Kenali Arti Warna Lidah yang Perlu Diperhatikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Agustus 2023

"Salah satu cara untuk mengetahui bahwa tubuh bermasalah adalah melihat warna lidah. Sebab, ada berbagai kondisi yang bisa memengaruhi warna lidah kamu."

Kenali Arti Warna Lidah yang Perlu DiperhatikanKenali Arti Warna Lidah yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia itu unik. Ketika ada masalah, ia bisa memberikan sinyal atau tanda. Namun, sering kali sinyal atau tanda tersebut tidak disadari hingga benar-benar muncul gejala berat. Misalnya saja warna lidah, yang sebenarnya bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang.

Sekarang, kamu sudah paham mengapa dokter sering meminta pasien menjulurkan lidah ketika melakukan pemeriksaan? Tanda yang sehat memiliki ciri berwarna merah muda, dengan bintik-bintik kecil bernama papila di permukaannya. Namun, organ ini bisa mengalami perubahan warna akibat kondisi tertentu. 

Gejala Perubahan Warna Lidah sebagai Masalah Kesehatan

Salah satu cara untuk mengetahui bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja adalah melihat warna lidah. Sebab, perubahan pada warna lidah dapat menjadi isyarat adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Berikut ini arti perubahan warna lidah yang penting untuk diketahui, yaitu:

1. Lidah yang berwarna putih

Secara umum, lidah yang berwarna putih terjadi akibat kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Namun, pada bayi, perubahan warna menjadi putih biasanya akibat sisa-sisa susu yang menempel.

Waspada juga jika organ ini menjadi putih atau penuh bintik-bintik putih tebal. Kondisi ini bisa jadi tanda adanya infeksi jamur di mulut.

Sementara itu, adanya bercak putih di lidah dan rongga mulut umumnya terjadi akibat leukoplakia atau perkembangan sel berlebih akibat iritasi. Kondisi ini sering dialami perokok dan bisa jadi tanda awal kanker.

Pada beberapa kasus, perubahan warna menjadi putih juga bisa terjadi akibat lichen planus oral. Meski belum diketahui pasti penyebabnya, kondisi ini ditandai dengan munculnya garis-garis putih.

Pengidap typhoid juga dapat memiliki lidah berwarna putih, yang disebut coated tongue

2. Abu-Abu

Warna abu-abu pada lidah sering dikaitkan dengan masalah pada organ hati dan usus. Itulah sebabnya jika warnanya berubah menjadi keabuan, bisa jadi ada masalah pencernaan

3. Merah

Jika warna lidah berubah menjadi merah, kemungkinan itu tanda kamu kekurangan vitamin B9 (asam folat) dan B12. Pada beberapa kasus, jika warnanya berubah kemerahan dan bergelombang juga bisa menjadi tanda demam scarlet.

Pada anak-anak di bawah 5 tahun, perubahan menjadi merah, seperti stroberi bisa jadi tanda penyakit Kawasaki. Selain itu, geographic tongue yang bertanda bercak merah dan batas putih di sepanjang permukaannya juga bisa jadi alasan kondisi ini.

4. Kuning

Jika kamu adalah seorang perokok atau pengguna tembakau kunyah, warna lidah kuning bisa jadi sering kamu alami. Kemudian, secara bertahap, organ ini bisa berubah menjadi kecoklatan atau hitam di bagian ujungnya.

Pada beberapa kasus, penyebab dari perubahan ini juga bisa terjadi akibat penyakit kuning dan psoriasis.

5. Cokelat

Umumnya, perubahan warna lidah menjadi cokelat ini bergantung dari apa yang kamu makan atau minum. Misalnya, kebiasaan minum kopi atau merokok.

Kamu perlu waspada jika warna coklat tak kunjung hilang. Bisa jadi itu indikasi masalah paru-paru akibat kebiasaan merokok. Kamu juga perlu mengenal 5 Fungsi Lidah yang Perlu Diketahui.

6. Biru atau Ungu

Jika berubah jadi berwarna biru atau ungu, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Hal ini biasanya terjadi ketika jantung tidak lagi memompa darah dengan baik atau ketika darah kekurangan oksigen.

Selain itu, jika berubah berwarna biru, ini juga bisa terjadi akibat masalah paru-paru atau penyakit ginjal. 

7. Hitam dan Berbulu

Perubahan warna lidah menjadi hitam dan terlihat berbulu sebenarnya jarang terjadi, tetapi perlu kamu waspadai. Penyebab dari kondisi ini adalah penumpukan bakteri, sehingga membuatnya terlihat jadi lebih gelap. 

Selain pada orang yang kurang menjaga kebersihan mulut, jika warnanya berubah menjadi hitam juga bisa terjadi pada pengidap diabetes atau orang yang menjalani prosedur kemoterapi.

Selain mengetahui warnanya, kamu juga perlu Mengenal Anatomi Lidah Manusia dan Fungsinya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai berbagai arti warna lidah dan kemungkinan masalah kesehatan yang mendasarinya. 

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau masalah kesehatan serius pada organ ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter melalui Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Color Should Your Tongue Be, and What Do Different Colors Indicate?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. What Your Tongue Can Tell You About Your Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan