. Diakses pada 2020. 21 Things You Didn’t Know About Chinese New Year.
Livescience. Diakses pada 2020. Chinese New Year: Customs & Traditions.
China Highlights. Diakses pada 2020. Chinese New Year (Dates, Traditions, Animal Signs).