• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Arti Warna Lidah yang Perlu Diperhatikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Arti Warna Lidah yang Perlu Diperhatikan

Kenali Arti Warna Lidah yang Perlu Diperhatikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Juni 2021
Kenali Arti Warna Lidah yang Perlu DiperhatikanKenali Arti Warna Lidah yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia itu unik. Ketika ada masalah, ia bisa memberikan sinyal atau tanda. Namun, sering kali sinyal atau tanda tersebut tidak disadari hingga benar-benar muncul gejala berat. Misalnya saja warna lidah, yang sebenarnya bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang.

Sekarang, paham kan mengapa dokter sering meminta pasien menjulurkan lidah ketika melakukan pemeriksaan? Lidah yang sehat memiliki ciri berwarna merah muda, dengan bintik-bintik kecil bernama papila di permukaannya. Namun, lidah bisa mengalami perubahan warna akibat kondisi tertentu. 

Baca juga: 5 Fungsi Lidah yang Penting untuk Diketahui

Perubahan Warna Lidah Isyaratkan Masalah Kesehatan

Salah satu cara untuk mengetahui bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja adalah melihat warna lidah. Sebab, perubahan pada warna lidah dapat menjadi isyarat adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Berikut ini arti perubahan warna lidah yang penting untuk diketahui, yaitu:

  1. Lidah yang Berwarna Putih

Secara umum, lidah yang berwarna putih terjadi akibat kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Namun, pada bayi, perubahan warna lidah menjadi putih biasanya disebabkan oleh sisa-sisa susu yang menempel.

Waspada juga jika lidah menjadi putih atau dipenuhi bintik-bintik putih tebal. Kondisi ini bisa jadi tanda adanya infeksi jamur di mulut. Sementara itu, adanya bercak putih di lidah dan rongga mulut umumnya terjadi akibat leukoplakia atau perkembangan sel berlebih akibat iritasi. Kondisi ini sering dialami perokok dan bisa jadi tanda awal kanker.

Pada beberapa kasus, lidah yang berubah warnanya menjadi putih juga bisa terjadi akibat lichen planus oral. Meski belum diketahui pasti penyebabnya, kondisi ini ditandai dengan munculnya garis-garis putih pada lidah. Pengidap typhoid juga dapat memiliki lidah berwarna putih, yang disebut coated tongue

  1. Lidah Berwarna Abu-Abu

Warna abu-abu pada lidah sering dikaitkan dengan masalah pada organ hati dan usus. Itulah sebabnya jika lidah berubah warnanya menjadi keabuan, bisa jadi ada masalah pencernaan yang dialami. 

Baca juga: Lidah Bengkak, Waspadai Penyakit Ini

  1. Lidah yang Berwarna Merah

Jika warna lidah berubah menjadi merah, kemungkinan itu tanda kamu kekurangan vitamin B9 (asam folat) dan B12. Pada beberapa kasus, lidah yang berubah kemerahan dan bergelombang juga bisa menjadi tanda demam scarlet.

Pada anak-anak di bawah 5 tahun, lidah yang berwarna merah, seperti stroberi bisa jadi tanda penyakit Kawasaki. Selain itu, geographic tongue yang ditandai munculnya bercak merah dan batas putih di sepanjang permukaan lidah juga bisa jadi alasan kondisi ini.

  1. Lidah yang Berwarna Kuning

Jika kamu adalah seorang perokok atau pengguna tembakau kunyah, warna lidah kuning bisa jadi sering kamu alami. Kemudian, secara bertahap, lidah bisa berubah menjadi kecoklatan atau hitam di bagian ujungnya. Pada beberapa kasus, penyebab dari perubahan ini juga bisa terjadi akibat penyakit kuning dan psoriasis.

  1. Lidah yang Berwarna Coklat

Umumnya, perubahan warna lidah menjadi coklat disebabkan oleh apa yang kamu makan atau minum. Misalnya, kebiasaan minum kopi atau merokok. Kamu perlu waspada jika warna coklat pada lidah tak kunjung hilang. Bisa jadi itu indikasi masalah paru-paru akibat kebiasaan merokok. 

Baca juga: Pentingnya Membersihkan Lidah Bagi Kesehatan

  1. Lidah yang Berwarna Biru atau Ungu

Lidah yang berubah jadi berwarna biru atau ungu bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Hal ini biasanya terjadi ketika jantung tidak lagi memompa darah dengan baik atau ketika darah kekurangan oksigen. Selain itu, lidah yang berwarna biru juga bisa terjadi akibat masalah paru-paru atau penyakit ginjal. 

  1. Lidah yang Berwarna Hitam dan Berbulu

Perubahan warna lidah menjadi hitam dan terlihat berbulu sebenarnya jarang terjadi, tetapi perlu diwaspadai. Penyebab dari kondisi ini adalah penumpukan bakteri, sehingga membuat lidah terlihat jadi lebih gelap. 

Selain pada orang yang kurang menjaga kebersihan mulut, lidah yang warnanya berubah menjadi hitam juga bisa terjadi pada pengidap diabetes atau orang yang menjalani prosedur kemoterapi. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai berbagai arti warna lidah dan kemungkinan masalah kesehatan yang mendasarinya. Jika kamu mengalami lidah yang berubah warnanya, yang bukan karena makanan atau minuman, sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit

Perlu diingat juga bahwa meski dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan, tidak semua penyakit bisa terlihat pada lidah. Untuk mengetahui status kesehatan dan penyakit yang diidap, dibutuhkan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Color Should Your Tongue Be, and What Do Different Colors Indicate?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. What Your Tongue Can Tell You About Your Health.