• Home
  • /
  • Banjir Mereda, Ini Cara Membersihkan Rumah yang Tepat

Banjir Mereda, Ini Cara Membersihkan Rumah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Banjir Mereda, Ini Cara Membersihkan Rumah yang Tepat

Halodoc, Jakarta - Pasca Jabodetabek diguyur hujan selama lebih dari 12 jam, sulit untuk membendung aliran air yang ada. Karenanya, banjir pun tidak terelakan. Hal tersebut terjadi tepat di awal tahun baru yang juga merendam banyak daerah-daerah rendah di Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan daerah lainnya.

Banyak orang yang sudah pasrah melihat air masuk ke rumah yang makin lama makin tinggi. Hal yang harus kamu lakukan adalah menunggu banjir untuk surut dan menyelamatkan semua barang yang penting. Kamu benar-benar harus mendahulukan nyawa karena terlalu lama berada di dalam genangan juga dapat menyebabkan hipotermia.

Setelah banjir surut, barulah kamu dapat mengambil tindakan pembersihan untuk tempat tinggalmu. Hal ini mungkin akan menjadi suatu momen yang melelahkan, tetapi tetap harus kamu lakukan bukan? Kamu harus benar-benar membersihkan rumah setelah banjir agar kotoran yang menempel mudah dibersihkan. Berikut bahasannya!

Baca juga: Banjir 2020, Waspada 5 Penyakit Kulit yang Mengintai

Cara Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Banjir yang terjadi belum lama ini memang terbilang sangat parah dan mungkin disebabkan intensitas hujan yang benar-benar tinggi. Setelah banjir tersebut surut, kamu mau tidak mau harus membersihkan rumah yang telah terendam air bah tersebut. Dengan begitu, kamu dapat kembali tinggal di tempat itu.

Saat melihat lumpur dan kotoran yang tersisa, kamu pasti jengkel dan terlebih lagi dapat merusak barang-barang yang ada. Dampak buruk lainnya yang dapat terjadi adalah gangguan kesehatan. Maka dari itu, kamu harus benar-benar membersihkannya secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa cara membersihkan rumah setelah banjir:

  1. Utamakan Keselamatan

Saat membersihkan rumah setelah banjir, cobalah untuk tetap mendahulukan keselamatan. Kamu harus tetap melindungi diri dari bahaya yang mungkin terjadi. Air yang berasal dari banjir mungkin terkontaminasi kotoran dan hal lainnya. Selain itu, bangunan juga kemungkinan tidak dapat ditinggali selama proses pembersihan.

Saat akan membersihkan, kamu harus menggunakan sarung tangan, sepatu boots, dan masker. Setelah itu, kamu juga harus memeriksa sumber gas dan listrik untuk keamanan. Cobalah untuk memeriksa struktur rumah secara keseluruhan jika terjadi retak atau rusak. Karena jika dibiarkan mungkin saja suatu yang berbahaya dapat terjadi.

Baca juga: 8 Penyakit yang Umum Muncul Setelah Bencana Banjir

  1. Bersihkan Lumpur

Membersihkan rumah dari lumpur setelah banjir juga penting untuk dilakukan. Kamu harus segera menghilangkan lumpur yang ada, sebab jika dibiarkan mengering akan sulit untuk dibersihkan. Agar efektif dan efisien, kamu dapat membilas bagian lumpur dengan air yang dicampur karbol serta desinfektan. Sehingga, bau dan kuman yang ada dapat ditanggulangi.

Jika kamu melihat gejala yang buruk pasca banjir, ada baiknya menghubungi dokter dari Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Kamu juga dapat membeli obat dan langsung diantar ke rumah, sehingga mempermudah dirimu.

  1. Cara Membersihkan Peralatan Dapur

Semua peralatan dapur, seperti piring, gelas, alat masak, dan lainnya diharuskan untuk benar-benar bersih jika ingin digunakan kembali. Maka dari itu, saat membersihkannya kamu membutuhkan desinfektan. Cobalah untuk merendam alat-alat non-logam dengan larutan desinfektan agar bersih dari bakteri.

Kamu dapat membersihkan peralatan logam dengan cara merebusnya di dalam air selama 10 menit. Kamu tidak dapat menggunakan desinfektan untuk logam karena dapat bereaksi. Lemari-lemari juga harus dibersihkan menggunakan desinfektan sebelum meletakkan piring-piring.

  1. Bersihkan Dinding

Sebagai bagian dari membersihkan rumah setelah banjir, dinding juga harus diperhatikan. Saat melakukannya, kamu harus cepat, menyeluruh, dan tetap menjaga keamanan. Kamu harus memastikan dinding kering dari dalam hingga luar setelah terkena air banjir. Saat pembersihan, kamu dapat menggunakan desinfektan dan pelapis dinding yang tepat.

Baca juga: Waspada Banjir, Ini Bahaya Genangan Air bagi Kesehatan

  1. Cuci Pakaian dengan Benar

Pakaian adalah suatu benda yang akan kamu kenakan lagi, maka harus dibersihkan secara benar. Kamu harus menggunakan air yang banyak untuk menyingkirkan lumpur kemudian mencuci sesuai label baju. Pastikan memakai pemutih pada handuk, seprai dan pakaian putih. Kamu harus mengeringkannya di bawah sinar matahari sehingga membunuh spora jamur dan bakteri lainnya.

Referensi:
How Wife How To’s. Diakses pada 2020. How to Clean after a Flood
University of Minnesota Extension. Diakses pada 2020. Cleaning up after a flood