16 May 2018

Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di jantung akibat penumpukan plak. Penyakit ini merupakan penyakit jantung turunan yang bisa diturunkan dari seorang ayah kepada anaknya. Kamu bisa mengenali gejala penyakit jantung koroner dari beberapa tanda berikut ini.

Jika kamu menemukan gejalanya, sebaiknya segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa bertanya dan berdiskusi tentang keluhan yang kamu rasakan bersama para dokter ahli melalui layanan video/voice call atau chat.

  1. Kelelahan

Sering merasa capek atau lelah tanpa sebab adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan jantungmu. Penyakit jantung dapat menyebabkan kelelahan, karena jantung menjadi bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah melewati pembuluh darah yang tersumbat.

  1. Pusing

Pusing juga bisa menjadi gejala penyakit jantung koroner, penyebabnya adalah jantung tidak dapat memompa cukup darah ke otak.

  1. Sesak Napas

Jantung yang tidak berfungsi normal berdampak pada kelancaran pernapasan, sehingga membuat kamu rentan mengalami sesak napas. Sesak napas ini sering terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

  1. Nyeri Dada (Angina)

Angina adalah nyeri dada yang terjadi ketika area otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Angina terasa seperti tekanan pada dada, yang biasanya terasa saat kamu terlalu banyak beraktivitas. Rasa nyeri juga bisa menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung.

  1. Keringat Dingin dan Mual

Ketika pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan oksigen. Kondisi ini memicu keluarnya keringat berlebih, yang muncul sebagai sensasi keringat dingin. Kekurangan oksigen ini juga dapat memicu reaksi mual dan muntah. 
Kenali tanda-tanda dan gejala penyakit jantung di atas agar kamu bisa mengatasinya sejak dini. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang penyakit jantung turunan, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Di aplikasi ini kamu bisa berkomunikasi dengan para dokter ahli. Selain itu, kamu juga bisa beli obat atau pun vitamin yang bisa sampai hanya dalam 1 jam. Cek lab pun bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah, lho.