Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan dengan Skincare?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Januari 2022
Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan dengan Skincare?Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan dengan Skincare?

"Saat anak remaja sudah mulai mengalami masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan sebagainya, maka ini tanda bahwa mereka sudah perlu menggunakan produk skincare. Namun, remaja harus memilih dengan tepat produk, dan pastikan tidak mengandung parfum atau pewangi dan bahan berbahaya lainnya. Tiga produk yang mereka butuhkan adalah pembersih wajah, pelembap dan tabir surya."


Halodoc, Jakarta - Hadirnya masa puber pada remaja ditandai dengan banyaknya perubahan yang terjadi pada tubuh, termasuk wajah, kulit, hingga rambut. Nah, salah satu yang paling sering terjadi adalah munculnya masalah pada kulit wajah, entah itu berjerawat, komedo, atau minyak berlebih. 


Bisa dibilang, masa puber anak adalah masa krusial, karena ia sedang menghadapi fase baru dalam hidupnya. Seperti halnya masalah pada kulit wajah yang jika tidak segera mendapatkan penanganan, dampaknya baru akan terasa kemudian. Kulit wajah menjadi lebih kusam, tanda penuaan dini bermunculan, dan bekas jerawat tak mau hilang.

Sebagai orangtua, sudah sepantasnya ayah dan ibu memberikan pendampingan dan dukungan maksimal ketika anak sedang berada pada fase pubertas. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan wajah menggunakan sederetan produk perawatan tertentu, mulai dari pembersih muka, hingga serum dan pencerah.

Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Skincare pada Anak

Ternyata, ada masanya kapan anak pertama kali boleh menggunakan produk perawatan wajah. Jadi, pemberiannya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa anak yang mungkin memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, sehingga memberikan produk skincare yang asal justru bisa membuat masalah kulit yang terjadi semakin buruk.

Namun, kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan skincare pada anak? Sudah pasti, ketika anak masuk pada fase pubertas dan mengalami masalah pada kulit wajah mereka. Ini, biasanya, terjadi pada rentang usia antara 12 hingga 17 tahun. Jadi, pada usia ini ibu boleh mengenalkan skincare pada anak.

Lalu, bagaimana ibu mengenalkan skincare pada anak dengan cara yang tepat? Sebaiknya dampingi anak dan mulailah mengenalkan produk perawatan wajah yang ringan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan efek samping yang mungkin muncul pada wajah pada anak.

Jika memang diperlukan, ibu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di klinik kecantikan. Atau bisa juga tanya jawab langsung dengan dokter ahli kulit di aplikasi Halodoc. Jadi, ibu tidak lagi keliru ketika hendak mengenalkan skincare pada anak. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Ibu, Ketahui Produk Skincare yang Boleh Dikenalkan pada Anak

Produk pembersih wajah menjadi jenis produk kecantikan pertama yang bisa ibu kenalkan pada sang buah hati. Sebaiknya, rekomendasikan anak untuk menggunakan produk pembersih wajah yang tidak mengandung detergen atau tidak menghasilkan banyak busa ketika digunakan dan tanpa kandungan wangi atau parfum.

Selain itu, ibu juga bisa mengenalkan anak produk pelembap wajah. Pastinya, pelembap berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit ketika anak sedang beraktivitas di luar, seperti sekolah atau berolahraga dan bermain bersama teman sebayanya. 

Tidak ketinggalan, tabir surya dengan kandungan SPF maksimal 30 persen ketika sedang berada di luar ruangan dan produk dengan SPF yang lebih tinggi jika anak beraktivitas. Kalau ibu masih bingung bagaimana cara menentukannya, lihat dari densitasnya. Semakin padat dan lengket di kulit, berarti kadar SPF pada produk tersebut semakin tinggi.

Ibu, tidak ada salahnya untuk selalu mendampingi anak untuk menentukan perawatan wajah yang akan digunakan. Dengan begitu, anak mendapatkan arahan yang tepat dan tidak asal dalam menggunakan produk skincare


Referensi: 
School of Parenting. Diakses pada 2021. Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Skincare pada Anak?
Kids & Skincare. Diakses pada 2021. What’s Appropriate at What Age?
Daily Vanity. Diakses pada 2021. How Young Should You Start Using Skincare Products.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan