Waspadai Penyakit Kronis Karena Radikal Bebas

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Maret 2022

“Radikal bebas dapat memicu stres oksidatif dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami stres oksidatif, maka risiko berkembangnya penyakit kronis semakin meningkat. Sumber radikal bebas dapat diperoleh dari dalam tubuh maupun dari luar. Ketahui selengkapnya agar kamu lebih waspada.”

Waspadai Penyakit Kronis Karena Radikal BebasWaspadai Penyakit Kronis Karena Radikal Bebas

Halodoc, Jakarta – Radikal bebas adalah molekul reaktif dan tidak stabil yang diproduksi tubuh secara alami dari proses metabolisme dan hasil respon imun tubuh. Bahan dasar dari radikal bebas bisa berasal dari 2 sumber yaitu endogen (dari dalam tubuh) dan eksogen (dari luar tubuh). Terpapar radikal bebas bisa menimbulkan beberapa penyakit kronis.

Sumber radikal bebas dari dalam tubuh bisa dikarenakan autooksidasi, oksidasi enzimatik dan respiratory burst, sedangkan sumber eksogen berasal dari makanan dan air yang terkontaminasi racun, minuman keras, polusi udara, radiasi UV, sinar-X, pestisida dan asap rokok.

Paparan radikal bebas yang terjadi pada seseorang secara berlebihan dan terus-menerus, dapat menyebabkan kerusakan sel serta mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya lalu pada akhirnya menyebabkan kematian sel. Berkurangnya kemampuan adaptasi sel inilah yang nantinya menimbulkan gangguan atau penyakit kronis.

Penyakit Kronis yang Disebabkan Radikal Bebas

Banyaknya radikal bebas bisa membuat tubuh kewalahan untuk mengelolanya sehingga timbul kondisi yang disebut dengan stres oksidatif (oxidative stress). Pada akhirnya, stres oksidatif membuat tubuh berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan berikut ini:

1. Diabetes

Stres oksidatif akibat radikal bebas dapat meningkatkan risiko diabetes. Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang memengaruhi tubuh dalam memproses glukosa. Glukosa sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber energi untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan.

Pada diabetes tipe 1, sel-sel dalam pankreas mengalami kerusakan yang membuat produksi insulin menurun. Akibatnya, sel-sel tubuh tidak mampu mendapatkan glukosa dari darah dan kadar gula darah meningkat. Sementara pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap insulin sehingga tidak bisa menggunakannya secara optimal. Akibatnya, kadar gula darah juga meningkat.

2. Aterosklerosis

Arteri adalah pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Kandungan kolesterol yang tinggi lama kelamaan dapat menumpuk dan menempel pada dinding arteri. Pada akhirnya, plak kolesterol ini mengeras dan menyebabkan penyempitan arteri. Nah, kondisi ini lah yang disebut aterosklerosis. Dalam hal ini, lemak lah yang menjadi sumber radikal bebas.

3. Inflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah proses dimana sel darah putih bekerja melindungi tubuh dari infeksi seperti bakteri dan virus. Nah, kandungan radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh juga dapat merespon proses ini.

4. Hipertensi

Tekanan darah adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Nah, ketika aliran ini menjadi terlalu kencang, artinya individu tersebut mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, seseorang dikatakan mengalami hipertensi apabila tekanan darahnya lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena jarang menimbulkan gejala yang signifikan.

5. Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah. Salah satu pemicu utama penyakit kardiovaskular adalah penumpukan timbunan lemak di dalam arteri (aterosklerosis) dan peningkatan risiko pembekuan darah. Kondisi ini juga dapat dikaitkan dengan kerusakan arteri di organ seperti otak, jantung, ginjal, dan mata.

6. Penyakit neurodegeneratif

Kondisi yang satu ini mampu mempengaruhi berbagai aktivitas tubuh, seperti keseimbangan, gerakan, berbicara, bernapas, dan fungsi jantung. Banyak dari penyakit ini bersifat genetik. Terkadang penyebabnya adalah kondisi medis seperti alkoholisme, tumor, atau stroke. Penyebab lain mungkin termasuk racun, bahan kimia, dan virus. Contoh penyakit neurodegeneratif adalah penyakit alzheimer dan penyakit Parkinson.

7. Penyakit kanker

Kanker terjadi ketika sel-sel abnormal di dalam tubuh tumbuh tak terkendali dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Penyakit ini dimulai hampir di mana saja di tubuh manusia. Kanker disebabkan oleh perubahan (mutasi) pada DNA di dalam sel. Nah, mutasi DNA ini lah yang bisa disebabkan oleh radikal bebas.

 Tips Menangkal Radikal Bebas

Molekul ini hanya memiliki umur sepersekian detik. Walaupun hanya hidup sementara, radikal bebas mampu merusak DNA hingga menyebabkan mutasi yang memicu berbagai penyakit kronis. Nah, antioksidan yang diperoleh dari makanan mampu menetralkan radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan. Itu sebabnya, kamu perlu memastikan tubuh mendapatkan cukup antioksidan untuk melawan radikal bebas. Berikut tips menangkal radikal bebas agar kamu dapat hidup sehat:

  • Konsumsi makanan kaya antioksidan yang biasanya banyak terkandung dalam buah, sayuran dan ikan berlemak.
  • Berolahraga secara teratur telah dikaitkan dengan tingkat antioksidan yang lebih tinggi dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.
  • Berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok.
  • Hindari paparan bahan kimia dan radiasi.
  • Gunakan tabir surya untuk mencegah kerusakan sinar ultraviolet pada kulit.
  • Kurangi asupan alkohol.
  • Dapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat menjaga keseimbangan di semua sistem tubuh, seperti fungsi otak, produksi hormon hingga keseimbangan radikal bebas.
  • Hindari makan berlebihan yang bisa menempatkan tubuh dalam keadaan stres oksidatif.

Pastikan kamu menerapkan tips di atas agar kesehatan tetap terjaga. Apabila mengalami keluhan kesehatan, tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Segera hubungi dokter sebelum gejalanya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How do free radicals affect the body?
Live Science. Diakses pada 2022. What Are Free Radicals?
Very Well Health. Diakses pada 2022. Free Radicals: Definition, Causes, Antioxidants, and Cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan