28 December 2017

Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil dengan Cara Ini

Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Akibat perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan, ibu akan mengalami pembengkakan pada sejumlah bagian tubuh, salah satunya adalah kaki. Walaupun kondisi ini normal, tapi kaki yang bengkak akan membuat ibu hamil jadi tidak nyaman dan kesulitan beraktivitas. Namun, jangan khawatir, ibu hamil dapat mengatasi kaki yang bengkak dengan cara ini.

Penyebab Pembengkakan pada Tubuh Ibu Hamil

Biasanya pada trimester kedua sampai ketiga kehamilan, bagian tubuh ibu seperti wajah, jari, tangan, dan kaki akan mengalami pembengkakan. Kondisi ini disebut juga dengan edema. Sebelum mencari tahu cara untuk mengatasinya, ibu hamil juga sebaiknya mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan edema terjadi. Penyebab kondisi edema dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu karena faktor kehamilan dan karena faktor di luar kehamilan.

Penyebab Edema karena Kehamilan

Edema bisa terjadi karena adanya hormon-hormon yang dilepaskan dalam tubuh ibu selama hamil yang menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam.

Selain itu, pertumbuhan janin yang semakin membesar juga dapat menekan dan menghambat peredaran darah sehingga menyebabkan pembengkakan.

Kerusakan atau peningkatan tekanan pada pembuluh darah kapiler di dalam tubuh ibu hamil akan mengakibatkan cairan merembes dari kapiler ke jaringan organ di sekitarnya, sehingga terjadi lah pembengkakan di beberapa bagian tubuh ibu. Kemudian ginjal akan secara otomatis mengumpulkan cairan dan sodium yang hilang dari kapiler. Hal itu akan membuat bengkak pada tubuh ibu semakin besar.

Penyebab Edema karena Faktor di Luar Kehamilan

Tidak hanya disebabkan karena kehamilan, beberapa hal di luar kehamilan berikut juga dapat menyebabkan bagian tubuh ibu membengkak:

  • Ibu hamil yang terlalu lama berdiri atau duduk dapat menyebabkan kaki membengkak.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein dan makanan yang sangat asin juga dapat menyebabkan kondisi edema.
  • Cuaca yang panas.
  • Ibu kurang mengonsumsi asupan potassium. Potasium merupakan mineral yang sangat bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah dan mencegahnya mengalami penebalan.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Bagian tubuh yang paling umum terjadi pembengkakan dan sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah kaki atau bagian lutut ke bawah. Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi kaki bengkak:

  • Hindari duduk dan berdiri terlalu lama. Ibu hamil disarankan untuk beristirahat sejenak jika sudah terlalu lama berdiri. Namun, usahakan juga untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar jika ibu sudah terlalu lama duduk.
  • Ibu sebaiknya duduk dengan kedua kaki menapak di lantai. Jika tempat duduk ibu terlalu tinggi, ibu bisa menaruh bangku pendek sebagai ganjalan agar kaki dapat memijak. Selanjutnya, ketika tidur, ganjal lah kaki dengan bantal sehingga sedikit terangkat. Kedua hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah.
  • Ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau berenang agar tidak mengalami edema.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang sangat asin atau mengandung kadar sodium yang tinggi. Kurangi juga minum minuman berkafein.
  • Mulai lah mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan potasium, seperti yoghurt, ikan, pisang, susu, dan lain-lain.
  • Hindari berpanas-panasan di bawah sinar matahari terlalu lama maupun mandi dengan air panas.

Jika bagian tubuh ibu yang membengkak tidak kunjung mereda, malah semakin memburuk dan disertai dengan gejala-gejala seperti susah bernapas, sakit kepala hebat, nyeri pada bagian atas perut, dan penglihatan menjadi buram, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi ibu mengalami preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang disebabkan karena tekanan darah tinggi, atau kondisi serius lainnya.

Penting bagi ibu hamil untuk rutin memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan. Kini ibu juga dapat meminta saran kesehatan untuk kondisi kehamilan ibu dengan menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat membicarakan masalah kesehatan yang dialami kepada dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan Ibu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.