• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin Moderna Khusus Omicron Siap Disebar Agustus 2022
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin Moderna Khusus Omicron Siap Disebar Agustus 2022

Vaksin Moderna Khusus Omicron Siap Disebar Agustus 2022

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Juni 2022

“Moderna akan merilis vaksin khusus untuk omicron pada Agustus 2022. Hal ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut, terutama varian baru, yaitu BA.4 dan BA.5.”

Vaksin Moderna Khusus Omicron Siap Disebar Agustus 2022Vaksin Moderna Khusus Omicron Siap Disebar Agustus 2022

Halodoc, Jakarta – Para perusahaan vaksin terus mengembangkan cara untuk mengatasi penyebaran virus corona, terutama varian omicron. Salah satu produsen vaksin COVID-19,Moderna, segera merilis vaksin khusus untuk varian omicron yang efektivitasnya tentu lebih tinggi. 

Vaksin Omicron dari Moderna akan Dirilis pada Agustus Ini

Dalam rilis yang diterbitkan, Moderna yang sedang mengembangkan vaksin COVID-19, menawarkan perlindungan terhadap varian virus omicron. Mereka berencana untuk didistribusikan ke publik pada Agustus 2022. Suntikan vaksin ini disebut juga dengan mRNA-1273.214, yang dipersiapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih lanjut.

Bahkan, data uji klinis menunjukkan jika vaksin rilisan Moderna ini sangat efektif melawan virus omicron subvarian BA.4 dan BA.5. Berbeda dengan versi vaksin “monovalen” yang ada saat ini hanya dirancang untuk menargetkan jenis virus asli. Untuk vaksin terbaru Moderna juga menargetkan varian omicron.

Pihak Moderna juga mengungkapkan jika produknya akan siap dikirim menjelang akhir Agustus hingga awal September. Hal ini memang sejalan dengan kekhawatiran dari subvarian BA.4 dan BA.5 di Amerika Serikat yang bahkan sampai 35% dari jumlah kasus yang ada. Varian ini memang sudah menjadi ancaman pada masyarakat global.

Vaksin kombinasi tidak sekuat terhadap semua varian Omicron, menunjukkan bahwa antibodi terhadap BA.4 dan BA.5 kira-kira tiga kali lebih rendah daripada varian BA.1 yang lebih lama. Dalam studi terakhir yang dilakukan diketahui jika vaksin ini memang mampu menciptakan respons antibodi yang kuat terhadap BA.4 dan BA.5 terlepas dari pernah terinfeksi sebelumnya.

Sejauh ini memang baru dua perusahaan saja yang memiliki rencana untuk mengembangkan vaksin khusus omicron, yaitu Moderna dan Pfizer. Bahkan, WHO juga sudah mengizinkan penelitian dan pembuatan vaksin jenis baru ini untuk pencegahan penyebaran varian baru yang disebut-sebut lebih mudah menyebar.

Vaksin baru ini sedang dalam pengembangan klinis dan terus diuji secara ketat terkait efektivitas dan keamanannya. WHO mungkin akan mengeluarkan izin penggunaan darurat jika dirasa sudah layak untuk digunakan oleh masyarakat. Dengan harapan, semua orang bisa terhindar dari serangan virus corona varian baru tersebut.

Syarat Mendapatkan Vaksin Khusus Omicron

WHO menyebutkan jika vaksin virus corona yang dimodifikasi dapat diberikan sebagai dosis booster untuk meningkatkan kekebalan dari penyakit COVID-19, terutama varian baru. Vaksin ini telah disesuaikan dengan varian yang menyebar dan dapat memberikan manfaat bagi seseorang yang telah mendapatkan vaksin utama secara lengkap.

Penggunaan secara global akan dilakukan setelah mendapatkan otorisasi penggunaan darurat dari para otoritas. Meski begitu, vaksin tambahan ini belum terdengar akan masuk ke Indonesia atau tidak. Sebab, kemungkinan besar akan berfokus di Amerika Serikat terlebih dahulu karena penyebarannya cukup tinggi.

Itulah pembahasan mengenai vaksin khusus omicron yang akan dirilis oleh Moderna pada Agustus ini. Dengan adanya vaksin booster ini, diharapkan angka penyebarannya benar-benar bisa ditekan dan kehidupan bisa berjalan dengan normal.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk tahu lebih jauh tentang vaksin khusus omicron. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya menggunakan smartphone. Maka dari itu, gunakan segera aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Live Mint. Diakses pada 2022. Omicron-specific COVID vaccines coming soon: How they should be used?
CBS News. Diakses pada 2022. Moderna CEO says new COVID-19 variant shot will be ready by August.
Web MD. Diakses pada 2022. Moderna Says COVID Booster ‘Potent’ vs Newer Omicron Variants.