• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin Moderna Sudah Dapat Izin BPOM dan Siap Digunakan

Vaksin Moderna Sudah Dapat Izin BPOM dan Siap Digunakan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Vaksin Moderna Sudah Dapat Izin BPOM dan Siap Digunakan

“Indonesia akan mendapatkan 4 juta vaksin COVID-19 jenis Moderna dalam waktu dekat. Vaksin Moderna dinilai relatif lebih aman untuk orang dengan penyakit bawaan (komorbid) dan ibu hamil. Kekhawatiran akan semakin melonjaknya kematian ibu hamil karena corona menjadi isu yang dicermati dan vaksin Moderna diharapkan bisa menjadi salah satu solusi.

Halodoc, Jakarta – Kabar baik datang di tengah kondisi pandemi corona yang makin meningkat di Indonesia. Vaksin Moderna yang memiliki efikasi 94 persen sudah mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan rencananya akan masuk ke Indonesia pada Juli ini.

Sejauh ini vaksin Moderna digunakan untuk program pemerintah, bukan program gotong royong atau vaksinasi mandiri. Siapa saja yang akan mendapatkan vaksin Moderna belum diketahui dengan jelas.

Aman untuk Ibu Hamil dan Orang dengan Penyakit Bawaan

Indonesia akan mendapatkan 4 juta vaksin COVID-19 jenis Moderna dalam waktu dekat. Vaksin ini disumbangkan oleh Amerika Serikat untuk Indonesia. Vaksin Moderna dinilai relatif lebih aman untuk orang dengan penyakit bawaan (komorbid). Selain itu, Moderna juga diyakini efektif mencegah COVID-19 varian baru seperti Alpha, Beta, dan Gamma. 

Vaksin Moderna dikabarkan juga aman digunakan untuk ibu hamil. Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan Moderna untuk digunakan ke ibu hamil. Vaksin Moderna disarankan untuk diberikan kepada ibu hamil dengan kehamilan di atas 12 minggu atau maksimal 33 minggu. Sampai saat ini BPOM belum memberikan keterangan resmi apakah memang benar Moderna bisa diberikan pada ibu hamil. 

Baca juga: Ini 4 Risiko yang Terjadi pada Ibu Hamil yang Positif Corona

Selain Moderna, jenis vaksin lain seperti Pfizer, AstraZeneca, Sinovac, dan Sinopharm juga direkomendasikan diberikan kepada ibu hamil. Pemberian vaksin ini menjadi pertimbangan mengingat angka ibu hamil yang mengalami infeksi COVID-19 cukup signifikan, belum lagi tingkat kematian pada ibu hamil yang terinfeksi COVID-19.

Kekhawatiran akan semakin melonjaknya kematian ibu hamil karena corona menjadi isu yang dicermati oleh POGI. Apalagi sampai saat ini vaksinasi dan prokes dinilai menjadi langkah paling ampuh untuk mencegah COVID-19. 

Spesifikasi Vaksin Moderna

Moderna adalah vaksin yang mengandung mRNA dan tidak menggunakan virus hidup untuk memicu respons imun. Sebaliknya, Moderna akan mengajari sel tubuh cara membuat protein yang akan memicu respons imun. 

Setelah dipicu, tubuh membuat antibodi yang membantu tubuh melawan infeksi jika virus yang sebenarnya masuk ke tubuh di masa depan. Para peneliti telah mempelajari dan bekerja dengan vaksin mRNA sebelumnya. mRNA digunakan untuk flu, Zika, rabies, dan cytomegalovirus (CMV). Para peneliti juga menggunakan mRNA untuk memicu sistem kekebalan untuk menargetkan sel kanker tertentu.

Baca juga: Gejala Varian Baru COVID-19, Tak Lagi Didominasi Demam

Vaksin mRNA dapat dikembangkan lebih cepat daripada metode tradisional karena dibuat di laboratorium menggunakan bahan yang mudah didapat. Setelah dikembangkan, uji klinis skala besar dilakukan untuk menunjukkan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif.

Pemberian vaksin mRNA akan membuat orang yang mendapatkan vaksin tidak akan mendapatkan konsekuensi serius dari sakit akibat virus di masa yang akan datang. Jika kamu mendapatkan vaksin mRNA, kamu tidak akan mendapatkan COVID-19 karena pemberian vaksin tersebut.

Baca juga: Mutasi Virus Corona dan Mutasi mRNA Terbatas

Itulah informasi mengenai vaksin Moderna yang sudah mendapat izin BPOM dan siap digunakan. Kalau kamu punya pertanyaan lain mengenai vaksinasi, hubungi saja dokter Halodoc untuk mendapatkan informasi lebih detailnya. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Detik Health. Diakses pada 2021. Sudah Dapat Izin BPOM RI, Vaksin COVID-19 Moderna Halal?
Detik Health. Diakses pada 2021. RI Dapat 4 Juta Vaksin COVID-19 Moderna, Bakal Dipakai untuk Siapa?
Kompas.com. Diakses pada 2021. Vaksin Moderna Segera Dipakai di Indonesia, Bisakah untuk Ibu Hamil?Canada.ca. Diakses pada 2021. COVID-19 mRNA vaccines.