• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Seberapa Penting?

Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Seberapa Penting?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Seberapa Penting?

Halodoc, Jakarta – Vitamin C adalah vitamin yang dikenal akan manfaatnya dalam melawan flu. Bila anak terserang flu, salah satu cara yang bisa ibu lakukan agar anak cepat sembuh adalah dengan memberinya vitamin C. 

Namun, tidak hanya saat flu saja, memberikan vitamin C untuk anak setiap hari juga penting karena bisa membantu menjaga daya tahan tubuh Si Kecil tetap kuat. Berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Manfaat Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Vitamin C atau dikenal juga sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang bisa ditemukan dalam banyak makanan yang umum, seperti buah jeruk, apel, beri, kentang dan paprika. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen makanan.

Memberikan vitamin C untuk anak penting karena bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Vitamin C membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan dalam tubuh anak.

Vitamin ini juga membantu gusi Si Kecil tetap sehat dan memperkuat pembuluh darahnya, sehingga meminimalkan memar karena jatuh dan goresan. Vitamin C juga membantu menyembuhkan luka, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan.

Namun, salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal, tentu saja adalah perannya dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Ahli gastroenterology anak, Kadakkal Radhakrishnan, MD, menjelaskan bahwa vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Antioksidan membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas di dalam tubuh. Vitamin C juga sangat terkonsentrasi di dalam sel-sel kekebalan, yang menunjukkan bahwa vitamin tersebut merupakan agen penguat kekebalan.

Tubuh anak yang sedang bertumbuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Jadi, sebagai orangtua, ibu perlu memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkannya setiap hari.

Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Anak?

Anak yang berusia 1-3 tahun memerlukan 15 miligram vitamin C setiap hari. Sementara anak berusia 4-8 tahun perlu mendapatkan 25 miligram vitamin C setiap harinya.

Vitamin C bisa ditemukan di banyak makanan, sehingga defisiensi vitamin C sangat jarang terjadi. Namun, anak-anak yang sangat pemilih saat makan atau kurang makan buah dan sayuran mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin C. Selain itu, anak-anak yang terpapar asap rokok juga membutuhkan vitamin C yang lebih banyak untuk memperbaiki kerusakan sel akibat rokok.

Baca juga: Ini 6 Cara Bujuk Anak untuk Makan Buah

Agar Si Kecil bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap hari, pastikan ibu memberinya makan berbagai macam buah dan sayuran berwarna setiap hari. Sayuran yang merupakan sumber vitamin C, antara lain paprika, bayam, dan brokoli. Sedangkan buah-buahan yang kaya vitamin C, antara lain buah kiwi, tomat, jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, melon, dan mangga.

Bila Si Kecil pilih-pilih makanan atau sulit diberi makan buah dan sayuran, vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen oral. Ibu bisa beli suplemen vitamin untuk anak melalui aplikasi Halodoc. Ada banyak jenis suplemen vitamin yang tersedia untuk anak. Namun, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter anak untuk mengetahui mana yang tepat untuk mereka.

Bila ibu khawatir Si Kecil tidak mendapatkan cukup vitamin C, tanyakan juga pada dokter anak bagaimana cara meningkatkan asupan Si Kecil.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Beri Suplemen untuk Anak

Itulah penjelasan mengenai pentingnya vitamin C untuk daya tahan tubuh anak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk keluarga.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Benefits of Vitamin C: Why Your Child Needs It.
Baby Centre. Diakses pada 2021. Vitamin C in your child's diet