• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab Kuku Rusak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab Kuku Rusak

Waspada, Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab Kuku Rusak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Oktober 2022

“Kuku rusak bisa terjadi akibat kebiasaan atau perawatan yang tanpa disadari membahayakan kesehatan kuku. Misalnya, menggunakan produk kuku berbahan keras, membiarkan tangan selalu basah, membiarkan kuku panjang, atau menggigiti kuku.”

Waspada, Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab Kuku RusakWaspada, Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab Kuku Rusak

Halodoc, Jakarta – Kuku yang sehat tampak mulus, tanpa bintik, dan tidak berubah warna. Sebaliknya, kuku rusak ditandai dengan mudah rapuh, warna yang berubah, dan adanya retakan. Sama seperti kulit, kuku juga bisa kehilangan kelembapan yang menyebabkannya rapuh, lemah, dan kering. 

Sayangnya banyak hal sepele atau kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kuku rusak dan mengganggu kecantikan kuku.  Lantas, apa saja penyebab kuku rusak yang perlu diketahui?

Penyebab Kuku Rusak yang Jarang Disadari

Berikut ini penyebab kuku rusak yang jarang disadari:

1. Menggunakan produk kuku berbahan keras

Cat kuku dan penghapus cat kuku bisa mengandung bahan kimia yang kuat. Jika kamu sering menggunakannya, maka kuku bisa melemah dan mengering. Hal tersebut juga membuat kuku lebih rentan untuk retak. Perekat dan pewarna pada kuku akrilik juga bisa menyebabkan reaksi yang sama. 

Jika kamu menggunakan produk kuku yang menyebabkan kuku pecah-pecah atau menguning, maka sebaiknya segera hentikan penggunaannya. Ingatlah, hindari produk kuku yang mengandung toluena dan formaldehida, dua bahan kimia yang sangat keras. 

2. Tangan selalu basah

Jika kamu memiliki sebagian besar aktivitas yang melibatkan tangan dan air, seperti mencuci piring, maka kuku bisa mulai rusak dan pecah. 

3. Membiarkan kuku hingga panjang

Kuku yang panjang lebih cenderung mudah tersangkut dan patah. Selain itu, kuku yang panjang dan tidak terawat berisiko tinggi terinfeksi bakteri atau jamur, karena kotoran dapat menumpuk di bawahnya. 

4. Memiliki kebiasaan menggigit kuku

Entah kamu melakukannya karena gugup atau bosan, menggigit kuku tidak hanya membuat kuku mudah patah. Tapi juga membuat kuku dan tubuh rentan terkena infeksi. 

Perlu dipahami, air liur merupakan enzim pencernaan dan dimasukkan untuk memecah makanan. Jika air liur mengenai kuku dan kulit kutikula, maka akan membuatnya lemah dan rapuh. Penghalang alami kuku pun jadi kurang optimal, sehingga jamur, ragi, dan bakteri dapat menyerang melalui area sekitar kuku dan menyebabkan infeksi. 

5. Sering menggunakan hairspray atau parfum

Jika kamu memperhatikan kuku terlihat rusak setelah menyemprotkan rambut dengan hairspray, maka tidak perlu bingung. Sebab produk hairspray dan parfum dapat merusak kuku. Alkohol dalam hairspray dan parfum juga dapat mengeringkan kuku, sehingga membuatnya jadi lebih rapuh.

Pengobatan Kuku Rusak

Kuku yang rusak perlu diobati berdasarkan penyebabnya. Jika karena kebiasaan buruk, maka sebaiknya mulailah hentikan kebiasaan tersebut. Kemudian rawat kuku dengan losion yang mengandung lanolin atau asam alfa-hidroksi untuk menenangkan area kuku. 

Kamu juga bisa menggunakan lapisan cat kuku berwarna bening untuk melindungi kuku yang retak. Untuk mencegah lebih banyak retakan, kenakan sarung tangan karet berlapis kapas saat tangan berada dalam air. Kamu juga perlu mengikir setiap tepi kuku yang tidak rata, sehingga mencegah lebih banyak retakan. 

Dalam kasus lain yang disebabkan infeksi jamur, ragi, atau bakteri, maka diperlukan perawatan antijamur atau antibiotik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Itulah yang perlu diketahui tentang penyebab kuku rusak yang jarang disadari. Jika kamu memiliki kuku rusak, sebaiknya segera tanya dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan atau resep obat yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Cracked Nails
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about split nails
Prevention. Diakses pada 2022. 10 Reasons Your Nails Are Dry and Brittle, According to Dermatologists