• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Turunkan Kolesterol, Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan Seafood

Turunkan Kolesterol, Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan Seafood

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pada kadar yang normal, keberadaan kolesterol dalam tubuh sebenarnya memiliki fungsi. Mengutip dari jurnal berjudul Your Guide to Lowering Your Cholesterol With TLC, yang dipublikasikan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute, US National Institutes of Health, kolesterol diibaratkan zat lilin seperti lemak yang ditemukan pada dinding sel di semua bagian tubuh, mulai dari sistem saraf hingga jantung. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon, asam empedu, vitamin D, dan zat lainnya.

Meski beredar dalam aliran darah, kolesterol tidak bisa bepergian dengan sendirinya. Ibarat minyak dan air, kolesterol yang berlemak dan darah yang berair tidak dapat tercampur. Kolesterol bergerak dalam paket bernama lipoprotein, yang memiliki lemak di bagian dalam dan protein di bagian luar. Karena tidak dapat tercampur dalam darah, kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Agar Kolesterol Tak Naik Usai Makan Seafood

Pengidap kolesterol tinggi perlu memerhatikan betul-betul semua makanan yang dikonsumsinya, termasuk ketika mengonsumsi seafood atau makanan laut. Meski kaya akan protein dan asam lemak omega-3, seafood juga tinggi kolesterol, sehingga dapat menjadi musuh bagi pengidap kolesterol tinggi, lho. Nah, agar kolesterol tak naik usai makan seafood, coba lakukan beberapa tips berikut:

1. Olah dengan Benar

Makanan yang kaya gizi pun bisa rusak dan berubah menjadi makanan yang tidak sehat, jika tidak diolah dengan benar. Hal ini juga berlaku bagi seafood. Karena makanan yang digoreng adalah musuh pengidap kolesterol tinggi, maka menggoreng seafood adalah hal yang salah. Cara paling baik untuk mengolah hidangan laut bagi pengidap kolesterol tinggi adalah memanggang, merebus, mengukus, atau menumisnya.

Hindari menggoreng seafood dengan minyak sayur atau minyak jelantah. Jika memang ingin menggunakan minyak, gunakanlah jenis minyak lain yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak canola, agar kolesterol tetap terjaga. Jika ingin tahu jenis minyak apa lagi yang baik digunakan pengidap kolesterol tinggi, kamu bisa tanyakan pada dokter gizi di aplikasi Halodoc.

Baca juga: Makan Seafood yang Hidup, Lebih Sehat?

2. Lakukan Olahraga

Mengonsumsi seafood dalam jumlah yang banyak sebenarnya boleh-boleh saja. Asalkan setelah itu kamu berolahraga. Sebab, olahraga merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa olahraga yang cocok untuk pengidap kolesterol adalah aerobik, lari, berenang, atau bersepeda. Lakukanlah olahraga tersebut secara rutin minimal 30 menit per hari, tak hanya setelah makan seafood saja. Dengan begitu, kamu mungkin bisa makan seafood sepuasnya tanpa rasa bersalah.

3. Minum Air Hangat

Makan makanan berlemak dengan minum air dingin atau es merupakan kombinasi tak sehat yang dapat tingkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuhmu. Oleh karena itu, setelah makan seafood, usahakanlah untuk minum air putih biasa atau air hangat. Minum air hangat setelah mengonsumsi seafood dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan dan mengeluarkan kolesterol dari makanan laut yang kamu konsumsi.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi karena Kolesterol Tinggi

4. Makan Buah dan Sayur

Menjadikan aneka seafood sebagai menu utama boleh saja, tetapi jangan lupakan buah dan sayur juga, ya. Mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu penuhi kebutuhan serat dalam tubuh, serta menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain itu, buah-buahan juga mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Beberapa buah yang bisa kamu nikmati setelah mengonsumsi seafood adalah apel, pir, stroberi, blueberry, pepaya, jeruk, dan jambu biji.

5. Jangan Langsung Berbaring

Selain dapat meningkatkan asam lambung, langsung berbaring usai makan juga tak baik bagi kadar kolesterol, lho. Apalagi jika kamu habis mengonsumsi seafood, energi dan kalori yang masuk ke tubuh akan berubah menjadi lemak dan kadar kolesterol pun meningkat. Oleh karena itu, tunggulah minimal 3 jam jika ingin berbaring setelah makan, atau cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, usai mengonsumsi seafood.

 

Referensi:
National Heart, Lung, and Blood Institute, US National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Your Guide to Lowering Your Cholesterol With TLC.
American Heart Association. Diakses pada 2020. Cooking to Lower Cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels.