Basmi Kutu Rambut dengan Pestisida, Ini Bahayanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Basmi Kutu Rambut dengan Pestisida, Ini Bahayanya

Halodoc, Jakarta – Berkeliaran mengisap darah dari kulit kepala dan bergelayutan di helai-helai rambut, keberadaan kutu rambut memang sangat mengganggu. Jika tidak segera dibasmi, keberadaan kutu rambut dapat menimbulkan rasa gatal luar biasa, infeksi kulit, hingga menulari orang-orang di sekitar. 

Karena termasuk salah satu jenis serangga, banyak orang yang menggunakan pestisida untuk membasmi kutu rambut. Padahal, cara ini termasuk berbahaya, lho. Sebab, zat-zat yang terkandung dalam pestisida bisa memicu terjadi keracunan. Contoh kasus keracunan pestisida yang digunakan untuk membasmi kutu rambut terjadi di Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kutu Rambut Menular

Seorang ibu (Rustiyani) dan tiga orang anaknya harus dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan pestisida. Dua orang anaknya dikabarkan meninggal dunia, sedangkan ibu dan satu anak lainnya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Diketahui, tragedi terjadi pada jumat malam (25/8/2017), ketika Rustiyani dan ketiga anaknya hendak menghilangkan kutu rambut.

Untuk membasmi kutu rambut, Rustiyani dibantu oleh tetangganya untuk mengoleskan pestisida sisa untuk hama tanaman. Tak lama setelah itu, Rustiyani dan anak-anaknya merasa mual dan pusing yang berangsur buruk, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Tragedi yang dialami Rustiyani itu merupakan contoh nyata betapa bahayanya penggunaan pestisida sebagai obat pembasmi kutu rambut. 

Oleh karena itu, jangan pernah coba-coba untuk menggunakan bahan pembasmi hama tanaman itu untuk mengatasi kutu rambut, ya. Jika kamu juga mengalami masalah kutu rambut, sebaiknya gunakanlah cara alami saja, atau download aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi pada dokter lewat chat seputar masalah kutu rambut yang kamu alami. 

Baca juga: Penyebab Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Berbagai Cara yang Dapat Dilakukan untuk Basmi Kutu Rambut

Sebelum terjadi infeksi dan menulari orang lain, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan membasmi kutu rambut, yaitu:

1. Sisir dan Rawat Rambut secara Teratur

Kutu rambut akan berkurang jumlahnya jika kamu merawat rambut secara teratur, dengan cara menjaga kebersihannya. Cucilah rambut setidaknya 2 hari sekali dan sisirlah dengan menggunakan sisir yang bergigi rapat serta halus. Gunakan sisir tersebut dengan cara menariknya dari akar ke ujung rambut dalam satu gerakan tanpa henti. 

Pastikan sisir menyentuh kulit kepala, dan bersihkan sisir yang telah digunakan dengan tisu, karena biasanya kutu dan telur-telurnya akan tersangkut pada sisir. Terapkan gerakan menyisir tersebut ke seluruh bagian rambut, setidaknya 2 kali di tiap bagian rambut, dan lakukan secara rutin setidaknya 2 hari sekali.

2. Gunakan Minyak Esensial

Beberapa jenis minyak esensial dapat membantu basmi kutu rambut di kulit kepala, seperti minyak eucalyptus, kenanga, cengkeh, lavender, adas manis, dan tea tree. Cara menggunakan minyak esensial sebagai bahan alami untuk basmi kutu rambut adalah:

  • Bersihkan rambut hingga bersih, keringkan.
  • Oleskan minyak esensial pada sisir.
  • Sisirlah rambut dari kulit kepala hingga bagian ujung dengan satu tarikan tanpa henti.
  • Seka sisir dengan tisu, dan ulangi pada bagian rambut lainnya.

Baca juga: Anak Alami Kutu Rambut, Ini Cara Mengatasinya

3. Gunakan Obat Pembasmi Kutu

Jika ingin menggunakan obat, pakailah obat yang memang dikhususkan untuk membasmi kutu rambut. Berbeda dengan pestisida, obat pembasmi kutu biasanya sudah diformulasikan sedemikian rupa, sehingga aman digunakan pada kulit kepala dan tidak akan menyebabkan keracunan.

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk membasmi kutu rambut biasanya adalah yang mengandung permethrin, pyrethrin, dan ivermectin. Kamu sebenarnya bisa dengan mudah mendapatkannya di apotik, dengan menyebutkan “obat kutu” pada apoteker. Ingin lebih mudah lagi? Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk beli obat kutu, lho. Tinggal beberapa klik saja, obat kutu yang kamu butuhkan akan sampai dalam waktu 1 jam.

Obat pembasmi kutu rambut biasanya tersedia dalam bentuk sampo atau krim. Pastikan untuk menggunakannya dengan benar dan baca informasi yang tertera pada kemasan dengan baik, atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Jika kutu rambut dirasa sudah sangat mengganggu dan cara-cara tadi tidak bekerja, segera temui dokter di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Head Lice.
Healthline. Diakses pada 2019. How to Kill Head Lice.