• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Agustus 2021
Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi KesehatanWarna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

"Warna lidah manusia normalnya berwarna merah muda dengan bintik-bintik putih. Namun pada kondisi tertentu, perubahan warna bisa terjadi dan hal ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Jika terjadi secara mendadak dan parah, perubahan warna pada lidah mungkin saja muncul karena ada gangguan kesehatan serius." 


Halodoc, Jakarta – Warna lidah manusia ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh. Normalnya, lidah berwarna merah muda dan terdapat bintik-bintik yang disebut papila lidah. Namun pada kondisi tertentu, warna lidah bisa berubah menjadi tidak wajar dan mencolok. Hati-hati, kondisi ini bisa menjadi tanda awal dari gangguan kesehatan, mulai dari yang ringan hingga mematikan. 

Jika kamu perhatikan, dokter kerap meminta untuk menjulurkan lidah saat melakukan pemeriksaan kesehatan. Bagian tubuh ini memang bisa menjadi salah satu bagian yang mengalami perubahan saat ada gangguan kesehatan. Lidah adalah bagian tubuh yang berada di dalam rongga mulut dan bisa mengalami perubahan saat tubuh terserang penyakit. 

Baca juga: 5 Fungsi Lidah yang Perlu Diketahui

Perubahan Warna Lidah yang Harus Diwaspadai 

Perubahan pada warna lidah nyatanya harus diwaspadai karena bisa menjadi tanda ada gangguan kesehatan pada tubuh. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika perubahan warna terjadi secara tidak wajar dan mencolok. 

Jika ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya tentang perubahan warna lidah pada ahlinya. Dokter di Halodoc bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan masalah kesehatan yang dialami dan dapatkan rekomendasi terbaik dari dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc di sini

Berikut ini arti perubahan warna lidah dan hal lain yang harus diwaspadai: 

  • Warna Putih

Salah satu warna yang cukup sering terlihat pada lidah adalah putih. Ternyata, hal ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi dan perlu segera minum air putih. Sebagian tubuh manusia terdiri dari air sehingga asupan air minum yang cukup merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan. Untuk menghindari dehidrasi, biasakanlah banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas.

Lidah berwarna putih juga bisa menjadi tanda ada infeksi jamur di sekitar area mulut. Warna putih juga bisa menjadi tanda ada plak yang berkembang di lidah. 

Baca juga: Alasan Pentingnya Membersihkan Lidah Bagi Kesehatan

  • Warna Merah 

Pada beberapa kasus, lidah manusia bisa berubah warna menjadi kemerahan dan terlihat mencolok. Warna merah mungkin bisa terjadi setelah mengonsumsi makanan, minuman atau buah, dan obat tertentu. Namun jika perubahan terjadi secara mendadak, kamu perlu waspada.

Perubahan warna lidah menjadi merah bisa menjadi pertanda dari penyakit menular tertentu. Namun perlu dilakukan pemeriksaan, dan tentunya terdapat gejala lain jika kondisi ini yang terjadi.

Warna merah pada lidah pun bisa jadi tanda telah terjadi peradangan. Selain itu, beberapa kondisi lain juga bisa menjadi penyebab berubahnya warna lidah menjadi kemerahan, seperti kurang vitamin, penyakit kawasaki, dan demam scarlet. Penyakit-penyakit tersebut memiliki gejala perubahan warna lidah menjadi merah.

  • Warna Biru 

Jika lidah tiba-tiba berubah warna menjadi biru seperti lebam, bisa jadi itu adalah tanda bahwa telah terjadi masalah pada ginjal. Pasalnya warna ini sering dianggap sebagai pertanda adanya masalah serius yang membutuhkan penangan medis segera.

Perubahan lidah menjadi kebiruan bisa jadi terjadi karena kurangnya pasokan oksigen sehingga tidak mencukupi untuk tubuh. Selain itu, adanya kelainan darah hingga disfusi jantung pun merupakan kondisi yang dapat menyebabkan lidah berubah biru.

  • Warna Kuning 

Masalah yang terjadi di sekitar bagian perut dan organ hati manusia juga bisa menjadi pemicu perubahan warna pada lidah. Jika bagian ini yang bermasalah, biasanya lidah seseorang akan berubah warna menjadi kuning. Warna lidah kuning harus diwaspadai, karena kondisi ini sering dikaitkan dengan black hairy tongue atau penyakit lidah berambut.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Kanker Lidah

Namun tidak melulu perubahan warna lidah terjadi karena adanya masalah serius. Lidah kuning biasanya juga akan terjadi saat ada penumpukan sel kulit mati yang tidak berbahaya di permukaan lidah.

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. What Your Tongue Can Tell You about Your Health.
Healthline. Diakses pada 2021. What Color Should Your Tongue Be, and What Do Different Colors Indicate?
WebMD. Diakses pada 2021. What Your Tongue Says about Your Health.