6 Makanan Sumber Vitamin C yang Baik Selama Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Puasa, Vitamin c, Makanan Sehat

Halodoc, Jakarta - Sebelum memulai puasa seharian, ada baiknya kamu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh kamu. Karena berpuasa, kebutuhan ini enggak bisa kamu dapatkan di siang hari. Untuk itu, kamu haru memenuhinya saat makan sahur dan berbuka.

Baca juga: Alasan Badan Mudah Lemas Saat Puasa

Ini Peran Vitamin C bagi Tubuh

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh berperan sebagai pendukung kekebalan tubuh. Dengan banyak mengonsumsi vitamin C, seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa tidak akan mudah terserang sakit. Selain itu, kesehatan kardiovaskular, mata, dan kulit juga akan terjaga dengan baik. Dengan begitu tidak akan ada masalah kesehatan yang datang saat puasa. Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga mencegah anemia. Ini makanan sumber vitamin C yang baik kamu konsumsi selama berpuasa.

  • Buah Pepaya

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah pepaya kaya akan vitamin C. Selain dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mengonsumsi pepaya saat puasa juga akan membantu melancarkan pencernaan kamu. Jadi jangan ragu untuk rutin mengonsumsi pepaya selama menjalankan ibadah puasa.

  • Buah Jeruk

Buah jeruk memang terkenal sebagai buah yang sangat kaya akan vitamin C. Jeruk juga mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan, jadi enggak heran kalau banyak orang yang menyukainya. Setelah berbuka kamu bisa menyantap buah jeruk sebagai upaya menyegarkan tubuh dan mengembalikan energi kamu yang hilang. Namun, pastikan perut kamu tidak kosong, ya! Karena mengonsumsi buah jeruk saat perut kamu kosong bisa menyebabkan radang lambung dan sakit maag.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

  • Buah Jambu Biji

Selain rasanya yang manis, jambu biji termasuk ke dalam buah yang tinggi akan kandungan vitamin C-nya, lho. Kamu bisa menyantap buah ini dengan dikonsumsi secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa mengolah jambu biji menjadi jus yang manis dan menyegarkan untuk disantap saat berbuka puasa.

  • Brokoli

Brokoli termasuk salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C. Jadi kamu bisa memasukkan brokoli ke dalam menu makanan kamu selama bulan puasa. Brokoli bisa kamu olah menjadi berbagai nacam masakan, seperti tumisan, sup, hingga gorengan.

  • Paprika

Selain brokoli, kamu bisa memperbanyak konsumsi paprika selama puasa. Paprika memang tergolong dalam keluarga cabai, tetapi paprika memiliki rasa yang cukup manis dan juga renyah. Dengan begitu, kamu enggak perlu khawatir akan sakit perut. Kamu bisa mencampurkan paprika ke dalam aneka tumisan sesuai selera.

  • Kentang

Belum banyak yang mengetahui bahwa kentang merupakan sumber vitamin C, lho. Karena cukup mengenyangkan, kamu bisa menjadikan kentang sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

Selama menjalani ibadah puasa, asupan vitamin menjadi kebutuhan yang sangat penting agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. Dibanding mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, lebih baik kamu mengonsumsi beberapa menu makanan di atas sebagai menu sahur atau saat berbuka.

Jika kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya, aplikasi Halodoc bisa jadi solusinya. Selain bisa mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!