• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi Pagi Hari

Yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, mengonsumsi segelas kopi di pagi hari tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga dianggap bisa meningkatkan mood alias suasana hati. Tidak hanya itu, mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas juga diyakini bisa meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan kreativitas. Namun ternyata, tidak ditemukan dampak signifikan dari konsumsi kopi terhadap kreativitas seseorang. 

Sebuah penelitian dari University of Arkansas menyebut bahwa kafein pada kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, tetapi tidak berdampak langsung pada kreativitas seseorang. Selain itu, penelitian lain juga menyebut bahwa kopi tidak memiliki dampak pada kinerja otak, terutama pada memori. Namun, segelas kopi di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi kopi pada pagi hari. 

Baca juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Manfaat Konsumsi Kopi 

Meski demikian, bukan berarti pencinta kopi tidak mendapat manfaat dari minuman ini. Nyatanya, rutin mengonsumsi segelas kopi di pagi hari bisa memberi sejumlah manfaat untuk tubuh, di antaranya: 

  • Anti Stres dan Depresi 

Rutin mengonsumsi segelas kopi hitam di pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. Stres tidak hanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, tetapi bisa berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya. 

  • Menurunkan Risiko Alzheimer 

Kandungan kafein dalam kopi juga disebut bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. Maka dari itu, rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson. 

Baca juga: Kopi Bisa Memperpanjang Usia, Benarkah?

  • Menurunkan Berat Badan 

Siapa sangka, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, dengan catatan kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau creamer. Kafein yang terkandung di kopi hitam disebut bisa memacu metabolisme tubuh, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, artinya penurunan berat badan bisa dicapai. Namun tentu saja, manfaat ini hanya bisa didapat jika konsumsi kopi hitam secukupnya dibarengi dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga. 

  • Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2

Mengonsumsi kopi hitam setiap hari juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini bisa dicegah. Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena ada kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

Beragam manfaat kopi tersebut bisa didapat jika dikonsumsi sewajarnya. Sebaliknya, berlebihan dalam mengonsumsi kopi malah bisa memberi dampak yang kurang baik, bahkan memicu efek samping bagi kesehatan tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa mengakibatkan gangguan tidur di malam hari, gelisah, jantung berdebar, hingga gangguan pencernaan. 

Baca juga: Minum Kopi Bisa Masuk UGD, Ini Takaran Tepatnya

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Will a Jolt of Java Get Your Creative Juices Flowing?
American Psychological Associaton. Diakses pada 2020. Too Much Coffee?
Diabetes United Kingdom. Diakses pada 2020. Coffee and Diabetes.
Healthline. Diakses pada 2020. How Does Coffee Affect Weight?
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science.