Untuk Mental Kuat, Ini 5 Tips untuk Hentikan Overthinking

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Januari 2021
Untuk Mental Kuat, Ini 5 Tips untuk Hentikan OverthinkingUntuk Mental Kuat, Ini 5 Tips untuk Hentikan Overthinking

Halodoc, Jakarta - Hal yang wajar jika kamu berpikir terlebih dulu sebelum bertindak. Namun, jika terlalu berlebihan hingga menguras waktu dan tenaga, bisa jadi kamu tengah mengidap overthinking. Overthinking yang dibiarkan begitu saja bukan hanya berdampak pada kesehatan mental saja, tetapi juga fisik seseorang. Kondisi ini awalnya muncul karena selalu merasa khawatir akan sesuatu hal, mulai dari masalah sepele, hingga trauma

Memiliki pemikiran yang terlalu berlebihan akan sesuatu hal sangat melelahkan. Apalagi jika kamu memiliki banyak aktivitas lain yang harus dikerjakan sesuai deadline. Lantas, bagaimana tips berhenti overthinking? Jika kamu adalah salah satu orang yang kerap berpikir berlebihan, begini cara berhenti dan keluar dari kondisi tersebut:

Baca juga: Inilah Kunci Utama dalam Menghadapi Keluarga Disfungsional

1. Jangan Memikirkan Hal-Hal Sepele

Tips berhenti overthinking yang pertama adalah jangan memikirkan hal-hal sepele. Banyak hal yang dialami di hidup ini. Jangan khawatirkan masalah kecil dalam hidup, seperti ingin memakai baju apa pada momen tertentu. Keputusan tersebut seharusnya tidak menyita banyak pikiran dan pertimbangan besar. Jadi, lebih bijaklah dalam menggunakan pikiranmu, ya.

2. Berpikir secara Konstruktif

Beberapa orang memikirkan masalahnya sendiri hingga overthinking. Tips berhenti overthinking selanjutnya adalah dengan berpikir secara konstruktif. Pikiran buruk mengenai angan-angan akan kondisi yang belum tentu terjadi dapat membentuk pola pikir, sehingga keadaan menjadi semakin parah. Daripada berangan-angan, coba untuk pikirkan solusi. Singkirkan kekhawatiran yang belum tentu terjadi dengan penyelesaian masalah.

Baca juga: Punya Sahabat Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

3. Temukan Akar Masalahnya

Tips berhenti overthinking selanjutnya dapat dilakukan dengan menemukan akar masalah. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Temukan sumber kekhawatiran berlebihan yang kamu rasakan. Overthinking pasti ada hal-hal yang mendasari. Jadi coba pikirkan, dan ingat bahwa tekanan yang dirasakan tidak sebesar kelihatannya jika dihadapi dan diselesaikan.

4. Menerima Keadaan

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk berhenti overthinking adalah mulai menerima keadaan. Banyak orang yang mencoba menerka-nerka sesuatu, padahal belum terjadi. Cobalah untuk menerima keadaan saat ini. Kesalahan yang pernah dilakukan dapat kamu anggap sebagai pelajaran hidup. Kamu bisa memandang kesalahan dari segi positif, agar ke depan tidak terjerumus dalam masalah yang sama.

5. Ikuti Kata Hati

Salah satu tips berhenti overthinking yang kerap dilakukan adalah mengikuti kata hati. Firasat atau intuisi ini terjadi secara alamiah saat seseorang dihadapkan pada situasi sulit. Jika diulas kembali, jauh sebelum seseorang secara sadar membuat keputusan, firasat telah lebih dulu melakukannya. Beberapa orang juga lebih mengikuti kata hati, karena akan jauh lebih sulit menjadi objektif setelah membedah masalah. Selain itu, kamu juga memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

Baca juga: Bagaimana Membedakan Marah yang Sehat dan Tidak Sehat?

Itulah sejumlah tips berhenti overthinking yang dapat dilakukan. Ingat, kebiasaan yang satu ini bukan hanya menyita waktu dan pikiran saja, tetapi juga menggerogoti kesehatan mental dan fisikmu. Jaga selalu kesehatan tubuh dengan selalu berpikir positif dan konsumsi suplemen atau multivitamin tambahan yang kamu butuhkan. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “beli obat” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. 6 Tips to Stop Overthinking.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Stop Overthinking: 8 Tips From a Therapist.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan