Waspada Dampak Makanan Bernitrogen pada Kesehatan Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Beberapa hari ke belakang, keracunan makanan akibat makanan bernitrogen banyak terjadi di Jawa Barat. Sebaiknya orang tua perlu mewaspadai dampak dari makanan dengan kandungan nitrogen cair pada kesehatan anak.”

Waspada Dampak Makanan Bernitrogen pada Kesehatan AnakWaspada Dampak Makanan Bernitrogen pada Kesehatan Anak

Halodoc, Jakarta – Terbilang unik, makanan bernitrogen atau yang dikenal sebagai ciki ngebul sempat menjadi jajanan yang cukup laris. Namun, belakangan makanan ini justru menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada anak-anak, seperti keracunan yang terjadi di kawasan Jawa Barat.

Sebaiknya orang tua perlu selalu mewaspadai terhadap berbagai makanan yang akan dikonsumsi oleh anak-anak agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Tidak ada salahnya ketahui berbagai dampak yang bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan bernitrogen untuk kesehatan anak. 

Dampak Makanan Bernitrogen pada Kesehatan

Belakangan banyak penjual makanan keliling yang menjual makanan sereal warna warni dengan tambahan nitrogen cair. Hal ini tentunya menarik perhatian banyak anak-anak untuk mencobanya, karena makanan ini dapat mengeluarkan uap atau kabut.

Namun, sayangnya hal ini menyebabkan banyak kasus keracunan pada anak akibat makanan tersebut. Meskipun bergejala ringan, ada beberapa keluhan kesehatan yang dirasakan oleh anak-anak akibat keracunan makanan bernitrogen, seperti mual, muntah, pusing, dan sakit perut.

Kejadian ini membuat Dinas Kesehatan Jawa Barat menetapkan kasus keracunan makanan bernitrogen sebagai darurat medis. Pengawasan terhadap penjualan makanan bernitrogen pun ditingkatkan agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk pada anak-anak. 

Bahkan, Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji, sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan terhadap penggunaan nitrogen cair pada makanan. 

Dengan begitu, nitrogen cair tidak dapat digunakan sembarangan dalam produk makanan maupun minuman. Jika tidak digunakan dengan tepat, kandungan nitrogen cair dapat menyebabkan berbagai dampak buruk pada kesehatan. 

Berikut dampak makanan dengan kandungan nitrogen cair pada kesehatan, khususnya anak-anak, yaitu:

1. Menyebabkan kerusakan organ

Meskipun tidak beracun, jika pengonsumsian nitrogen cair tidak dilakukan dalam jumlah yang tepat, kandungan ini berisiko meningkatkan kerusakan organ dalam tubuh karena suhu yang sangat rendah. 

2. Gangguan pernapasan

Tidak sengaja menghirup uap yang dikeluarkan dari makanan atau minuman dengan kandungan nitrogen cair juga bisa memicu gangguan pernapasan. Khususnya pada seseorang yang memiliki riwayat asma.

3. Iritasi kulit

Uap nitrogen cair dapat dengan cepat membekukan jaringan kulit yang memicu gejala iritasi. Selain itu, jika paparan cairan ini cukup lama menyentuh kulit, maka dapat menyebabkan luka bakar dingin hingga radang dingin. 

4. Kerusakan mata

Jika cairan nitrogen terkena bagian mata, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen. Meskipun hanya terpapar dalam waktu yang singkat.

Lakukan Ini Saat Anak Keracunan Makanan

Kebanyakan keracunan makanan dapat membaik dengan sendirinya. Ibu bisa melakukan perawatan di rumah dengan memberikan cairan yang cukup untuk anak. Mulai dari air putih, susu, hingga jus buah tanpa gula. 

Ibu juga bisa memberikan berbagai makanan sehat yang bernutrisi agar kondisi kesehatan anak dapat pulih dan membaik. Namun, jika anak mengalami perburukan gejala, seperti mual, muntah yang tidak membaik, dan demam sebaiknya segera tanyakan langsung pada dokter spesialis anak menggunakan Halodoc.

Ibu bisa bertanya seputar keluhan kesehatan yang dialami anak untuk mendapatkan pertolongan pertama di rumah. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Pastikan untuk selalu memberikan anak makanan sehat setiap harinya. Jangan lupa untuk perhatikan berbagai camilan atau makanan yang dibeli anak agar anak tidak mengalami keracunan makanan.

Referensi:
Sehat Negeriku. Diakses pada 2023. Hati-Hati Nitrogen Cair Pada Ciki Ngebul, Ini Bahayanya.
Liputan 6. Diakses pada 2023. Heboh Kasus Keracunan Ciki Ngebul, Dinkes Jabar Siapkan Surat Edaran Kewaspadaan Makanan Bernitrogen.
OIWA. Diakses pada 2023. Liquid Nitrogen Handling.
Pharmacy Times. Diakses pada 2023. Serious Health Risks Linked to Foods Containing Liquid Nitrogen Added Immediately Before Consumption.
Web MD. Diakses pada 2023. Food Poisoning in Children: What to Know.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan